Kontrasepsi Pasca Persalinan
NewBornBaby (Img: creativeclicksphotographyblog)

Kontrasepsi Pasca Persalinan

By On Monday, March 27th, 2017 Categories : Kesehatan, Parenting

Kontrasepsi Pasca Persalinan – Kontrasepsi adalah suatu upaya untuk mencegah terjadinya kehamilan. Kontrasepsi ada yang bersifat sementara ada pula yang bersifat permanent. Orang orang menggunakan program kontrasepsi pasca persalinan pada umumnnya sebagai menunda kehamilan setelah melahirkan jarak 2 tahun atau lebih, tapi ada juga yang tidak ingin tambah anak lagi.

Kontrasepsi pasca persalinan banyak jenisnya, beberapa dapat kita pilih sesuai kebutuhan masing masing, ada yang untuk hanya 3 tahun, atau 8 bulan bahkan ada juga kontrasepsi selamanya atau permanent. Berikut macam macam kontrasepsi.

Kontrasepsi Pasca Persalinan


Pil KB

Kontrasepsi Pasca Persalinan dengan pil ini adalah yang paling banyak dipilih. Di dalam pil kb ini terdapat hormon progesteron dan ada juga yang dikombinasikan hormon estrogen dengan hormon progesteron. Pil kb ini memiliki fungsi haid menjadi lebih teratur, mengurangi nyeri dank ram akibat haid. Tetapi jika anda ingin memilih kontraseppsi dengan pil kb ini harus memunumnya secara rutin setiap hari, jika tidak atau telat saja sehari maka kehamilan akan terjadi lagi.


Suntik KB

Alat kontrasepsi suntik kb ini terbilang murah dan banyak juga orang Indonesia menggunakannya sebagai kontrasepsi pasca persalinan. Alat kontrasepsi suntik kb ini digunakan 3 bulan sekali. Tertapi jika terlalu sering suntik ini akan menyebabkan terhambatnya kehamilan tanpa melakukan upaya apapun. Seseorang peneliti juga melakukan uji coba pada hewan dan mempunyai hasil bahwa suntik kb dapat meningkatkan resiko kanker.


IUD Atau Spiral

Kontrasepsi yang sedang popular saat ini adalah IUD atau biasa di sebut spiral, IUD singkatan dari Intra Uterine Device. Alat kontrasepsi ini sangat nyaman di gunakan dan aman sebagai kontrasepsi pasca persalinan, yang berfungsi untuk mencengah sperma bersarang atau bersatu dengan sel telur. Cara pemakaian spiral ini adalah dengan memasukkan spiral ke dalam rahim, tentunya harus dengan dokter dan dengan alat pendukungnya. Biasanya spiral ini bertahan 2 hingga 5 tahun, jika anda ingin hamil kembali spiral ini juga bisa di buka kembali. Baca juga Perawatan Bayi Prematur.


Kondom

Kondom adalah alat kontrasepsi pria derbahan lateks atau karet yang sangat tipis. Alat kontrasepsi pria ini bisa mencegah terjaninya kehamilan dengan menutupi bagian alat kelamin pria agar sperma yang keluar tidak bertemu dengan sel telur dalam rahim.


Norplant Atau Susuk

Kontrasepsi norplant atau susuk atau juga biasa di sebut dengan implant adalah alat kontrasepsi jangka waktu panjang, yaitu sekitar 5 tahunan. Di dalam implant ini terdapat kapsul lentur yang mengandung progestin levonogestrel. Kandungan ini juga terdapat pada alat kontrasepsi pil kb.


Baca Juga :
Nutrisi Untuk Ibu Hamil Muda
Mual Berlebihan Saat Hamil
Tanda Tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi


Negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki jumlah penduduk besar mendukung program kontraspesi pasca persalinan untuk mengendalikan pertumbuhan jumlah penduduk dan untuk meningkatkan kesejahteraaan keluarga. Dalam hal ini pemerintah Indonesia menyelenggarakan program Keluarga Berencana atau KB melalui pengaturan kelahiran.

Salam Burangir sehat.

Artikel Kesehatan, Parenting - Kontrasepsi Pasca Persalinan, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response