Masakan Kepiting
Masakan Kepiting Saus Tiram

Resep Masakan Kepiting Saus Padang dan Kepiting Asam Manis

By On Thursday, August 3rd, 2017 Categories : Kuliner

Resep Masakan Kepiting Saus Padang dan Kepiting Asam Manis – Kepiting masih menjadi primadona dan pilihan favorit diantara seafood jenis lainnya. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang rela berburu kepiting demi memuaskan hasrat kuliner mereka. Hal ini sebenarnya didasari oleh rasa gurih dan lezat dari daging kepiting itu sendiri. Rasa gurih dan manis dari daging kepiting membuatnya tak terlalu sulit untuk diolah oleh mereka yang amatir sekalipun. Bahkan Anda yang tak memiliki keahlian memasak pun bisa mengolah daging kepiting yang enak.

Walaupun begitu, sebelum mempelajari cara memasak kepiting saus tiram tergantung pada bumbu dan bahan yang digunakan. Selama bahan dan bumbunya pas, bisa dipastikan daging kepiting yang Anda sajikan pun akan terasa lezat. Tetapi harus pula diperhatikan, kepiting yang digunakan atau hendak diolah masih dalam keadaan segar. Pasalnya daging kepiting yang masih segar akan lebih mudah menyerap bumbu yang telah Anda racik sebelumnya, berbeda dengan yang sudah lama disimpan.

Lamanya masa penyimpanan daging pun turut mempengaruhi kuantitas daging di dalam cangkangnya. Biasanya kepiting yang sudah lama disimpan, bagian dalam atau dagingnya akan menyusut pula. Tentunya bagian daging pun akan terlihat mengecil serta bumbu yang tidak mudah meresap hingga bagian terdalam. Berbeda dengan daging kepiting yang segar, tentunya bagian daging akan lebih gurih, berisi dan masih mudah diracik dengan beragam macam resep olahan.

Baca Juga :
Resep dan Cara Memasak Rendang Sapi Padang Yang Enak
Resep Dan Cara Memasak Ayam Kecap Manis

Pada dasarnya, bagian dalam daging kepiting memang tidak sebanyak daging ayam maupun sapi. Meskipun demikian, nyatanya para penggemar seafood tak beralih pada pilihan kuliner lainnya. Sebab rasa gurih yang khas dari kepiting membuatnya gampang diolah dalam cara memasak kepiting yang enak. Lebih-lebih daging kepiting yang diolah bersama saus tiram, lada hitam ataupun saus padang yang terkenal pedas. Bisa-bisa air liur Anda pun dibawa mengalir dengan aroma khas dari kepiting sendiri.

TIPS MEMILIH KEPITING

Dalam memilih kepiting sendiri, sebenarnya ada beberapa tips khusus tersendiri. Tips ini dapat dimanfaatkan oleh Anda yang hobi membeli kepiting di pasar, yakni.

  1. Pastikan kepiting masih hidup

Tak semua pedagang memang jujur menjajakan barang dagangan mereka. Bisa saja mereka mengatakan kepiting yang dijual dalam keadaan segar, namun pada kenyataannya tidak. Agar tak merasa tertipu, cobalah Anda mengecek sendiri kesegaran daging kepiting. Caranya tidaklah sulit, yakni dengan memperhatikan gerakan kepiting dan melepaskannya dari ikatan. Jika kepiting masih lincah bergerak setelah dilepas dari ikatan, berarti kepiting tersebut masih dalam keadaan segar dan layak konsumsi.

  1. Timbang berat kepiting

Kepiting yang segar untuk diolah dengan resep kepiting saus tiram adalah yang memiliki berat lebih. Daging kepiting bisa dirasakan beratnya dengan cara mengangkat kepiting ke atas dan menimbang beratnya. Perhatikan pula bagian mata kepiting, apakah keluar masuk dengan aktif atau tidak. Umumnya kepiting yang masih segar akan memiliki mata yang keluar masuk dengan aktif serta berat lebih optimal. Berbeda dengan kepiting yang sudah lama disimpan, berat daging akan menciut dan mengecil.

