Tips Naik Jabatan
Dan siap-siap, di saat yang bersamaan mungkin juga sang atasan sudah berencana menaikan jabatan anda sebelum diminta.

Baca Artikel ini Kalau Anda Adalah Seorang Karyawan Kantor yang Ingin Cepat Naik Jabatan

By On Friday, February 3rd, 2017 Categories : Edukasi, Inspirasi

Ketika anda cukup lama menjalani profesi sebagai karyawan kantoran tentu pernah terlintas di benak keinginan naik jabatan yang lebih tingggi.

Bagaimana tidak ?…. Naiknya kedudukan di perusahaan serta bertambahknya gaji anda per bulan akan menunjang financial yang lebih baik.

Tapi sayangnya, semua ini tidak bisa diwujudkan dengan mudah karena bukan kita yang menetapkan kelayakan naik jabatan. Seorang atasanlah yang berhak menetapkan kriteria yang layak.

Nah sekarang yang jadi pertanyaan, kiteria seperti apa yang harus dipahami untuk bisa naik jabatan ?

Layakkah anda naik jabatan berdasarkan kriteria tersebut ?

Setelah membaca artikel ini, anda akan bisa lebih mengembangkan diri dan mengetahui bagaimana sikap seharusnya agar bisa dipromosikan untuk naik jabatan.

Langsung saja inilah yang pertama.

Sebelum anda memposisikan diri untuk naik jabatan, yang terpenting dilakukan adalah memberi umpan sebelum mengajukan promosi naik jabatan.

Seperti halnya orang memancing pasti perlu adanya umpan untuk membuat ikan tertarik memakan kail yang kita pasang di umpan.

Dalam hal ini…..umpan adalah sebuah hasil kinerja yang selalu konsisten dan lebih baik dari karyawan pada umumnya.

Ini dimaksudkan agar ketika atasan melihat anda, ia akan dengan hati mengajukan anda naik jabatan melihat sikap dan kinerja yang sudah dilakukan.

Ingat, jadikan diri sendiri layak dulu sebelum anda mengajukannya.

Dan siap-siap, di saat yang bersamaan mungkin juga sang atasan sudah berencana menaikan jabatan anda sebelum diminta.

Itu bisa saja terjadi, bagaimana caranya ? Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan.

Tips Naik Jabatan

1. Membangun Pola Pikir

Sebelum menciptakan diri layak memperoleh jabatan lebih tinggi, anda harus yakin dengan langkah yang dijalani dalam mencapai impian naik jabatan.

Ketika seseorang yakin dengan impian dan tujuannya, ia akan melihat optimisme di setiap langkah pencapaiannya.

Jadi keyakinan itu penting, ketika sudah yakin maka jiwa dan raga akan otomatis bergerak melakukan apa yang memang harus dilakukan demi yang dicita-citakan.

Nah selain yakin, anda harus percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

Jangan pernah berpikir “aduh apa saya bisa naik jabatan ya ? Nanti kerjaan akan semakin menumpuk bagaiman ? Apa saya sanggup melewatinya ?”

Seperti kata pepatah “semakin tinggi dan lebat sebuah pohon, semakin kencang angin berhembus” di saat anda memposisikan diri di atas, pasti akan selalu ada tantangan dan tanggung jawab tinggi untuk dipikul.

Masalah bisa atau tidak, itu tergantung diri sendiri. Sama halnya dengan keterikatan pola pikir dan hasil yang akan dicapai.

Ketika pola pikir anda positif bisa melewati segala tantangan dan tanggung jawab, maka jiwa dan raga akan senantiasa mengikuti apa yang dipikirkan.

Tapi jika yang dipikirkan keraguan dan pesimisme, maka jangan salahkan saya anda pasti tidak akan betah dan ragu bertindak seperti yang seharusnya dilakukan.

Ingat,,,ketika anda sesaat saa ragu dan tidak yakin dengan yang diimpikan. Maka pada saat itu juga kesuksesan akan hilang menjauh dari anda.

Saya serius….

