Seberapa Banyak Minum Air Putih Supaya Sehat?
Tidak peduli bagaimana diet harian Anda, jika Anda seorang yang selalu berkeringat karena berolahraga atau selalu terkena cuaca panas, Anda perlu minum air secukupnya

Seberapa Banyak Minum Air Putih Supaya Sehat?

By - On 5 October 2017 - Categories : Kesehatan

Banyak yang bingung dan bertanya-tanya, harusnya seberapa banyak minum air putih supaya sehat? Ada yang berkata sebanyak 1 liter. Ada yang berkata Minum setidaknya 2 liter per hari.  Sebenarnya, berapa jumlah air yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik?

Jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada situasi masing-masing termasuk dari melihat asupan makanan harian Anda.

 

Ukuran Banyaknya Minum Air Putih Supaya Sehat

Dilihat Dari Aktifitas Olah Raga

Kegiatan berolahraga dan juga lingkungan. Apa yang Anda butuhkan adalah cairan yang cukup untuk menggantikan apa yang hilang setiap hari baik dalam bentuk keringat, urine, pernapasan, dan proses tubuh yang lain. Itu semua membutuhkan 8 – 10 gelas setiap hari.

Dari Jenis Makanan Yang Di Asup

Jika Anda banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung jumlah air yang banyak seperti sayuran dan buah-buahan serta serat penuh yang mengandung sekitar 4 cangkir cairan, Anda harus menambahkan setidaknya 4 – 6 gelas lagi air.

Seberapa Banyak Minum Air Putih Supaya Sehat?

Asupan Bumbu dan Garama Pada Makanan

Jika Anda tidak banyak menggunakan garam atau bumbu di dalam masakan Anda, kebutuhan untuk minum air lebih rendah. Sebaliknya, jika menambahkan asupan garam dan bumbu dalam makanan, Anda harus minum beberapa gelas air dalam sehari.

Kondisi Tubuh (Berkeringat Atau Karena Cuaca)

Tidak peduli bagaimana diet harian Anda, jika Anda seorang yang selalu berkeringat karena berolahraga atau selalu terkena cuaca panas, Anda perlu minum air secukupnya untuk tubuh Anda atau makan makanan yang mengandung air dibandingkan mereka yang kurang berkeringat. Jika Anda telah minum 8 – 10 gelas sehari dan Anda masih merasa haus juga, sebaiknya anda perlu minum lebih banyak.

Dari Warna Urine

Ada juga yang berpendapat warna urine juga dapat menandakan apakah seseorang itu sedang dehidrasi atau tidak. Jika warna urine Anda jernih, itu menunjukkan bahwa tubuh Anda terhidrasi dengan baik sementara warna urine yang kekuningan menunjukkan Anda perlu lebih banyak air untuk sistem tubuh yang lebih baik.

Tetapi Tetaplah Hati Hati Akan Ginjal Anda

Ingat! Jika tubuh kita minum air terlalu banyak, ginjal kita akan cepat rusak sebab ginjal akan bekerja lebih dari biasa. Air yang banyak diminum akan membuat ginjal kita bekerja lembur. Makin lama, ginjal akan cepat rusak karena terlalu sering mengolah air yang diminum dan akhirnya anda menderita sakit ginjal.

Sederhananya minumlah air di antara 2-4 liter sehari. Karena itu anjuran kesehatan.

Semoga ulasan Ukuran Banyaknya Minum Air Putih Supaya Sehat diatas bermanfaat dan salam burangir.

Artikel Kesehatan - Seberapa Banyak Minum Air Putih Supaya Sehat?, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response