Masalah Kesehatan Saat Puasa
Masalah Kesehatan Saat Puasa

Pahami Pantangan Kesehatan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

By - On 29 May 2018 - Categories : Kesehatan

Ibadah puasa sebenarnya bukan waktu untuk bersantai – santai. Ibadah puasa juga bukan alasan untuk tidak melakukan aktivitas harian seperti biasanya. Akan tetapi ibadah puasa merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperbaiki diri, memperbaiki hati, memperbaiki kualitas ibadah sekaligus juga untuk memperbaiki pola makan yang kita lakukan.

Sebenarnya didalam menjalankan ibadah puasa ada beberapa pantangan kesehatan yang harus dihindari hanya saja tidak banyak orang yang mengetahui akan hal tersebut. Lantas, apa saja pantangan kesehatan ketika menjalankan ibadah puasa yang harus Anda hindari? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Pantangan Kesehatan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

Ada beberapa pantangan ketika menjalankan ibadah puasa yang harus Anda hindari supaya kondisi tubuh tetap prima dan tidak menuai masalah. Beberapa pantangan tersebut diantaranya :

Hindari es dan soda selama puasa

Ketika Anda berbuka puasa, ada baiknya Anda tidak konsumsi minuman dingin, es atau bahan – bahan yang mengandung soda karena jenis ini dapat menghambat kelancaran proses pencernaan didalam tubuh Anda. Dibandingkan Anda harus menyentuh es, ada baiknya Anda mengonsumsi minuman manis ketika berbuka puasa.

Hindari makan dengan porsi besar ketika berbuka puasa

Anda salah satu orang yang suka berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan besar? Siap – siap kesehatan tubuh Anda akan down dalam hari selanjutnya puasa. Satu hal yang perlu Anda tahu bahwa siapa saja akan kaget kalau diberi beban kerja berlebihan demikian halnya dengan organ pencernaan. Karenanya ada baiknya Anda konsumsi makanan bertahap. Konsumsi kurma 3 butir di waktu berbuka kemudian Anda sholat dan lanjutkan makan nasi secukupnya. Dengan begitu pencernaan Anda tidak akan mengalami overloaded.

Hindari berdiam diri ketika berpuasa

Hanya karena asupan energi yang didapat tubuh ketika puasa menurun lantas Anda berdiam diri tidak melakukan apapun? Tidur sepanjang hari Anda lakukan dan menonton televisi sampai buka puasa tiba. Ini bukan hal yang baik karena bukan hemat energi malah membuat Anda mudah merasa lapar dan tubuh Anda juga akan merasa loyo. Karena itu upayakan Anda melakukan aktivitas seperti biasanya walau sedang berpuasa.

Itulah sedikit informasi tentang tips sehat berpuasa yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas khususnya mengenai Pantangan Kesehatan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa bermanfaat. Jaga selalu kesehatan Anda.

Artikel Kesehatan - Pahami Pantangan Kesehatan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response