  1. Pilih kepiting yang sudah tua

Anda sering kesulitan mengeluarkan daging kepiting dari cangkangnya? Kerap kesal saat harus menikmati kepiting dengan ukuran daging yang menciut dan sedikit? Bila iya, cobalah untuk lebih teliti memilih kepiting yang hendak dibeli. Ada baiknya kepiting yang dipilih sudah berusia tua dengan kadar daging yang lebih banyak. Daging kepiting tua pun lebih mudah dikeluarkan dari bagian dalam cangkangnya daripada daging kepiting muda yang rasanya tidak begitu gurih.


TIPS PENGOLAHAN KEPITING

Mengolah daging kepiting pun sebenarnya mudah-mudah gampang. Seperti yang telah disebutkan di atas, resep memasak kepiting terletak pada cara Anda mengolah dan meracik bumbu yang digunakan. Sayangnya, tak semua orang memang mudah mengolah daging kepiting dengan citarasa lezat dan nikmat. Bagi Anda yang mengalami kesulitan serupa, cobalah untuk menjajal beberapa cara dibawah ini sebelum mengolah dan memasak daging kepiting.

  • Pastikan kepiting sudah mati

Sebelum Anda benar-benar mencampurkan bumbu dan mengolah daging kepiting, pastikan kepiting sudah dalam keadaan mati. Untuk membunuh kepiting, Anda hanya perlu menusukkan bagian tengah badan kepiting menggunakan pisau. Tusukkan tepat pada bagian tengah badan kepiting, lalu tarik tusukan tersebut ke arah pantat kepiting. Pada bagian ini, pastikan tubuh kepiting telah dibalik atau dalam bagian terbalik agar kepiting tidak meloncat.

  • Jangan rendam tubuh kepiting

Untuk membersihkan daging kepiting dan menghilangkan lumpur dari bagian tersembunya, jangan sesekali merendam tubuh kepiting. Anda hanya perlu membersihkannya di bawah kucuran air kran dengan menggosok secara perlahan. Dengan begini, lumpur yang menjadi tempat hidup kepiting pun akan terbuang bersamaan dengan air. Tentunya bumbu kepiting saos padang pun akan lebih mudah meresap tanpa meninggalkan bau lumpur ataupun rasa amis dari daging kepiting sendiri.

  • Buang bagian pantat

Kebanyakan dari kita memang tidak rela membuang sedikitpun dari bagian tubuh kepiting. Mengingat harga daging kepiting memang tidak semurah seafood jenis lainnya. Meskipun begitu, Anda tetap harus membuang bagian pantat dari kepiting yang hendak diolah. Ini dikarenakan bagian tersebut menjadi tempat pembuangan kotoran dari tubuh kepiting. Membuang bagian pantat sama halnya dengan Anda menghindari beberapa penumpukan racun yang mungkin masih tersisa.

  • Bersihkan bagian perut

Membersihkan bagian perut kepiting memang harus membelahnya membagi dua bagian terlebih dahulu. Untuk membelah tubuh kepiting, cukup menarik tusukan yang telah dilakukan pada bagian tengah badannya. Belah menjadi dua, lalu keluarkan semua isi perut kepiting yang mengandung cairan berwarna hijau. Setelah itu, cuci bersih kembali tubuh kepiting sebelum Anda meraciknya menggunakan resep kepiting saus asam manis yang telah direncanakan.

  • Pukul cangkang kepiting

Agar bumbu masakan lebih meresap ke bagian dalam daging, ada baiknya cangkang kepiting dipukul. Terutama pada bagian kaki dan capit, supaya daging terasa lebih seasoning atau berbumbu. Cara ini bisa pula digunakan untuk memudahkan Anda saat memasak kepiting, guna menjadikannya lebih kecil. Sebagian besar chef pun menggunakan cara ini untuk membuat bagian daging lebih gurih dan empuk daripada sebelumnya. Apalagi sensasi gurih dan berbumbu yang lezat didapatkan saat Anda menyantap olahan daging kepiting.

  • Rebus kepiting terlebih dahulu

Merebus daging kepiting tak hanya membuat bumbu lebih mudah meresap, tetapi juga mampu menghilangkan racun yang tertinggal. Menghilangkan racun yang masih tertinggal di bagian dalam daging bisa dilakukan dengan menambahkan kayu arang ke dalam rebusan. Proses ini bisa harus dilakukan dengan durasi waktu yang pas atau tidak terlalu sebentar maupun lama. Setidaknya lakukan proses perebusan selama 15 – 20 menit untuk menghilangkan racun sekaligus membuat empuk bagian dalamnya.

