Gejala Batu Ginjal, Penyebab dan Cara Mengobati
Beberapa penyakit juga ditengarai dapat menjadi penyebab batu ginjal, diantaranya penyakit rematik, hypercalciuria, penyakit usus, hiperparatiroidisme, penyakit usus, batu kalsium, batu struvite, kelainan anatomis ginjal dan salurannya, batu asam urat, dan batu sistin.

Gejala Batu Ginjal, Penyebab dan Cara Mengobati

By On Sunday, August 20th, 2017 Categories : Kesehatan

Gejala Batu Ginjal –  Definisi batu ginjal adalah terdapatnya batu di pelviks ginjal. Penyakit ini juga memiliki nama lain seperti kidney stones, urinary stones, ureterolithiasis, renal calculi, urinary calculi, urinary tractstone disease, nephrolithiasis, renal stones, urolithiasis, kidney calculi, ureteral calculi, dan acute nephrolithiasis.

Penyebab Batu Ginjal

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab batu ginjal. Diantaranya faktor genetis, kurang minum, cuaca panas yang membuat cairan tubuh cepat berkurang, olahraga/hobi/aktivitas yang dapat mengeluarkan banyak keringat, dan obat-oabtan tertentu seperti antivirus, pelancar kencing, atau antikejang.

Beberapa penyakit juga ditengarai dapat menjadi penyebab batu ginjal, diantaranya penyakit rematik, hypercalciuria, penyakit usus, hiperparatiroidisme, penyakit usus, batu kalsium, batu struvite, kelainan anatomis ginjal dan salurannya, batu asam urat, dan batu sistin.

Batu ginjal sendiri terbentuk akibat kejenuhan air seni, gangguan keasaman ginjal, dan menurunnya faktor penghambat krisal.

BACA JUGA :
Penyakit Kaki Gajah, Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya
Apa Itu Vitiligo, Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya
Cerebral Palsy Adalah? Penyebab, Gejala dan Cara Menangani

Gejala Batu Ginjal

Sebenarnya batu ginjal bisa tanpa keluhan. Namun setidaknya ada 8 gejala batu ginjal yang harus kita cermati. Gejala batu ginjal yang pertama adalah nyeri ginjal (gejalanya terasa di pinggang dan tidak menjalar. Nyeri ginjal disebabkan regangan kapsul ginjal dan berhubungan dengan rasa mual dan muntah). Gejala batu ginjal yang kedua adalah urgensi (rasa ingin kencing dan terasa sakit). Gejala batu ginjal yang ketiga adalah polakisuria (frekuensi kencing yang lebih sering dari biasanya).

Gejala batu ginjal yang keempat adalah anuria atau oliguria (anuria adalah kondisi produksi air seni kurang dari 200 cc/hari. Sedangkan oliguria adalah kondisi produksi air seni kurang dari 400 ml/hari). Gejala batu ginjal yang kelima adalah nyeri kolik (gejalanya di salah satu sisi pinggang atau perut, dapat menjalar, muncul dan hilang mendadak, serta intensitasnya kuat). Gejala batu ginjal yang keenam adalah nyeri kandung kemih (terasa di bawah pusar). Gejala batu ginjal yang ketujuh adalah disuria (rasa nyeri saat kencing atau sulit kencing). Dan gejala batu ginjal yang kedelapan adalah hematuria (adanya darah atau sel darah merah di air seni).

Cara Mengobati Batu Ginjal

Biasanya untuk mengobati batu ginjal dokter akan merekomendasikan pemberian cairan, antispasmodik golongan alfa bloker, antispasmodik penghambat saluran kalsium, dan antinyeri.

Cara Mencegah Batu Ginjal

Ada beberapa cara mencegah batu ginjal. Cara yang pertama adalah meminum air putih minimal 2,3 liter hingga 3,3 liter per hari. Cara yang kedua adalah membatasi protein hewani. Cara yang ketiga adalah melakukan diet rendah purin dengan mengurangi konsumsi sarden, otak, kerang, dan jeroan. Cara yang keempat adalah mengurangi konsumsi jus anggur dan apel serta memperbanyak konsumsi vitamin B6, minuman jeruk, minyak ikan, sambang getih, keji beling, tempuyung, gempur watu, dan srigunggu.

Cara yang kelima adalah membatasi konsumsi garam dapur. Cara yang keenam adalah melakukan diet rendah oksalat seperti mengurangi konsumsi sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, teh, cokelat, dan stroberi. Cara yang terakhir adalah memperbanyak konsumsi kangkung, bayam, kacang panjang, gandum, beras, dan buncis.

Semoga ulasan mengenai Gejala Batu Ginjal, Penyebab dan Cara Mengobati, bermanfaat buat sobat burangir.com

Artikel Kesehatan - Gejala Batu Ginjal, Penyebab dan Cara Mengobati, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response