Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

By On Tuesday, December 6th, 2016 Categories : Kesehatan

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan
Mentimun dapat menjaga tekanan darah atau mengatasi darah tinggi karena mengandung cukup banyak air dan kalium namun rendah akan natrium.

Manfaat mentimun untuk kesehatanMentimun, buah yang memiliki nama ilmiah cucumis sativus ini selain terasa segar ketika dimakan dalam cuaca panas karena memiliki banyak kandungan air dan elektrolit, ternyata juga dapat digunakan sebagai pengganti cairan tubuh ketika sedang mengalami dehidrasi.

BACA JUGA : Manfaat Mentimun Untuk Kulit dan Wajah

Kandungan Mentimun

Mentimun kaya akan kandungan vitamin, elektrolit, dan mineral. Diantaranya kalsium (16 mg 1,6%), magnesium (13 mg 3%), fosfor (24 mg 3%), seng (0,20 mg 2%), karoten-AY (45 ug), lutein zeaxanthin (23 ug), besi (0,28 mg 3,5%), mangan (0,079 mg 3,5%), phyto-nutrisi, crypto-xanthin-AY (26 ug), sodium (2 mg 0%), dan kalium (147 mg 3%).

Selain itu mentimun juga mengandung energi (15 Kcal <1%), protein (0,65 g 1%), kolesterol (0 mg 0%), folat (7 mg 2%), asam pantotenat (0.259 mg 5%), riboflavin (0,033 mg 3%), vitamin A (105 IU 3,5%), vitamin C (2,8 mg 4,5%), vitamin E (0,03 mg 0%), vitamin K (16,4 mg 13,6%), karbohidrat (3,63 g 3%), total lemak (0,11 g 0,5%), diet serat (0,5 g 1%), niacin (0.098 mg <1%), pyridoxine (0.040 mg 3%), dan thiamin (0,027 mg 2%).

Khasiat Mentimun

Mentimun mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan mata, rambut, dan kulit. Mentimun juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk mengobati penyakit, serta menjaga kesehatan tubuh karena kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan sodiumnya rendah. sedangkan kandungan vitamin A, magnesium, kalium, karbohidrat, vitamin C, asam pantotenat, fosfor, folat, seng, dan vitamin K-nya cukup tinggi.

Mentimun kaya kandungan vitamin K

Dari 100 gram mentimun, sekitar 17 mg-nya adalah vitamin K. Sebagai catatan, vitamin K bermanfaat untuk membentuk massa tulang atau mempromosikan aktifitas osteotrophic. Buah ini juga bisa dipergunakan sebagai pengobatan penyakit alzheimer karena mampu menekan kerusakan saraf di otak.

Mentimun mempunyai kandungan antioksidan

Buah mentimun banyak mengandung senyawa yang dapat melawan radikal bebas, seperti beta-karoten dan alfa-karoten, vitamin A, vitamin C, serta zea-xanthin dan lutein. Berbagai senyawa tersebut juga dapat mencegah efek penuaan serta melawan penyakit.

Mentimun rendah kalori

Mentimun bisa dikategorikan sebagai salah satu sayuran yang tidak mengandung kolesterol dan kalorinya rendah. Selain itu buah mentimun juga memiliki kandungan serat yang dapat mengatasi sembelit, serta mencegah kanker usus dengan cara menghilangkan senyawa beracun di dalam usus.

Mentimun memiliki sifat diuretic

Mentimun dapat menjaga tekanan darah atau mengatasi darah tinggi karena mengandung cukup banyak air dan kalium namun rendah akan natrium. Jadi mentimun juga bisa dibilang memiliki sifat diuretic

Mentimun kaya akan kalium

Dari 100 gram mentimun, terdapat 147 mg kalium dan 2 mg sodium. Kalium bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menghasilkan elektrolit yang bagus untuk organ hati, serta mengatur detak jantung.

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Mentimun paling baik dikonsumsi ketika masih muda, karena daging buahnya terasa lebih renyah dan lembut dibandingkan mentimun yang sudah tua. Mentimun memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah dapat menghilangkan racun dan menghidrasi tubuh karena komposisinya 95% air. Begitu tingginya kadar air dalam mentimun, membuat buah yang satu ini efektif untuk membersihkan sistem pencernaan serta limbah makanan dalam perut.

Mentimun juga dapat membantu menghilangkan racun dari minuman beralkohol serta merehidrasi nutrisi tubuh, sehingga dapat meredakan pusing dan sakit kepala akibat minum minuman beralkohol. Caranya, konsumsi beberapa iris mentimun sebelum tidur. Vitamin B dan elektrolit yang ada pada mentimun akan mengurangi sakit kepala dan rasa pusing.

Mentimun bisa mencegah timbulnya bau mulut karena mengandung fitokimia. Kandungan fitokimia tersebut akan mematikan bakteri penyebab bau mulut. Mentimun mentah juga bisa meningkatkan produksi air liur, menetralisir asam, serta alkali dalam rongga mulut.

Secoisolariciresinol, pinoresinol, dan lariciresinol adalah 3 lignan yang ada pada mentimun. Ke-tiga lignan tersebut bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker usus, kanker rahim, dan kanker prostat. Tidak hanya itu, jika mentimun diolah menjadi jus, maka hormon yang ada pada jus mentimun ini bisa digunakan pankreas untuk menghasilkan insulin dan berguna bagi penderita diabetes. Sedangkan unsur tembaga pada mentimun juga mampu menghasilkan sel darah, serta melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Kandungan air mentimun akan membantu fungsi ginjal dengan cara melancarkan buang air kecil. Batu ginjal pun dapat larut dengan cara mengkonsumsi sayuran ini secara teratur. Enzim erepsin yang ada pada mentimun juga dapat membantu pencernaan protein. Masalah kesehatan seperti asam lambung, mulas, tukak lambung, dan gastritis juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi jus mentimun secara teratur.

Radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan bisa turut dilawan oleh senyawa yang ada pada mentimun, seperti lutein, zea-xanthin, karoten, dan B karoten. Ekstrak mentimun juga biasa digunakan untuk mengatasi peradangan lewat enzim inflamasi pro seperti cyclo-oxyenase.

Hebatnya buah ini, kulitnya pun mengandung serat makanan yang tinggi. Serat tersebut bisa mengatasi sembelit, gangguan pencernaan, bahkan mencegah penyakit lambung yang terkait dengan detoksifikasi usus.

Tidak hanya daging dan kulit buahnya, biji mentimun juga memiliki banyak manfaat seperti mengeluarkan cacing pita dari usus, serta sebagai anti inflamasi yang dapat mengobati pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.

Itulah beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat pembaca burangir.com.

Artikel Kesehatan - Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response