Zat Makanan Yang Dibutuhkan Wanita Hamil
Zat Makanan Yang Dibutuhkan Wanita Hamil

Zat Makanan Yang Dibutuhkan Wanita Hamil

By - On 12 June 2017 - Categories : Kesehatan, Parenting

Zat Makanan Yang Dibutuhkan Wanita Hamil – Pemenuhan gizi ibu hamil adalah yang terpenting pada masa kehamilan. Dengan mendapatkan gizi yang seimbang dan baik, ibu hamil dapat mengurangi resiko kesehatan pada janin dan sang ibu. Oleh sebab itu, memperhatikan asupan makanan dan juga nutrisi sangat penting dilakukan oleh ibu hamil maupun keluarganya.

Gizi ibu hamil sebetulnya tidak jauh dari gizi untuk pola makanan sehat.Hanya saja, adanya janin di kandungan mengharuskan ibu hamil ekstra hati-hati dalam mengkonsumsi. Misalnya, kopi atau teh yang tidak berdampak langsung pada seorang wanita, tetapi pada ibu hamil akan mengurangi asupan zat besi bagi janin.

Zat makanan apa saja yang termasuk gizi ibu hamil. Berikut ini adalah penjelasnya.

Zat Makanan Yang Dibutuhkan Wanita Hamil

1. Protein

Ibu hamil membutuhkan 75 gr protein setiap hari, atau 25 gr lebih banyak dari yang lain. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan pada janin. Menambahkan protein ke dalam makanan merupakan cara yang efektif untuk menambah kalori sekaligus memenuhi kebutuhan protein.

Protein bisa didapat dari produk hewani (daging, ikan, telur, susu dll) dan produk tumbuhan (tahu, tempe, kacang-kacangan, dll).

2. Asam Folat

Asam Folat merupakan vitamin B yang memegang peranan penting dalam perkembangan embrio, juga membantu mencegah cacat pada otak dan tulang belakang. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kelahiran prematur, bayi dengan berat badan lahir rendah dan pertumbuhan janin kurang.

Ibu hamil membutuhkan 600 mg asam folat. Selain dari suplemen, asam folat dapat diperoleh dari sayuran berwarna hijau, jus jeruk, buncis, kacang-kacangan dan roti gandum.

3. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin yaitu protein di sel darah merah yang berperan membawa oksigen ke jaringan tubuh. Selama kehamilan, volume darah bertambah untuk menampung perubahan pada tubuh ibu dan pasokan darah bayi.

Hal ini menyebabkan kebutuhan zat besi bertambah sekitar dua kali lipat. Jika kebutuhan zat besi tidak tercukupi, ibu hamil akan mudah lelah dan rentan infeksi, juga berresiko melahirkan bayi prematur dan berat badan lahir rendah.

Kebutuhan zat besi selama kehamilan adalah 27 mg sehari. Secara alami, zat besi dapat diperoleh dari daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan.

Demikian ulasan mengenai Zat Makanan Yang Dibutuhkan Wanita Hamil, semoga bermanfaat.

купить кресло мешок в украине

Artikel Kesehatan, Parenting - Zat Makanan Yang Dibutuhkan Wanita Hamil, is Posted Under Tags: , , , , , , , , , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response