Bahayakah, Cegukan Pada Bayi Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

By On Friday, February 17th, 2017 Categories : Kesehatan

Cegukan Pada Bayi Dan Bagaimana Cara Mengatasinya
Cegukan pada bayi terjadi dikarenakan adanya kontraksi pada sekat rongga badan yang memisahkan antara rongga dada dan rongga perut / diafragma.

Cegukan Pada Bayi – Bagi seorang ibu terutama bagi ibu yang pertama kali memiliki bayi, pasti terkadang ada rasa khawatir ketika bayi mengalami cegukan. Cegukan yang terjadi pada bayi terjadi bukan karena si bayi mengidap atau terdiagnosa penyakit tertentu.

Melainkan cegukan yang terjadi pada bayi dikarenakan adanya kontraksi pada sekat rongga badan yang memisahkan antara rongga dada dan rongga perut / diafragma. Dan bunda jangan khawatir kalau cegukan yang terjadi pada anak anda bukanlah sesuatu yang berbahaya.

Baca Juga : Makanan Sehat Bayi yang Terbaik Di Usia 9 Bulan

Cegukan yang terjadi pada bayi biasanya akan hilang dengan sendirinya, untuk bayi yang mengalami cegukan bunda bisa memberinya air hangat dan untuk bayi yang sudah agak besar bunda bisa memberikan gula pasir tanpa dicairkan yaitu sebanyak 1 sdt.

Apabila cegukan masih berlanjut dan dalam kondisi yang tidak normal, bunda bisa membawa bayi anda untuk segera di bawa ke dokter. Tapi bunda jangan khawatir kalau bayi bunda mengalami cegukan karena cegukan tidak berbahaya bagi bayi anda dan disini kami akan memberikan tips cara mengatasi cegukan pada bayi bunda :

Bahayakah, Cegukan Pada Bayi Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

  • Saat Menyusui, Bayi Mengalami Cegukan

Bayi mengalami cegukan pada saat bunda menyusui ? bunda jangan panik dan bunda dapat mengganti posisi untuk menyusui bayi bunda dan teruslah menyusui bayi bunda hingga cegukan yang terjadi pada bayi bunda benar benar sudah tidak ada.

  • Perhatikan Bayi Bunda

Sesekali perhatikanlah bayi bunda dan apakah bayi bunda ketika meminum ASI pada keadaan tenang atau terlalu tergesa gesa yang nantinya akan membuat udara masuk ke dalam diafragma.

  • Saat Menyusui Perhatikan Posisi Bayi

Bayi bunda bisa mengalami cegukan bisa jadi karena ketika bunda memberikan ASI pada bayi bunda posisinya kurang tepat dan tidak nyaman bagi bayi bunda. Jadi usahakan untuk bunda mengatur posisi sehingga bayi bunda bisa nyaman saat meminum ASI.

  • Sandarkan Bayi

Jika bayi bunda masih belum berhenti cegukan, bunda bisa menyandarkan bayi tegak menghadap bunda serta kepala di bahu bunda dan tepuk tepuk punggung si bayi dengan lembut dengan cara ini akan mendorong udara untuk ke atas sehingga hal ini bisa menghentikan cegukan dan lakukan hal ini hingga cegukan benar benar sudah berhenti.

  • Cek Jenis Botol Dot

Perhatikanlah botol dot si bayi, apakah botol dot bayi anda memiliki regulator serta lubang pada botol dot bayi dan tips bagi bunda pilihlah botol dengan lubang dot yang memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga si bayi dapat mengatur ritme ketika minum susu sehingga tidak terjadi cegukan.

  • Secara Perlahan Berikan Makanan Pendamping ASI

Pada bayi yang sudah mendapatkan makanan pendamping ASI, berikanlah bayi bunda dengan makanan dengan jumlah sedikit demi sedikit dan juga perlahan demi perlahan supaya bayi bunda tidak tersendat.

Bagaimana bun sudah tahu kalau cegukan tidak berbahaya bagi bayi bunda dan bunda sekarang sudah tahu kan cara mengatasi cegukan pada bayi bunda. Demikianlah informasi tentang bahayakah cegukan pada bayi dan bagaimanakah cara mengatasinya yang dapat kami sampaikan kepada anda.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - Bahayakah, Cegukan Pada Bayi Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response