Maka saat ini juga bangunlah pribadi yang yakin dan percaya diri atas apa yang diimpikan yaitu naik jabatan. Baru setelah itu anda akan lebih mudah bertindak sesuai apa yang memang harus dilakukan.

2. Lakukan yang Terbaik

Menjalankan pekerjaan dengan sebaik-baiknya adalah perwujudan bahwa anda serius dalam bekerja.

Kalau anda biasa saja, acuh dalam bekerja atau berpikir “ah kerja ya kerja nanti juga selesai toh akhir bulan juga sama gajian”. Justru akan menciptakan pribadi yang pemalas serta menjauhkan anda dari impian.

Semua orang juga pasti tahu mutu pekerjaan yang baik akan membuat seorang atasan mempercayakan anda melakukan segala pekerjaan yang diberikan.

Sebenarnya apa sih kriteria berkerja sebaik-baiknya ?

Tentu melakukan dan menjalankan pekerjaan sebaik-baiknya anda bekerja. Mulai dari ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan, produktifitas, serta kemampuan menyelesaikan segala pekerjaan yang diberikan

Ditambah lagi perusahaan akan selalu mereview mutu pekerjaan karyawannya “oh ini yang kerjanya rajin, oh ini yang cuma nyantai asal selesai, oh ini yang asal-asalan”.

Anda harus ingat, anda dipantau setiap waktu. Perusahaan hanya butuh orang yang memang professional serta bekerja dengan kinerja terbaik.

Jadi jangan salahkan saya, jika anda bukan dan tidak bisa melakukan yang terbaik…..

Bagaimana anda bisa dikatakan layak memposisikan diri naik jabatan dari segi kinerja ?

3. Kreatif dan Inovatif Menyalurkan Ide

Bekerja ya bekerja tapi jangan posisikan diri seperti robot yang hanya bergerak jika diperintah.

Semua robot itu sama, mereka diprogram untuk menjalankan perintah penciptanya tapi tidak bisa berinovasi mengembangkan perusahaan.

Sebagai karyawan yang mempunyai potensi menduduki posisi lebih tinggi, anda diwajibkan selalu menyalurkan ide-ide demi kemajuan perusahaan.

Nah dari ide-ide itu juga merupakan bukti bahwa anda memang memiliki potensi dan berprestasi.

Siapa sih atasan atau bos besar sekalipun yang tidak suka anak buahnya rajin memberikan ide-ide positif membangun ?

Semakin ide-ide anda membuat perusahaan maju, semakin anda dibutuhkan untuk perusahaan ini.

Ketika kehadiran ada selalu dibutuhkan di perusahaan, maka bukan hal sulit tentunya untuk naik jabatan.

Dan tidak ada yang sia-sia ketika melakukannya, justru popularitas anda akan semakin naik dan dikenal oleh bos besar. Karena anda adalah sosok penting yang haram disia-siakan perusahaan.

4. Siap Sedia Menghadapi Segala Tantangan

Hal yang mustahil jika seorang karyawan tidak pernah menghadapi tantangan dan tekanan dalam bekerja.

Menyelesaikan laporan secpet mungkin, menyiapkan data penting mendadak atau bahkan tiba-tiba dituntut menyelesaikan pekerjaan yang lebih berat.

Disaat menghadapi situasi ini, hanya ada dua kemungkinan yang terjadi. Anda benar-benar melakukan dan menyelesaikannya atau ragu dan takut tidak selesai.

Ingat….hasilnya tergantung apa yang anda pikirkan. Karena keyakinan akan selalu selaras dengan hasil “ketika berpikir dapat melakukannya maka anda akan benar-benar menyelesaikannya”

Sebuah tantangan juga memiliki efek positif pencitraan anda di mata atasan.

Jika anda sanggup menyelesaikan dan menghadapi segala tantangan pekerjaan yang diberikan, maka itu adalah tanda anda mampu dan dapat dipercaya atasan.

Dan ingat, jika anda dipercaya menyelesaikan pekerjaan seberat apapun itu, anda merupakan karyawan yang special tidak seperti karyawan pada umumnya.

