Membersihkan Gigi
Gigi Putih Bersih, Akan Memancarkan Aura Kesehatan dan Kecantikan.

Tips Membersihkan Gigi Tanpa Harus Ke Dokter Gigi

By - On 18 February 2017 - Categories : Kesehatan

Pergi ke dokter gigi untuk Membersihkan Gigi dan melakukan perawatan dapat menjadi mahal, terutama jika Anda tidak memiliki asuransi gigi. Jika Anda tidak mau ke dokter gigi namun ingin memastikan gigi dalam keadaan bersih dan bebas lubang, cobalah untuk melakukannya sendiri di rumah.

Baca Juga : Tips Cara Sederhana Memutihkan Gigi Kuning

Berbagai tips dibawah ini bisa menjadi satu alternatif untuk membersihkan gigi Anda di rumah, namun hasilnya memang tidak sebaik jika membersihkannya ke dokter gigi. Berikut beberapa tips membersihkan gigi yang bisa Anda lakukan sendiri:

Tips Membersihkan Gigi Tanpa Harus Ke Dokter Gigi

  • Sikat gigi listrik

Salah satu situs sikat gigi ternama” pernah melakukan penelitian pada tahun 2005 dan menemukan bahwa sikat gigi listrik dapat menghapus plak lebih banyak dan mengurangi radang gusi dibandingkan dengan sikat gigi biasa. Sikat gigi listrik menawarkan berbagai pilihan seperti tekanan sinyal yang akan memberitahu jika Anda menyikat terlalu keras atau fitur timer canggih yang membantu menyikat gigi untuk Membersihkan Gigi sesuai waktu yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

  • Sikat dengan benar

Anda harus menyikat gigi dengan benar. Menurut “1-800-Dentist” kebanyakan dokter gigi merekomendasikan menyikat gigi selama 2 menit baik untuk pagi dan malam hari. Sikat gigilah dengan cara mengosoknya ke atas dan ke bawah secara berulang dan perhatikan garis gusi dan geraham.

Jangan lupa juga untuk menjangkau semua permukaan gigi baik di luar maupun di dalam dengan gerakan yang sama. Selain itu, sikat lidah Anda untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau nafas tak sedap. Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah hindari menyikat gigi atau Membersihkan Gigi terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi.

  • Gunakan obat kumur

Gunakan obat kumur untuk membersihkan gigi dan mulut. Dr. James Jacobs, mantan asisten di Clinical Professor of Periodontics di the University of Pennsylvania dan Columbia University Amerika Serikat merekomendasikan obat kumur untuk masuk dalam kegiatan rutin Anda.

Obat kumur yang mengandung fluoride dapat membantu mengurangi gigi berlubang dan penyakit gigi, sekaligus membuat mulut Anda terasa bersih dan segar. Antiseptik pada obat kumur juga dapat mengurangi jumlah plak dan bakteri pada gigi dan gusi, serta menekan risiko terkena gingivitis (peradangan gusi).

  • Gunakan benang gigi

Gunakan benang gigi secara teratur karena sikat gigi tidak dapat mencapai ruang sempit di sela-sela gigi atau di bawah garis gusi Anda.  Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology menegaskan pentingnya melakukan flossing (membesihkan gigi dengan benang gigi) karena 38% orang mengalami penuruan pendarahan pada gusi setelah mengkombinasikan sikat gigi dengan flossing.

Jika Anda mengalami kesulitan menggunakan benang gigi, cobalah berbagai ukuran benang hingga menemukan yang pas dengan celah pada gigi Anda.

Selain itu, belilah dental mirror yang dapat membantu Anda melihat mulut dan gigi saat membersihkannya. Walaupun sudah melaksanakan berbagi tips di atas, Anda tetap harus secara rutin mengunjungi dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - Tips Membersihkan Gigi Tanpa Harus Ke Dokter Gigi, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response