10 Tips Cara Menghindari Jerawat Agar Tidak Muncul Kembali
Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

10 Tips Cara Menghindari Jerawat Agar Tidak Muncul Kembali

By - On 16 March 2017 - Categories : Kesehatan, LifeStyle

Tips Cara Menghindari Jerawat Agar Tidak Muncul Kembali – Jerawat memang masalah kulit yang umum dialami oleh kaum remaja,  banyak hal-hal yang dapat memicu datangnya jerawat mulai dari stres, kotoran, kulit berminyak, dan lain-lain. Tetapi bukan itu yang ingin saya jelaskan disini, saya akan memberi saran kepada Anda semua para kaum remaja yang bermasalah dengan kulit wajah berjerawat. Berikut sarannya:

10 Tips Cara Menghindari Jerawat Agar Tidak Muncul Kembali

1. Jangan pernah memecahkan jerawat!

Memecahkan jerawat adalah salah satu cara paling berbahaya untuk menghilangkannya, saya punya adik perempuan yang memiliki “satu” jerawat pada wajahnya, dia merasa tidak percaya diri hingga akhirnya dia nekat memecahkan jerawatnya tersebut. Keesokan harinya ia mengalami radang kulit wajah sehingga wajahnya jadi penuh dengan jerawat!! Ia pun tidak mengikuti pelajaran sekolah selama beberapa hari, dan selama beberapa hari itu pula saya mengobati radang pada kulit wajah adik saya. Jadi harap hati-hati karena 1 bibit bila dipecah bisa menjadi puluhan jerawat!

2. Jangan pernah menyentuh wajah Anda dengan tangan!

Kecuali jika Anda ingin membersihkan wajah dengan produk Face Wash, Anda juga harus mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu jika ingin membersihkan wajah. Menurut pengalaman saya menyentuh wajah yang berjerawat dapat menyebabkan penyebaran yang sangat luas! Jadi jangan coba-coba mengelus-elus atau bahkan memencet jerawat pada wajah.

3. Hindari polusi udara!

Gunakanlah masker jika ingin bepergian dengan motor, saat berjalan kaki pun saya menyarankan Anda untuk menggunakan masker penutup wajah. Ada berbagai maca polusi di jalanan, tetapi yang paling sering menyebabkan jerawat adalah partikel-partikel debu kecil (mikro) yang dengan mudahnya masuk melalui pori-pori wajah sehingga wajah menjadi kotor dan berbakteri.

4. Jika sudah terlanjur, cuci muka Anda

Jika sudah terlanjur tidak menggunakan masker wajah saat bepergian maka cucilah wajah Anda dengan sabun muka setelah Anda pulang, cara mencuci wajah dengan sabun muka yang baik adalah dengan memutarnya searah jarum jam di semua bagian termasuk dahi.

5. Hindari makanan penyebab jerawat!

Tahukah Anda bahwa penyebab jerawat bukan hanya dari luar saja? Justru menurut saya penyebab utama jerawat berawal dari dalam, Ya! Hindarilah makanan-makanan yang dapat menyebabkan jerawat.

6. Gunakan cara alami untuk menghilangkan jerawat!

Saya lebih merekomendasikan cara alami bagi Anda yang ingin mengobati jerawat, cara alami memang sangat aman tanpa digunakan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membuat kulit kering dan dapat memicu jerawat datang kembali. Namun ada juga beberapa produk sabun muka yang tidak mengandung bahan kimia tersebut, maka pilihlah produk pembersih muka (Face Wash) yang benar.

7. Jangan mengeringkan wajah Anda dengan handuk!

Handuk menyimpan berbagai macam bakteri yang dapat menyebabkan jerawat, jangan pernah sekali-kali mengusapkannya ke wajah. Gunakanlah tisu untuk mengeringkan wajah sehabis mencucinya.

8. Hindari penggunaan bedak saat wajah berjerawat

Ada baiknya Anda tidak menggunakan bedak ketika wajahAnda berjerawat, karena bedak memiliki partikel-partikel kecil yang dapat masuk melalui pori-pori kulit wajah, sama halnya seperti debu.

9. Banyak minum air putih

Perbanyaklah minum air putih. Menurut riset saya ada perbedaan yang jauh antara wajah saya dengan adik, wajah saya lebih bersih dan tidak terlalu berminyak seperti adik saya yang justru banyak jerawat dan berminyak. Dia sudah saya anjurkan untuk banyak minum air putih, namun susahnya minta ampun! Padahal air putih adalah obat paling mujarab dari segala macam penyakit, air putih dapat melancarkan peredaran darah, membuang zat-zat yang dapat menyebabkan jerawat, mempercepat penyembuhan jerawat, dan tentu saja menyegarkan tubuh Anda sehingga produksifitas minyak pada wajah dapat berkurang.

10. Hindari stres!

Stres adalah penyebab utama jerawat yang harus dihindari. Buat hidup Anda menyenangkan! Jangan buang waktu Anda hanya untuk menjadi budak sosial media karena jerawat bisa dengan mudahnya datang kembali jika Anda tidak merubah pola hidup Anda, bila perlu lakukan senam yoga agar aura negatif Anda berubah menjadi aura positif.

Baca Juga : 3 Cara Tokcer dan Alami Menghilangkan Jerawat

Itulah 10 Saran untuk Menghindari Jerawat dari saya untuk Anda yang ingin menghindari jerawat agar tidak datang kembali, semoga wajah Anda bisa terhindar dari jerawat setelah menerapkan saran diatas. Tetapi Anda harus konsisten menerapkan saran-saran dari saya, jika tidak maka percuma saja. Jadilah orang yang “menerapkan” setelah “membaca”, bukan “membaca” setelah “membaca”. Tau kan? Hehe..

Salam Burangir.

Artikel Kesehatan, LifeStyle - 10 Tips Cara Menghindari Jerawat Agar Tidak Muncul Kembali, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response

  • rails
  • ruby