Tips Merawat Rambut
Rambut setiap orang berbeda-beda, tapi akan saya berikan beberapa tips yang mudah untuk diikuti untuk merawat kesehatan rambut Anda sehingga dapat tampak indah dan menarik. (Img. Google)

Tips Menyehatkan Rambut

By - On 25 June 2017 - Categories : Kesehatan, LifeStyle

Kamu mungkin akan mengabaikan Tips Menyehatkan Rambut ini, karena mengira bahwa hal ini terlalu mudah dan selalu Anda lakukan bahkan mungkin setiap hari. Merawat kesehatan rambut. Tapi dibalik perawatan-perawatan rambut yang sudah Anda lakukan, Anda mungkin melakukan beberapa kesalahan kecil saat melakukannya.

Seperti halnya mengendarai motor, banyak yang bingung untuk menjelaskan bagaimana caranya untuk menyalakan dan menghentikan motornya. Adalah kebiasaan manusia selalu mudah melupakan hal yang sudah menjadi kebiasaan sehari-harinya

Rambut setiap orang berbeda-beda, tapi akan saya berikan beberapa tips yang mudah untuk diikuti untuk merawat kesehatan rambut Anda sehingga dapat tampak indah dan menarik.

1. Mulai ubah kebiasaan mencuci rambut setiap hari

Mencuci rambut setiap hari itu pemborosan

Mencuci rambut setiap hari itu pemborosan

Kebanyakan dari kita tidak perlu mencuci rambut mereka setiap hari. Jika Anda melakukannya, hal itu bisa dikarenakan Anda menggunakan produk shampo yang kurang tepat untuk tipe rambut dan kulit kepala Anda. Selain boros mencuci rambut setiap hari atau bahkan setiap mandi juga tidak dirasakan banyak manfaatnya.

2. Gunakan shampo pada kulit kepala Anda dan pijat secara lembut

Mulai dari kulit kepala ke arah ujung rambut

Mulai dari kulit kepala ke arah ujung rambut

Bagi Anda yang berambut panjang, jangan biasakan menumpuk rambut Anda ke atas kemudian menggosoknya, hal ini hanya akan mengakibatkan rambut Anda kusut dan saling menyimpul. Gosok secara perlahan shampo yang sudah diaplikasikan pada kulit kepala ke arah ujung rambut, kemudian bilas secara merata

3. Lupakan banyak sedikitnya buih yang muncul, lalu mengulangi mencucinya lagi

Lupakan banyak sedikitnya buih yang muncul

Lupakan banyak sedikitnya buih yang muncul

Ini hanyalah ide marketing dari produk-produk shampo agar Anda menggunakan lebih banyak shampo daripada yang seharusnya Anda gunakan. Cukup bubuhkan shampo seperlunya dan cuci rambut Anda sekali saja.

4. Tapi Anda lebih suka merasakan sensasi “bersih” ketika mencucinya dua kali kan?

Gunakan shampo pembersih

Gunakan shampo pembersih

Jika Anda menggunakan produk dengan kandungan silikon dan wax yang cukup banyak, cobalah untuk mencuci rambut Anda dengan shampoo pembersih sekali atau dua kali dalam sebulan selain shampo normal yang biasa Anda gunakan

5. Bagi Anda yang berambut keriting, Anda mungkin akan memilih untuk tidak mencuci rambut Anda dengan shampo.

Membersihkan rambut dengan kondisioner saja

Membersihkan rambut dengan kondisioner saja

Kedengarannya aneh memang tetapi rambut keriting biasanya sangat kering, sehingga mencucinya dengan menggunakan kondisioner saja akan memberikan sensasi yang lebih segar tanpa perlu mengeringkannya.

6. Pernah merasakan gatal seusai Anda mencuci rambut Anda?

Rambut gatal seusai keramas

Rambut gatal seusai keramas

Hentikan penggunaan kondisiner ke akar rambut dan kulit kepala Anda. Mulailah dari bagian tengah jika rambut Anda panjang, sisir dengan menggunakan tangan secara lembut ke arah akar rambut dan ke pangkal rambut Anda, diamkan setidaknya selama satu menit. Lebih lama maka lebih baik.

7. Bilas dengan menggunakan air dingin

Membilas rambut dengan air dingin

Membilas rambut dengan air dingin

Pastikan Anda menghilangkan semua kondisioner dan basuhlah rambut Anda dengan air dingin. Membasuhnya dengan air dingin akan menutup kutikula kulit dan menjaga kelembaban setiap helai rambut Anda. Tidak masalah jika saat keramas Anda menggunakan air hangat, tapi pastikan untuk mengakhirinya dengan air dingin.

8. Jangan sembarangan menyisir rambut Anda ketika basah

Menyisir rambut setelah keramas

Menyisir rambut setelah keramas

Ketika rambut Anda basah mungkin Anda akan merasa kesulitan untuk menyisirnya. Jika Anda memaksakan menyisir rambut Anda dalam keadaan basah, usahakan untuk menggunakan sisir dengan rongga gigi yang lebar sehingga tidak merusak rambut Anda. Sisir dengan rongga gigi yang kecil sebaiknya hanya digunakan ketika rambut Anda sudah dalam keadaan kering saja.

9. Mengeringkan rambut dengan handuk secara benar

Mengeringkan rambut dengan benar

Mengeringkan rambut dengan benar

Mulai biasakan untuk tidak menggosok rambut Anda yang basah dengan handuk. Rambut yang panjang terutama, akan mudah rusak dan terlihat kusam jika Anda menggosoknya dengan handuk dalam keadaan basah. Remaslah kelebihanair pada rambut Anda dengan handuk dan biarkan mengering dengan sendirinya. Menggunakan kipas atau hairdryer bisa menjadi opsi yang cukup baik dibandingkan dengan menggosoknya menggunakan handuk selama penggunaan kipas dan hairdryer tersebut digunakan secara benar dan tidak berlebihan.

10. Treatment/perawatan

Perawatan rambut

Perawatan rambut

Masker dan perawatan rambut sangat baik dan perlu bagi Anda yang sering menggunakan catok atau mewarnai rambut Anda. Meskipun Anda tidak sering menata rambut Anda dengan catok maupun mewarnai rambut Anda, ada baiknya juga mencoba menggunakan masker rambut karena kandungan didalamnya yang akan menyehatkan dan melembabkan rambut Anda. Penggaplikasian masker rambut yang baik adalah diantara keramas dan penggunaan kondisioner sehingga Anda dapat keluar dari kamar mandi dan melakukan aktifitas lainnya di rumah. Tapi ini bukanlah suatu keharusan.

Dari semua tips yang saya sampaikan, kembali pada diri Anda untuk melakukannya atau tidak. Semoga tips yang saya berikan dapat bermanfaat.?

Sumber : CLICK

Artikel Kesehatan, LifeStyle - Tips Menyehatkan Rambut, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response