7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria

By On Friday, April 28th, 2017 Categories : Kesehatan, LifeStyle

Hindari 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria
Rambut yang rontok hingga pangkal tidak bisa tumbuh kembali dan hal ini yang seringkali menyebabkan kasus kebotakan pada pria

Jangan sepelekan rambut rontok. Anda bisa mengalami kebotakan jika masalah ini terjadi terus-menerus. Rambut yang rontok hingga pangkal tidak bisa tumbuh kembali dan hal ini yang seringkali menyebabkan kasus kebotakan pada pria. Rambut rontok pada pria memiliki beragam faktor. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok pria yang harus Anda ketahui:

7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria

1. Salah Diet

Diet yang benar membawa banyak efek baik pada tubuh, namun diet yang salah bisa membawa Anda pada masalah kebotakan. Jika makanan yang Anda makan adalah makanan cepat saji yang mengandung banyak garam, Anda berpotensi mengalami kerontokan yang lebih serius.

2. Keturunan

Rambut rontok pada pria bisa jadi disebabkan faktor keturunan. Jika salah satu dari orang tua Anda mengalami masalah kebotakan, Anda harus merawat rambut dengan hati-hati agar hal serupa tak terjadi pada Anda, karena kemungkinan mengalami kerontokan lebih besar jika orangtua Anda mengalami hal yang sama.

3. Stres

Jangan remehkan stres. Stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan akar rambut di kepala menjadi rapuh. Akibatnya, rambut menjadi rontok dengan mudah. Saat Anda mengalami stres, segera cari dan lacak penyebabnya agar tidak membawa efek buruk pada kesehatan.

4. Penyakit

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kerontokan rambut pada pria yakni kanker, hipertiroid dan diabetes. Jika Anda mengalami salah satu dari penyakit ini, segera lakukan pengobatan untuk mencegah kebotakan rambut dini.

5. Konsumsi Obat-obatan

Anda pasti tahu jika kemoterapi dapat menyebabkan rontok rambut pria. Jangan salah, banyak lagi jenis obat yang dijual bebas di apotek yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Konsumsi obat-obatan jangka panjang bisa membuat Anda botak.

6. Kurang gizi

Kurang gizi dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan rambut rontok pria. Kurang gizi bisa menyebabkan berkurangnya sel darah merah pada tubuh. Saat tubuh kekurangan sel darah merah, rambut Anda akan mudah rontok. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh, atau Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin.

7. Androgenetic Alopecia

Ini adalah masalah kebotakan yang dialami semua pria di dunia saat usianya bertambah tua. Rambut akan menipis dan membentuk huruf M pada bagian dahi. Kebotakan ini sangat mungkin diderita pria sehat sekalipun.

Nah, masalah rambut rontok pria bukanlah perkara sepele. Setelah mengetahui beberapa penyebab utama rambut rontok pria, kini Anda bisa memulai beberapa metode untuk mencegahnya melalui pola hidup yang sehat dan selalu berkonsultasi dengan dokter saat mengalami masalah kesehatan. Mari hidup sehat!

Artikel Kesehatan, LifeStyle - 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response