Tips Mudah Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini
Orangtua anak harus selalu memperhatikan perawatan gigi anak.

Tips Mudah Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

By - On 18 February 2017 - Categories : Kesehatan

Tips Mudah Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini – Terdapat beberapa kasus yang terjadi pada anak berhubungun dengan perkembangan kesehatan gigi anak, banyak anak yang malas untuk gosok gigi, dan takut untuk memeriksakan giginya ke dokter. Sehingga perawatannya pun menjadi berkurang.

Orangtua anak harus selalu memperhatikan perawatan gigi anak. Perawatan kesehatan gigi anak harus diperhatikan sejak dini dari usia 0, tidak hanya gigi saja yang harus dirawat, mulutnya juga harus dirawat.

Untuk pemberian susu pada anak, baik itu dalam bentuk susu botol ataupun asi, ibu harus tahu bahwa dalam susu terdapat kandungan asam (laktosa) yang dapat merusak gigi. Pada saat anak menyusu, gigi akan terendam oleh susu terutama jika posisi anak telentang.

Baca Juga :
Tips Membersihkan Gigi Tanpa Harus Ke Dokter Gigi
Tips Cara Sederhana Memutihkan Gigi Kuning

“Kebanyakan gigi yang rusak atau kotor disebabkan oleh susu atau asi, Ibu tidak harus mengurangi porsi susu untuk anak, namun perhatikan cara pemberiannya, jadi pada saat menyusui anak harus didudukan, jangan sambil tidur. Orang tua juga harus duduk. Untuk bayi, sesudah minum susu Gigi anak harus di lap dengan kassa hangat, atau dibilas dengan air putih, hingga susunya tidak membekas dimulut,” tutur drg Laily Kadaryati Sp Rad.

Tips Mudah Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

  1. Bersihkan gigi anak sejak bayi sesering mungkin yaitu, sehabis mengkonsumsi ASI dan makanan tambahan. Gunakan bahan-bahan yang lembut seperti tisu, kasa atau lap lembut.
  2. Ajarkan kebiasaan menggosok gigi dengan cara yang benar. Berikan contoh secara langsung dan jangan memaksa anak untuk menyikat gigi.
  3. Ajarkan pada anak untuk tidak menggosok gigi terlalu menekan karena dapat menyebabkan kerusakan gusi anak.
  4. Cara merawat gigi anak agar tidak mudah retak, hindari minuman dingin setelah makan makanan panas atau sebaliknya.
  5. Beritahu pada anak tentang manfaat meminum air putih dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi secara alami.
  6. Biasakan anak untuk mengunyah makanan menggunakan gigi geraham kanan dan kiri secara seimbang. Tujuannya agar pertumbuhan rahang sempurna.
  7. Jangan biarkan anak menggigit dan merobek kemasan jajanan memakai gigi karena selain menimbulkan nyeri, hal ini bisa membuat gigi anak goyang.

Salam Sehat

Artikel Kesehatan - Tips Mudah Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response