Setelah semua proses di atas selesai, kini Anda bisa mengolah daging kepiting sesuai dengan keinginan Anda. Apakah ingin mengolahnya dengan resep kepiting goreng ataupun resep olahan kepiting lainnya. Salah satu olahan yang paling menjadi incaran adalah kepiting saos padang ataupun saus tiram. Bagi Anda yang suka masakan pedas, tentu saja kepiting saos padang cocok dengan selera kuliner. Jika tidak begitu doyan pedas, kepiting goreng ataupun saus tiram bisa menjadi pilihan kali ini.


MASAKAN KEPITING SAUS PADANG

Masakan Kepiting Saus Padang

Masakan Kepiting Saus Padang

Untuk mengolah kepiting saos padang, goreng ataupun saus tiram, awal pemilihan kepiting menjadi kunci utamanya. Rasa masakan kepiting akan semakin nikmat tatkala Anda memilih kepiting yang masih segar. Atau kepiting tersebut belum terlalu lama disimpan di mesin pendingin ataupun didapat dari para nelayan. Sediakan pula beberapa rempah atau bumbu masak, layaknya serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam dan cabet merah ataupun rawit.

Jumlah cabe merah ataupun rawit untuk setiap masakan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Pada resep saos padang, Anda membutuhkan 1 butir telur yang dikocok untuk dicampurkan bersama bumbu lainnya. Adapun cara memasak kepiting saus padang memerlukan beberapa bumbu-bumbu dasar, seperti.

BAHAN BAHAN MASAKAN KEPITING SAUS PADANG

  • Kepiting atau rajungan yang segar sebanyak 2 ekor
  • Telur 1 butir, kocok
  • Jeruk nipis 1 atau 2 buah untuk merebus kepiting
  • Cabai merah giling 2 sdm atau lebih
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Daun salam 1 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Bawang bombay ½ bagian, iris tipis
  • Daun bawang 1 lembar, potong serong
  • Saus tomat 3 sdm atau sesuai selera
  • Saus tomat 4 sdm atau secukupnya
  • Saus sambal 3 sdm atau sesuai selera pedas
  • Minyak goreng 5 sdm
  • Gula pasir sekitar ½ sdt
  • Garam ½ sdt
  • Penyedap rasa ½ sdt (boleh tidak memakainya)
  • Air 1 liter untuk merebus kepiting yang hendak diolah

Selain bahan-bahan di atas, adapula beberapa bahan-bahan untuk bumbu halus dari saos padang, yaitu.

  • Kunyit ½ ruas, bakar
  • Kemiri 4 buah, sangrai terlebih dahulu
  • Cabai merah giling atau botolan 3 sdm
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabe rawit merah 4 buah atau sesuai selera dan tumis hingga layu
  • Jahe 2 ruas

CARA MENGOLAH MASAKAN KEPITING SAUS PADANG

Bila semua bahan-bahan di atas sudah dipersiapkan, kini saatnya Anda mempelajari cara membuat kepiting saus padang yang lezat dan higienis.

  1. Langkah pertama ini sebenarnya adalah langkah awal sebelum mengolah kepiting menggunakan bumbu. Pertama-tama, Anda hanya harus membersihkan kepiting dari segala kotoran dan rendam bersama air perasan jeruk nipis. Setelah itu, masukkan air ke dalam panci, panaskan, dan masukkan kepiting yang sudah bersih tersebut. Rebus kepiiting hingga kemerahan, kemudian angkat dan belah dua bagian tubuh kepiting. Anda tentu sudah mengerti cara membelah tubuh kepiting agar bagian dagingnya tidak hancur.
  2. Setelah itu, panaskan wajan yang hendak digunakan untuk memasak dengan minyak. Bila cukup panas, baru masukkan bumbu halus beserta irisan bawang bombai, daun salam dan daun jeruk. Tunggu sampai tumisan mengeluarkan aroma sedap dan harum sebelum memasukkan saos tiram.
  3. Jika sudah harum merata, baru masukkan saos tiram, saus tomat dan cabe merah giling. Masukkan pula semua bahan yang tersisa ke dalam wajan, tumis kembali hingga sedikit layu.
  4. Bila bumbu sudah tercampur rata, masukkan kepiting ke dalam bumbu tumisan, tentunya kepiting yang sudah dibelah. Tambahkan pula telur kocok ke dalam tumisan bumbu, aduk kembali sampai semua bumbu tercampur merata. Biarkan selama beberapa saat hingga kuah mengental dan menyerap hingga ke bagian dalam daging kepiting. Angkat daging kepiting bersama bumbu dan kini kepiting saus padang Anda sudah siap disajikan dan disantap bersama nasi hangat.

