Khasiat Buah Pepaya
Walaupun harganya tergolong murah, namun Khasiat Buah Pepaya ini sangatlah banyak.

Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya

By - On 23 August 2017 - Categories : Kesehatan

Khasiat Buah Pepaya

Pepaya, buah yang memiliki nama ilmiah carica papaya ini berasal dari daerah Meksiko. Jika matang, pepaya akan berwarna jingga dan terasa manis. Walaupun harganya tergolong murah, namun Khasiat Buah Pepaya ini sangatlah banyak.

Kandungan Pepaya

Pepaya kaya akan kandungan yang bermanfaat, diantaranya kalori (39), karbohidrat (10 gr), kalium (470 mg), zat besi (0.3 mg), vitamin C (56 mg), riboflavin (0.04 mg), vitamin A (1.750 IU), protein (0.6 gr), lemak (0.1 gr), fosfor (16 mg), kalsium (20 mg), niacin (0.3 mg), dan vitamin B (0.03 mg).

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, diantaranya pepaya dapat merawat kulit (pepaya dapat mengatasi sel-sel kulit mati dan berguna untuk meremajakan kulit karena mengandung vitamin A, C dan E. Pepaya juga dapat digunakan sebagai masker untuk mehidrasi kulit, mengurangi noda akibat jerawat, dan membuat kulit lebih bersinar. Caranya, haluskan setengah buah pepaya, campur dengan tiga sendok makan madu, oleskan ke leher dan wajah selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih), pepaya juga dapat mengatasi tumit yang pecah, serta menghilangkan ketombe (caranya, haluskan buah pepaya, campurkan dengan secangkir yogurt, lalu oleskan pada rambut dengan diiringi pijatan sehingga lebih meresap ke kulit kepala, lakukan hingga 30 menit dan bilas dengan air bersih).

BACA JUGA :
Khasiat Buah Strawberry Untuk Kesehatan
Manfaat Tomat Untuk Kesehatan
5 Jenis Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu pepaya juga dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan karena terbukti mengandung serat dan enzim papain yang mampu membunuh parasit pengganggu pencernaan dalam usus, mencegah wasir, dan susah buang air besar. Biji pepaya juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal karena mengandung phenotic dan flavonoid. Tidak ketinggalan, pepaya juga bermanfaat untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A.

Karena kandungan chymopapain dan papain yang ada di dalamnya, buah ini juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka pada kulit, menyembuhkan luka bakar, dan meradakan peradangan. Sedangkan jika ingin mencegah kebotakan, disarankan untuk makan buah pepaya minimal tiga kali seminggu.

Disamping itu buah pepaya juga dapat mencegah flu, batuk, dan pilek, karena mengandung vitamin C. Penyakit kanker, stroke, dan jantung pun dapat dicegah oleh buah ini karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan tersebut ternyata juga bermanfaat untuk mencegah gejala penuaan dini seperti keriput dan flek.

Nah itulah sejumlah khasiat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat pembaca burangir.com.

Artikel Kesehatan - Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response