Cara Membersihkan Telinga
Bila Anda memang ingin membersihkan telinga dengan cotton bud, bersihkan saja bagian luar atau daun telinga saja.

Intip Cara Membersihkan Telinga Secara Aman Yuk!

By - On 18 February 2017 - Categories : Kesehatan

Cara Membersihkan telinga – Pernahkah  Anda mengalami rasa gatal yang terjadi pada lubang telinga? Lalu hal apakah yang biasanya Anda lakukan untuk membersihkan telinga dengan segera? Kebanyakan orang akan langsung membersihkan telinga dengan benda apa saja yang dirasa bisa menembus bagian yang terasa gatal, baik itu dengan menggunakan cotton bud ataupun jepit dari besi.

Well, faktanya, cara membersihkan telinga dengan kedua benda ini dapat berisiko untuk semakin mendorong kotoran telinga masuk ke dalam, lho! Oleh karena itu, bila Anda memang ingin membersihkan telinga daengan cotton bud, bersihkan saja bagian luar atau daun telinga saja. Lalu bagaimana cara membersihkan bagian dalam telinga?

Cara Membersihkan Telinga Bagian Dalam

Menurut Brett Levine, MD, spesialis THT di Torance, California, cara untuk membersihkan telinga bisa dilakukan dengan membiarkan air masuk ke telinga pada saat Anda mandi, kemudian miringkan kepala untuk membuang airnya.

Namun, pastikan air yang Anda gunakan untuk membersihkan telinga ini adalah air hangat karena penggunaan air dingin atau air terlalu panas bisa menyebabkan Anda mengalami vertigo. (Baca Juga : Apa Itu Vitiligo, Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya)

Lalu bagaimana cara membersihkan kotoran telinga yang sudah mengering, bahkan mengeras? Well, sebaiknya Anda menggunakan earwax remover untuk membersihkan telinga.

Bila digunakan dengan benar, alat ini mampu untuk melunakkan kotoran sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Namun, bila tidak memiliki earwax remover, Anda juga dapat menggunakan beberapa tetes mineral atau minyak baby oil ke dalam telinga.

Tunggulah selama 1 hingga 2 detik hingga minyak tersebut mampu melarutkan kotoran, lalu miringkan kepala ke sisi sebaliknya sehingga kotoran keluar dengan sendirinya dari telinga.

Nah, bagaimana bila semua cara membersihkan telinga tersebut tidak berhasil juga untuk meredakan gatal atau ganjalan yang terasa ada dalam telinga? Well, mungkin ini adalah waktu bagi Anda untuk mengunjungi dokter spesialis THT untuk membersihkan kotoran telinga.

Dokter THT akan bantu untuk menyedot, mengorek, atau meraih sesuatu yang dapat bantu Anda untuk membersihkan telinga.

Nah, itulah cara-cara aman membersihkan telinga yang bisa Anda lakukan saat merasakan ada sesuata yang mengganjal pada indera pendengaran Anda. Selain itu, pastikan Anda tidak keseringan untuk membersihkan telinga agar tidak terjadi pertumbuhan bulu-bulu yang merangsang penumpukan kotoran pada telinga.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - Intip Cara Membersihkan Telinga Secara Aman Yuk!, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response