MASAKAN KEPITING ASAM MANIS

Masakan Kepiting Asam Manis

Masakan Kepiting Asam Manis

Bukan hanya diolah menjadi kepiting saus tiram ataupun saus padang semata, kepiting bisa pula disajikan bersama saus asam manis. Sensasi manis yang bercampur dengan rasa asam memberikan citarasa khas tersendiri. Apalagi jika ke dalamnya Anda tambahkan cabe potong atau giling untuk menambah nikmat masakan. Terlebih cara memasak kepiting asam manis ini tidak terlalu sulit, tentu bisa Anda buat di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan pun sangat mudah didapat, seperti.

BAHAN BAHAN MASAKAN KEPITING ASAM MANIS

  • Kepiting atau rajungan yang masih segar sebanyak 3 ekor
  • Jeruk nipis 2 buah, peras untuk diambil airnya
  • Air secukupnya untuk merebus kepiting
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kepiting

Sedangkan bumbu halus atau bahan saus yang harus Anda persiapkan terdiri dari.

  • Cabe bubuk 10 sdm atau bisa diganti sesuai selera
  • Bawang bombai 1 siung, cincang halus
  • Kecap inggris 1 sdm
  • Minyak sayur 1 sdm
  • Bawang putih 3 siung, cincang halus
  • Kecap asin 1 sdm
  • Mentega 2 sdm
  • Saus tomat 2 sdm
  • Saus tiram 5 sdm
  • Gula pasir 1 sdt
  • Lada bubuk 1 sdt
  • Garam ½ sdt
  • Air bersih sebanyak 1 gelas

CARA MENGOLAH MASAKAN KEPITING ASAM MANIS

Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan tersedia, kini saatnya kita mengolah kepiting atau rajungan segar yang Anda beli. Tak sulit untuk menyajikan kepiting asam manis dengan citarasa pedas pula di meja makan rumah Anda. Intip cara membuat kepiting asam manis berikut untuk momen spesial bersama keluarga ataupun pasangan.

  1. Pertama-tama bersihkan kepiting dan buka bagian tempurungnya. Potong kepiting menjadi 4 bagian dan memarkan pula bagian capit kepiting agar tak sulit saat menyantap.
  2. Guna menghilangkan bau amis pada kepiting olahan, baluri tubuh kepiting yang sudah Anda bersihkan menggunakan air perasan jeruk nipis. Diamkan baluran kepiting dan jeruk nipis selama 15 menit, supaya bau amisnya tidak bertahan lama.
  3. Setelah itu, rebuslah kepiting dengan air hingga mendidih, tambahkan pula arang ke dalam rebusan. Arang berfungsi menghilangkan racun pada tubuh kepiting yang masih menempel. Bila sudah mendidih, angkat dan tiriskan kepiting sebelum diolah bersama sausnya nanti.
  4. Sembari menunggu kepiting ditiriskan, panaskan minyak goreng pada wajan. Jika minyak sudah panas, masukkan kepiting dan goreng sampai berubah warna merah yang menandakannya sudah matang. Ada baiknya pada proses penggorengan menggunakan api kompor sedang, agar tidak mudah gosong. Angkat kembali kepiting yang sudah berubah warna dan tiriskan.
  5. Untuk membuat saus asam manis dan pedas, pertama-tama masukkan minyak goreng pada wajah dan tambahkan mentega.
  6. Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai dirasa layu atau mengeluarkan aroma harum nan sedap.
  7. Setelah wangi, tambahkan garam, kecap inggris, kecap manis, saus tiram, cabe bubuk, lada bubuk, gula dan segelas air. Tumis kembali sembari menunggu saus mendidih dan mengental dengan sempurna.
  8. Bila bumbu sudah mengental, masukkan kepiting yang sudah digoreng sebelumnya. Kecilkan api kompor yang digunakan, masak kembali kepiting bersama bumbu sampai semua saus meresep sempurna.
  9. Kini, Anda sudah siap disajikan bersama daun seledri ataupun pelengkap lainnya.

Artikel Kuliner - Resep Masakan Kepiting Saus Padang dan Kepiting Asam Manis, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response