Penyebab dan Gejala penyakit TBC sering terjadi dan bisa menjangkit pernafasan pada manusia? maka Penyebab dan Gejala penyakit TBC perlu kita ketahui
Penyebab dan Gejala penyakit TBC sering terjadi dan bisa menjangkit pernafasan pada manusia? maka Penyebab dan Gejala penyakit TBC perlu kita ketahui

5 Gejala Penyakit TBC Pada Anak Yang Wajib Bunda Ketahui !

By - On 6 November 2017 - Categories : Kesehatan

Gejala Penyakit TBC – Penyakit TBC pada anak biasanya terjadi karena adanya anggota keluarga yang menderita TBC yang ditularkan kepada si anak, penyakit TBC sendiri sulit untuk dideteksi karena penyakit TBC ini disebabkan oleh bakteri Tubercolis.

Bakteri Tuberculosis sendiri senderi perkembangannya sangat perlahan ditambah lagi gejala yang ditimbulkan juga tidak begitu jelas dan untuk mengetahui gejala penyakit ini pun paling cepat dan dapat dideteksi selama kurang lebih sekitar 4 bulan kemudian.

Baca juga : Penyebab Anak Autis, Gejala dan Cara Menganganinya

Dari lamanya TBC untuk dideteksi mengakibatkan susahnya untuk mengetahui siapa yang menjadi penular penyakit TBC ini, tapi perlu diketahui bahwa yang berpotensi sekali dalam penularan adalah orang dewasa yang rata-rata berpotensi menularkan kuman tersebut yang sudah berumur sekitar 14 tahun keatas.

Tapi untuk memudahkan bunda dalam hal mengenal gejala penyakit TBC ini, disini kami akan membahas 5 gejala penyakit TBC pada anak yang bisa bunda ketahui berikut ini :

5 Gejala Penyakit TBC Pada Anak Yang Wajib Bunda Ketahui !

1. Keluar Keringat Pada Malam

Keringat banyak yang dikeluarkan si anak pada malam hari, bunda harus bisa membedakan keringat yang keluar merupakan keringat biasa atau keringat yang disebabkan gejala TBC untuk mengetahui ini bunda bisa dengan memperhatikan suhu ruangan jika suhu udara dingin dan anak mengeluarkan banyak keringat maka bunda harus mewaspadai hal ini karena bisa saja ini adalah gejala penyakit TBC.

2. Terjadi Pembesaran Kelenjar Pada Leher

Ciri pembesaran kelenjar yang disebabkan oleh TBC adalah ketika kelenjar teraba lebih dari satu dengan diameter sekitar 1 cm adapun jenis TBC lain yang seringkali muncul mirip bisul pada leher yang muncul lebih dari satu bunda harus juga memikirkan bahwa kemungkinan ini TBC.

3. Badan Anak Menjadi Kurus Dan Sulit Untuk Makan

Masalah yang sering dikeluhkan para bunda dan terkadang dikaitkan dengan gejala TBC ini memang benar tapi tidak semua anak yang kurus dan sulit makan belum tentu terdiagnosa TBC bisa saja karena anak menjadi kurus karena asupan nutrisi yang kurang tapi jika anak sudah mendapatkan nutrisi yang cukup tetapi badan anak tetap kurus maka bisa jadi ini berkaitan dengan kasus TBC.

4. Batuk Tanpa Sebab

Batuk yang terjadi dalam jangka waktu lama, bunda bisa mempertimbangkan ini sebagai salah satu gejala TBC apalagi jika bunda tahu kalau anggota keluarga juga mengidap penyakit TBC, namun tidak semua batuk merupakn gejala TBC bisa juga karena alergi ataupun lainnya.

5. Berulang Kali Mengalami Sakit Dan Demam

Demam yang dialami anak merupakan hal biasa tapi demam menjadi tidak biasa jika demam terjadi secara berulang-ulang ditambah kondisi anak yang semakin hari terlihat kurus dan lesu dengan sebab yang tidak jelas untuk hal ini bunda harus memikirkan bahwa hal ini bisa saja karena gejala TBC.

Sudah tahukan bunda gejala penyakit TBC yang dialami pada anak, apabila bunda merasa si buah hati mengalami gejala yang dirasa sama seperti diatas segera bunda untuk mengkonsultasikannya kepada dokter, Demikianlah informasi tentang gejala penyakit TBC pada anak yang bisa kami sampaikan kepada bunda semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - 5 Gejala Penyakit TBC Pada Anak Yang Wajib Bunda Ketahui !, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response