Tips Menjadi Kreatif Tanpa Harus Berpikir Kreatif
Think Creative - Img : YourStory.com

Tips Menjadi Kreatif Tanpa Harus Berpikir Kreatif

By - On 4 March 2017 - Categories : Edukasi, Inspirasi, LifeStyle

Tahukah kamu bahwa terdapat cara untuk menjadi kreatif tanpa harus berpikir kreatif ?

Dari beberapa buku dan artikel yang sudah saya baca, memang terdapat banyak cara untuk menjadi kreatif tanpa banyak usaha. Kebanyakan dari cara-caranya sangatlah umum dan mungkin juga kamu sudah tahu. Inginnya sih saya memberi tahu semua tipsnya, namun kali ini saya akan mencoba berbagi satu tips terlebih dahulu. Langsung saja simak tips menjadi kreatif tanpa harus berpikir kreatif.

MENJADI KREATIF DENGAN MENCURI IDE ORANG LAIN

Orang yang memiliki ide, biasanya adalah orang yang kreatif. Nah, kalau kamu ingin menjadi kreatif, curi saja ide dari mereka yang kreatif. Seperti hal yang diungkapkan penyair T.S Elliot, “penyair baru meniru, penyair berpengalaman mencuri, penyair buruk merusak apa yang mereka ambil, dan penyair bagus membuatnya menjadi lebih baik, atau setidaknya berbeda”

“immature poets imitate, mature poets steal; bad poets deface what they take, and good poets make it into something better, or at least something different.”
– T. S. Elliot

Sebagai contoh, di Youtube saat ini banyak sekali orang yang menyanyikan lagu orang lain atau biasa disebut cover song. Ide untuk cover song ini yang saya curi. Jika dia cover song lagu dari artis A, saya bisa cover song lagu dari artis B atau artis lainnya.

Contoh lainnya, Suatu pagi pernah saya di kafe dan mendengarkan perbincangan serius dari meja sebelah. Mereka membicarakan konsep pembuatan website kreatif yang berisi artikel tentang tips, trik dan inspirasi. Tidak hanya konsep isi websitenya saja, pembicaraan pun berlanjut ke siapa target pasar dan bagaimana memasarkannya. Seketika saja saya pulang, setelah cukup mendengarkan pembicaraan yang sungguh menarik tentunya. Dan tanpa berpikir panjang, saya langsung menghubungi teman yang biasa membuat web dan mengaplikasikan ide pembicaraan yang saya dengar di kafe pagi itu.

Daripada mencuri ide dari yang ada disekitar kita, ada baiknya untuk lebih mengutamakan mencuri ide dari tempat lain yang jauh. Alasannya sederhana, agar kita tidak dibilang makan temen (pencuri ide teman sendiri) dan juga agar orang lain menilai bahwa kita orang yang kreatif karena mereka tidak tahu dari mana ide itu berasal.

Mencuri ide untuk menjadi kreatif mungkin terkesan bukanlah cara yang baik. Namun, jika kamu bisa menilainya secara luas, saya rasa cara ini bukanlah hal yang salah. Ide-ide yang akan kamu curi juga belum tentu adalah ide yang orisinal. Katanya sih, tidak ada ide yang orisinal. Ide orisinal hanya milik Tuhan YME.

Demikian tips menjadi kreatif yang saya bisa saya berikan. Jika ada waktu lagi, saya akan menulis tips tambahan untuk menjadi kreatif tanpa harus berpikir kreatif. Semoga bermanfaat dan selamat mencuri. Salam Creative.

Penulis & Sumber : Kemal Fuadi – www.anakuin.com

Artikel Edukasi, Inspirasi, LifeStyle - Tips Menjadi Kreatif Tanpa Harus Berpikir Kreatif, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response