Jadi mulai saat ini juga, ketika diberi tugas menyelesaikan pekerjaan yang cukup berat jangan sia-siakan kesempatan ini. Dan bisa jadi pula anda sedang diuji untuk kelayakan menduduki jabatan lebih tinggi.

5. Jadi Terkenal dan Sebarlah Kebaikan

Ingat jangan salah artikan terkenal dengan sesuatu yang populer karena penampilan atau bahkan gaya bicara anda seperti seorang artis.

Jadilah pribadi yang terkenal karena sikap dan prestasi anda di perusahaan.

Mulailah dari hal yang sederhana seperi menyapa rekan kerja atau bos tiap bertemu, ramah diajak berbicara, menolong rekan kerja yang kesusahan,

Sikap yang baik seperti ini wajib dimiliki oleh anda.

“Orang baik akan selalu mendapatkan hasil terbaik”. Ini bukan sekedar pepatah yang sering kita dengar tapi ini memang kenyataan sebenarnya.

Ketika anda terkenal karena hal baik, maka akan ada suatu gaya balik mendorong anda mendapatkan sesuatu yang positif.

Ada sebuah cerita tentang masa SMP saya dulu ketika menjadi anggota OSIS. Pada saat itu saya masih kelas 7 dan satu-satunya yang tidak pernah bolos serta paling dekat dengan teman-teman kakak kelas OSIS.

Padahal disana ada sekitar 9 anak namun mereka jarang berangkat serta kurang menjalin hubungan dengan kakak kelas.

Dan suatu ketika saat ada pemilihan ketua OSIS setahun kemudian, saya kaget karena seketika ditanya oleh pembina OSIS dan ditawari menjadi kandidat ketua OSIS.

Dan yang lebih kagetnya lagi, yang merekomendasikannya adalah semua kakak kelas saya.

Itulah makna menyebar hal positif dengan mendapatkan pencapaian positif.

Jika sekarang anda mempunyai rekan kerja yang baik dan ramah karena kebaikan yang anda tebar, maka jangan kaget. Bisa saja seketika mereka dapat menjadikan anda lebih mudah mendapatkan posisi pekerjaan lebih tinggi.

6. Lakukan yang Disukai Atasan

Inisiatif menjalankan sesuatu yang disukai atasan juga mempunyai potensi besar untuk lebih dikenal dan memiliki kedudukan lebih tinggi di perusahaan.

Namun sebelum melakukannya, cari tau terlebih dahulu tentang sikap atau hal positif yang disukai atasan anda.

Sama halnya melakukan kepentingan positif, seperti atasan yang lebih suka pekerjaan selesai secepat mungkin, menjalankan inisiatif tanpa diperintah atau membersihkan meja kerja.

Coba pikirkan kembali.

Ketika seorang anak melihat lantai kotor dan ia tanpa diperintah langsung membersihkannya, anda sebagai orangf tua apa yang dirasakan mengetahui inisiatif anak anda ini ?

Senang, bangga, lebih percaya pada anak ?

Itu baru satu hal kecil yang dilakukan, coba jika setiap saat anak anda melakukannya.

Walaupun ditinggal pergi pasti anda akan lebih percaya dengan anak anda yang bisa menjaga rumah.

Itulah maknanya, dan ketika anda juga melakukan yang disukai atasan maka kepercayaan untuk menduduki jabatan lebih tinggi pun akan dengan senang hati diberikan.

Kesimpulan….

Dari uraian di atas tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menciptakan diri layak naik jabatan, yang terpenting adalah anda melakukan semua dengan konsisten.

Jangan pernah menunda diri untuk segera action. Selalu yakin dan percaya dengan impian dan rajinlah berdoa untuk kehidupan yang lebih baik.

Disaat anda sudah melakukan ini semua, siap-siap saja mungkin atasan anda sudah berpikir menaikkan jabatan anda.

Dan pada akhirnya hanya ada satu kemungkinan yang terjadi. Jabatan tinggi impian anda hanyalah masalah waktu saja.

Strong and Believe Yourself….

Artikel Edukasi, Inspirasi - Baca Artikel ini Kalau Anda Adalah Seorang Karyawan Kantor yang Ingin Cepat Naik Jabatan, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response