Tips Mencegah Cyberbullying Di Sekitar Anak

By On Saturday, February 25th, 2017 Categories : Edukasi, Kesehatan, LifeStyle

Cyberbullying Di Sekitar Anak
Cyberbullying

Cyberbullying Di Sekitar Anak – Saat ini bullying bukan hanya ada pada dunia nyata sehari-hari tetapi bullying juga bisa terjadi melalui dunia maya.

Perkembangan teknologi di dunia sangatlah cepat dan beraneka ragam, salah satunya pesatnya informasi teknologi melalui dunia maya. Teknologi jika dipergunakan secara baik dan benar maka akan membawa dampak positif dalam kehidupan, tetapi jika teknologi digunakan tidak pada fungsi dan tempatnya maka akan berdampak buruk bagi kehidupan.

Baca Juga : Semua Orang Berhak Bahagia dan Bangga Akan Anak Mereka

Internet merupakan satu teknologi yang dapat memberikan berbagai macam informasi yang bermanfaat pada anak. Internet juga berfungsi sebagai hiburan bagi anak. Akan tetapi, jika internet tidak digunakan secara tepat maka internet dapat menimbulkan efek negatif pada anak. Salah satu efek negatif internet adalah Cyberbullying.

Cyberbullying merupakan perilaku yang tidak menyenangkan seperti pelecehan, menyakiti perasaan, merendahkan, mengancam, mempermalukan serta mendiskriminasikan seseorang karena perbedaan suku, ras, agama, status sosial, bahkan bentuk tubuh melalui media sosial yang bentuknya bermacam-macam.

Seyogyanya sebagai orangtua kita dapat mencegah Cyberbullying ini terjadi pada anak ataupun saudara kita.

Secara simpel ada beberapa cara yang dapat kita lakukan sebagai pencegahan agar anak tidak menjadi korban Cyberbullying ini, yaitu:

  • Sebagai orangtua sebanyak mungkin harus memiliki pengetahuan tentang media online yang sedang berkembang saat ini. Dengan begitu orangtua dapat mengawasi anak sejauh mana mereka menggunakan pemakaian jaringan internet. Orangtua dapat memilah mana program yang baik dan aman untuk anak.
  • Selalu awasi penggunaan internet pada anak. Kita harus mengetahui apa saja yang anak tulis didalam komentar-komentar mereka serta istilah-istilah yang mereka gunakan.
  • Perhatikan kondisi anak saat sedang membuka internet. Jika terlihat ada yang aneh pada diri anak, segera cek karena bisa jadi sedang terjadi Cyberbullying pada anak.
  • Selalu meletakkan perangkat komputer atau laptop diarea dalam rumah yang masih bisa dijangkau mata. Dengan demikian kita bisa tetap mengawasi layar komputer atau laptop.
  • Ajakarkan anak untuk berkata dan berucap dengan sopan santun walaupun melalui tulisan.
  • Camkan pada anak bahwa sebagai orangtua kita adalah tempat dan sosok yang tepat untuk diajak ‘curhat’. Dengan begitu anak tidak perlu lagi untuk curhat melalui dunia maya yang belum jelas dengan siapanya.
  • Sebaiknya kita mempunyai pasword pada laptop atau komputer kita dan jika anak akan membuka jaring sosial buatkanlah paswordnya dan anak sebaiknya tidak perlu mengetahuinya.

Semoga Tips Sederhana Mencegah Cyberbullying Di Sekitar Anak, ini dapat menghindari anak kita semua dari kejamnya Cyberbullying.

Salam Burangir

Artikel Edukasi, Kesehatan, LifeStyle - Tips Mencegah Cyberbullying Di Sekitar Anak, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response