Tips Sehat Memasak Mie Instan
Sebagian besar masyarakat kita, paling suka berbagai kegiatan yang sifatnya yang praktis dan dapat dilakukan dengan cepat. Dari makanan pun juga sangat suka yang sifatnya praktis dan mudah di buat. Salah satunya yaitu mie instant. (Img. Dream.co.id)

Tips Sehat Memasak Mie Instan

By - On 1 July 2017 - Categories : Kesehatan

Bagaimana sebenarnya memasak mi instan yang sehat, berikut kita bahas tips sehat memasak mie instan, tetapi sebelumnya untuk menambah sedikit wawasan anda, kita jelaskan dahulu Apa itu mi Instan.

Mi instan diciptakan oleh Momofuku Ando pada 1958, yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi produk mi instan pertama di dunia Chicken Ramen (ramen adalah sejenis mi Jepang) rasa ayam. Peristiwa penting lainnya terjadi pada 1971 ketika Nissin memperkenalkan mi dalam gelas bermerek Cup Noodle. Kemasan mi adalah wadah styrofoam tahan air yang bisa digunakan untuk memasak mi tersebut. Inovasi berikutnya termasuk menambahkan sayuran kering ke gelas, melengkapi hidangan mi tersebut. Menurut sebuah survei Jepang pada tahun 2000, mi instan adalah ciptaan terbaik Jepang abad ke-20, (Karaoke di urutan kedua dan CD hanya di urutan ketiga). Hingga 2002, setidaknya ada 55 juta porsi mi instan dikonsumsi setiap tahunnya di seluruh dunia. (WIKIPEDIA)

Sebagian besar masyarakat kita, paling suka berbagai kegiatan yang sifatnya yang praktis dan dapat dilakukan dengan cepat. Dari makanan pun juga sangat suka yang sifatnya praktis dan mudah di buat. Salah satunya yaitu mie instant. Makanan yang satu ini sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat kita. Tapi tahukah anda, ternyata mie instant sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh anda, jika tidak di masak dengan benar. Lalu, bagaimana tips memasak mie instan yang benar…???

Baca Juga : 5 Makanan Sehat untuk Pertumbuhan Anak

Tips Sehat Memasak Mie Instan

  • Panaskan dua gelas air sampai mendidih dalam panci.
  • Setelah benar-benar mendidih, masukkan mie instan ke dalam panci dan aduk terus selama 90 detik. Ini untuk membuat zat-zat kimia dalam mie instan seperti zat lilin, bahan pengawet dan zat pewarna terlepas dari mie.
  • Ambil mie yang telah diaduk, sementara air rebusan yang berwarna kekuningan tadi dibuang? Karena mengandung zat-zat kimia yang berasal dari mie.
  • Panaskan lagi dua gelas air sampai mendidih, kemudian masukkan kembali mie sebelumnya, dan aduk lagi selama 90 detik agar zat kimia yang tersisa benar-benar hilang.
  • Angkat kembali mie, dan buang air rebusannya.
  • Jika anda memasak mie goreng, mie dapat langsung dicampurkan dengan bumbu-bumbunya untuk kemudian disajikan.
  • Sementara bila yang dimasak adalah mie rebus, maka masukkan mie tadi dalam mangkuk kemudian beri air panas dari termos secukupnya, kemudian campurkan dengan bumbu-bumbu sebelum disajikan.

Tips Sehat Memasak Mie InstanUntuk mengkonsumsi mie instan secara sehat, anda jangan memasak mie bersama bumbunya. Bumbu untuk mie instan umumnya mengandung MSG, sehingga berpotensi menjadi karsinogen pembawa kanker jika dimasak dalam suhu di atas 120 derajat Celcius.

Bagi yang mengidap darah tinggi, sebaiknya jangan gunakan bumbu yang terdapat dalam mie instan, karena akan meningkatkan tekanan darah tinggi? Hampir sama seperti bila mengkonsumsi ikan asin.

Mie instan juga sebaiknya dihindari bagi yang menderita gangguan lambung, karena makanan ini mengandung ragi yang akan menambah gas di lambung, dan menyebabkan kumatnya penyakit.

Seperti itulah tips sehat memasak mie instan. Semoga dengan tips diatas anda terhindar dari penyakit yang di sebabkan dari makanan yang praktis.

Artikel Kesehatan - Tips Sehat Memasak Mie Instan, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response