Cara menghilangkan selulit
Bekas Selulit Pada Bagian Perut (Gbr. Google)

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Selulit

By On Tuesday, March 21st, 2017 Categories : Kesehatan

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Selulit – Selulit adalah bentuk parutan tidak rata pada kulit yang tampak seperti kulit jeruk akibat penonjolan jaringan adiposa ke area retikular dan papilar dermis. Intinya, terjadi timbunan atau penumpukan lemak di bawah permukaan kulit.

Selulit pertama kali dikenal pada tahun 1920 oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama Alquier dan Paviot. Namun sampai saat ini masih banyak yang keliru menganggap selulit sebagai lemak biasa dan stretch mark.

Selulit biasanya dialami oleh wanita pascapubertas dan biasanya tampak pada bagian tubuh tertentu seperti perut, paha, lutut, pinggul, dan lengan atas yang mempunyai reseptor adrenergik.

Selulit muncul karena mikrosirkulasi darah dan limfatik (pembuluh getah bening) pada jaringan lemak subkutan menurun sehingga membuat perubahan struktur lapisan lemak dan matriks kolagen yang mengelilinginya.

Efisiensi mikrosirkulasi yang semakin berkurang mengakibatkan jaringan di permukaan kulit membengkak (udem subkutan), yang mana menimbulkan perubahan permeabilitas pembuluh darah. Kondisi ini bisa memunculkan penebalan atau pengerasan lapisan kulit (sclerosis) dan berkurangnya proses penggantian serat-serat kolagen. Peningkatan jumlah komponen tidak termetabolisme seperti lemak, protein, dan gula kemudian menyebabkan sintesis dan akumulasi trigliserida di adiposit. Hal tersebut menyebabkan perubahan pada proses pemecahan lemak (lipolysis) dan memicu terjadinya selulit.

Cara menghilangkan selulit

Selulit Stretch Mark dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah striae. Masalah selulit stretch mark ini merupakan sebuah kondisi terjadinya perengangan kulit secara tiba-tiba yang menyebabkan permukaan kulit membentuk garis atau guratan.

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Selulit

Penyebab Selulit

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab selulit, diantaranya merokok, kurang minum air putih, stres, hormonal, genetis, kurang olahraga, pola makan tidak sehat, kegemukan, makanan pedas, berkafein, atau beralkohol, kurang istirahat, dan terlalu lama duduk. (Baca Juga : Penyebab Stres dan Cara Menanganinya).

Cara Menghilagkan Selulit

Berikut ini berbagai cara menghilangkan selulit :

1. Cara menghilangkan selulit yang pertama, oleskan pelembap yang memiliki kandungan firming formula dan ekstrak buah goji ke seluruh tubuh setelah mandi. Pelembap juga wajib memiliki tiga bahan utama, yakni antioksidan (ekstrak delima, Vitamin E, Vitamin C), hydrator (gliserin, asam hialuronat, sodium PCA), dan antiradang (ekstrak akar manis, zat besi, dan lidah buaya).

2. Cara menghilangkan selulit yang kedua, kurangi gula putih, nasi, dan pasta, serta perbanyak minum air putih (minimal 10 gelas per hari), sereal yang terbuat dari bekatul, roti gandum, sayur, buah (avokad, nanas, pir, apel, anggur), kacang-kacangan, polong-polongan, daging, dan ikan. Untuk makanan dapat dikonsumsi dengan cara dikukus atau direbus, sedangkan untuk buah dapat dikombinasikan dan dikonsumsi sebagai salad.

3. Cara menghilangkan selulit yang ketiga, bagian tubuh yang berselulit dapat dibalur dengan menggunakan ampas kopi yang dicampur dengan body lotion atau sabun cair selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan cara ini setiap hari.

4. Cara menghilangkan selulit yang keempat, lakukan pemijatan dua atau tiga minggu sekali dengan menggunakan satu cangkir ampas kopi yang baru, satu sendok makan minyak zaitun, satu putih telur, campur seluruh bahan tersebut lalu pijat ke bagian tubuh yang berselulit. Pemijatan dapat mengatasi selulit dengan memperlancar sirkulasi limfatik dan memindahkan cairan interstitial.

5. Cara menghilangkan selulit yang kelima, gunakan gel antiselulit yang mengandung kafein, koenzim A, dan herbal lipocare. Penderita selulit juga bisa mencoba body scrub dengan krim yang memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA). AHA sendiri memiliki fungsi sebagai penghalus kulit kering dan bersisik, mengobati parut bekas jerawat, mengurangi kelainan pigmen, mengurangi keriput, pelembap, meremajakan kulit yang rusak dan sudah tua karena paparan sinar matahari, memperbaiki tekstur kulit, dan menyintesis kolagen.

6. Cara menghilangkan selulit yang keenam, lakukan diet antiselulit, cobalah mengurangi berat badan, jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu asin, manis, berlemak (mentega, margarin, kulit daging), dan tinggi kalori. Kurangi minum teh atau kopi (paling banyak tiga cangkir dalam sehari) dan tidak boleh mengkonsumsi garam lebih dari lima gram per hari.

Dengan terapi yang berkesinambungan, terpadu, dan dipadukan dengan gaya hidup alami dan sehat, selulit pasti bisa disembuhkan.

Semoga Bermanfaat dan Salam Burangir.

 

Artikel Kesehatan - Penyebab Dan Cara Menghilangkan Selulit, is Posted Under Tags: , , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response