3 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami
Sebagian besar wanita biasanya berusaha mengurangi rasa nyeri pada saat haid tersebut dengan mengkonsumsi obat ataupun jamu. Namun tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara alami untuk dapat mengurangi rasa nyeri di waktu haid tersebut. (Photo : Google.Com)

3 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

By On Friday, June 16th, 2017 Categories : Kesehatan

Normalnya, setiap wanita akan kedatangan tamu rutin sebulan sekali yang kita kenal atau disebut dengan menstruasi ataupun haid.

Menurut WIKIPEDIA : Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Namun, pada beberapa wanita, tidak jarang pada saat datangnya haid seringkali diiringi oleh rasa nyeri yang sangat menyebalkan dan juga mengganggu.

Sebagian besar wanita biasanya berusaha mengurangi rasa nyeri pada saat haid tersebut dengan mengkonsumsi obat ataupun jamu.

Namun tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara alami untuk dapat mengurangi rasa nyeri di waktu haid tersebut.

Berikut 3 cara mudah mengatasi nyeri haid secara alami:

1. Mengatasi Nyeri Haid Dengan Karbohidrat Kompleks

Sebelum dan selama periode menstruasi, muncul sebuah keinginan yang besar untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat sederhana.

Namun, Anda sebaiknya lebih jeli untuk memilih tipe karbohidrat yang akan dikonsumsi.

Marissa Lippert, seorang ahli gizi mengatakan bahwa yang terbaik adalah dengan cara mengkonsumsi karbohidrat kompleks untuk dapat menjaga energi agar selalu stabil.

Apa Itu Karbohidrat Kompleks?
Pengertian karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang struktur kimianya terdiri dari tiga molekul gula atau lebih yang biasanya saling terikat dalam suatu rantai molekul. Gula ini lebih kaya serat, vitamin, dan mineral. Karena molekulnya lebih kompleks, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh maka karbohidrat kompleks menyebabkan kenaikan glukosa darah seseorang dengan lebih lambat beberapa saat setelah dikonsumsi jika dibandingkan dengan efek mengkonsumsi karbohidrat sederhana.

Ada beberapa makanan yang dapat Anda pilih, misalnya seperti oatmeal, kentang manis ataupun whole wheat pasta dan juga beras merah bisa diandalkan.

Berbagai makanan tersebut tidak hanya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, akan tetapi juga menjadi salah satu sumber magnesium yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh pada saat siklus menstruasi.

2. Mengatasi Nyeri Haid Dengan Kacang Atau Biji-bijian

Pilihlah kacang-kacangan untuk dijadikan cemilan pada saat sedang haid.

Makanan ini mempunyai kandungan vitamin B6 yang sangat bermanfaat untuk dapat mengurangi adanya gejala PMS.

William Sears, MD, yang mengelola situs kesehatan AskDrSears.com; mencatat bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung vitamin B, yang akan memberikan Anda energi dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Kacang juga tidak hanya baik bagi sistem pencernaan, akan tetapi juga membantu untuk menstabilkan kondisi emosi wanita yang sedang haid, karena biji-bijian cukup kaya akan karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan serotin, zat kimia yang dapat menimbulkan perasaan senang dan juga rileks.

3. Mengatasi Nyeri Haid Dengan Susu atau Yoghurt

Kedua minuman ini merupakan sumber kalsium yang cukup tinggi.

Penelitian yang pernah dilakukan telah menunjukkan bahwa seorang wanita yang mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per harinya mengalami penurunan nyeri haid sampai 30 persen.

Karen Ansel, seorang juru bicara Asosiasi Diet Amerika mengatakan bahwa jika ada satu nutrisi yang sangat dibutuhkan wanita untuk dapat mengalahkan rasa nyeri pada waktu haid adalah kalsium.

Nah, itulah 3 cara mudah mengatasi nyeri haid secara alami yang bisa Anda coba pada saat mengalami nyeri di waktu datangnya periode mensturasi.

Artikel Kesehatan - 3 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response