Tips Wawancara Kerja Agar Peluang Lolos Wawancara Kerja Anda Lebih Besar !

By On Monday, April 10th, 2017 Categories : Edukasi

Tips Wawancara Kerja
Tahap wawancara kerja sering menjadi momok bagi pelamar kerja. Simak tips tips wawancara kerja berikut agar peluang lolos wawancara kerja Anda lebih besar!

Tips wawancara kerja – Mendapatkan pekerjaan idaman adalah hal yang diinginkan setiap orang. Apalagi di masa kini di mana peluang kerja semakin sedikit. Anda harus bersaing dengan banyak kandidat lain untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang Anda inginkan. Demi mendapatkan sumber daya terbaik, maka perusahaan melakukan penyaringan melalui beberapa tes kerja, termasuk wawancara kerja.

Mungkin orang masih merasa santai saat menghadapi tahap seleksi CV dan lamaran kerja ataupun tes tulis. Namun, saat wawancara, banyak orang akan merasa nervous atau gugup yang mengakibatkan penampilan mereka menjadi tidak maksimal. Ada juga yang karena senang sekaligus bingung akhirnya tidak memberikan jawaban terbaik pada tahap wawancara ini.

Baca Juga :
Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik dan Mengesankan
Tips Cepat Naik Jabatan
Tips Surat Pengunduran Diri Atau Resign Dari Pekerjaan

Agar Anda lebih matang dalam mempersiapkan diri Anda sebelum melalui tahap ini, maka kami mengumpulkan tips wawancara kerja yang bisa Anda coba untuk memenangkan tahap ini dengan sukses. Yuk simak apa saja tips-tips tersebut :

Tips Wawancara Kerja Agar Peluang Lolos Wawancara Kerja Anda Lebih Besar

  1. Riset Perusahaan

Agar tidak gagal wawancara kerja, Anda perlu melakukan riset. Lakukan riset profil perusahaan agar Anda bisa lebih memahami tentang bisnis dan apa saja yang dilakukan oleh perusahaan tempat Anda melamar. Pihak perusahaan akan merasa senang bila mengetahui Anda terlihat antusias dan mengenal perusahaan tersebut dengan baik.

Sebisa mungkin Anda juga harus mengetahui lokasi kantor perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda bisa datang lebih pagi di hari wawancara Anda. Usahakan Anda telah tiba sekitar 10-15 menit sebelum wawancara kerja di mulai. Dengan mengetahui lokasi kantor secara tepat Anda tidak akan repot mencari-cari alamat menjelang sesi interview dilaksanakan.

  1. Bersikap Baik dan Sopan

Salah satu kiat sukses wawancara kerja adalah bersikap baik dan sopan. Maksudnya, kita harus bersikap baik terhadap siapa saja yang kita temui di lokasi wawancara kerja tersebut, termasuk satpam kantor dan pelamar kerja yang lain. Berpenampilan sopan juga penting, seperti dengan memakai baju sopan, bukan kaus dan celana jeans kecuali jika memang diminta.

  1. Berbicara dengan Semangat dan Jelas

Saat menjawab pertanyaan dari pewawancara, usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan wawancara kerja dengan intonasi yang jelas dan cukup keras untuk didengar. Bukan berarti Anda harus berteriak, namun pastikan bahwa lawan bicara Anda dapat menangkap maksud Anda dengan baik. Berikan pula kesan bahwa Anda antusias untuk bergabung di perusahaan ini dari nada bicara yang Anda gunakan.

  1. Hindari kata “Pokoknya” dan “Tidak Mampu”

Menurut tips yang ada di situs Liputan 6, menggunakan kata “pokoknya” ketika wawancara kerja memberikan kesan bahwa Anda tidak kompeten dan berusaha menutupi kelemahan Anda di bidang yang sedang dibicarakan tersebut. Sedangkan kata “tidak mampu” mengesankan bahwa Anda telah gagal. Bila memang Anda tidak menguasai suatu bidang, katakana bahwa Anda belum pernah menangani bidang tersebut sebelumnya.

Sering kali kita berfikir-fikir dulu untuk setiap pertanyaan yang akan menguji kompeten kita, dan dengan pertanyaan tersebut sering kali kita juga hampir atau bahkan sudah keceplosan mengucapkan kata tidak/ tidak mampu untuk menangani pekerjaan di bagian tersebut. maka dari itu, lebih baik hilangkan kata “tidak” saat anda interview, ini juga akan membantu anda bia lebih menjamin untuk diterima oleh perusahaan tersebut.

  1. Berlatih Wawancara

Rasa nervous kerap menghampiri ketika seseorang akan melakukan tahap wawancara kerja. Agar sukses wawancara kerja, maka beberapa hari sebelum wawancara berlangsung Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk mewawancarai Anda. Mintalah tolong pada teman yang bisa memberikan masukan objektif untuk berlatih wawancara dengan Anda.

  1. Jadilah Positif

Selalu bersikap dan berpikir positif. Jika pewawancara menanyakan tentang nilai Anda yang tidak terlalu baik atau kelemahan Anda, usahakan untuk menjawabnya dengan tetap memunculkan kesan positif di dalamnya. Deskripsikan pula skill dan pengalaman Anda yang sesuai dengan job desc dari posisi yang Anda lamar. Ini penting karena perusahaan membutuhkan orang yang tahu akan kemampuannya sendiri dan bisa mengatasi masalah mereka.

Yap, itulah tips wawancara kerja yang bisa Anda coba jika suatu saat Anda mendapatkan panggilan untuk tes dari perusahaan yang Anda inginkan. Semoga berhasil ya!

Artikel Edukasi - Tips Wawancara Kerja Agar Peluang Lolos Wawancara Kerja Anda Lebih Besar !, is Posted Under Tags: , , , , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response