Tip Merawat Gigi Susu Anak
sebagai orang tua Anda harus menjaga kesehatan gigi susu anak

9 Tip Merawat Gigi Susu Anak Supaya Tetap Sehat

By On Thursday, May 4th, 2017 Categories : Kesehatan, Parenting

9 Tip Merawat Gigi Susu Anak – Bagi anak-anak memiliki gigi susu mungkin tidak begitu penting karena akan berganti seiring bertambahnya umur dan atau bila suatu saat gigi susu goyang dicabut patah atau tanggal. Tapi sebagai orang tua Anda harus menjaga kesehatan gigi susu anak Anda dengan memberikan perawatan yang lebih baik kepadanya.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami Dan Ampuh

Oleh karena itu lebih baik menjaga dan mengetahui tips merawat gigi susu anak Anda. Tapi pertama-tama Anda harus tahu struktur gigi susu dan gigi kekal anak Anda. Jumlah gigi susu, ada 20, yaitu 10 di rahang atas dan 10 di rahang bawah (masing-masing 4 gigi seri, 2 gigi taring dan 4 geraham). Jumlahnya jauh lebih kecil dari 32 gigi dewasa permanen.

Tip Merawat Gigi Susu Anak

struktur gigi susu anak

Untuk jelasnya seperti kami dikutip dari parenting.co.id, Umumnya, gigi susu tumbuh pada saat anak berusia 6 bulan. Meski begitu, kadang bisa tumbuh kurang atau lebih dari usia 6 bulan. Dan, urutan tumbuhnya gigi geligi adalah:

  • Gigi seri satu pada saat bayi berusia 6 – 7 bulan. Fungsinya? Memotong makanan.
  • Gigi seri dua di usia 7 – 9 bulan. Berfungsi memotong makanan.
  • Gigi taring di usia 16 – 18 bulan. Fungsinya adalah mencabik makanan.
  • Gigi geraham pertama di usia 12 – 14 bulan. Berfungsi menghaluskan makanan.
  • Gigi gerham dua di usia 20 – 24 bulan. Fungsinya adalah menghaluskan makanan.

Berikut 9 Tips Merawat Gigi Susu Anak.


1. Jaga Gigi Tetap/Permanen

Jangan membedakan perlakuan terhadap gigi permanen dengan gigi susu anak. Karena gigi susu masih digunakan oleh anak untuk mengolah makanan. Jika gigi susu kurang sehat maka tentu akan mengganggu aktivitas.


2. Menyikat Gigi Pada Awal Pertumbuhan Gigi Anak

Sikat atau ajari anak untuk membersihkan gigi segera setelah gigi susu tumbuh, Ini akan memberi perawatan awal yang baik untuk gigi anak Anda.


3. Pakai Sikat Gigi Yang Lembut dan Nyaman

Untuk gigi susu sebaiknya gunakan sikat yang lembut namun tetap memiliki pegangan yang kuat. Sehingga jika Anda anda menggos gigi anak atau anak menggosok giginya sendiri, maka sikat akan lebih leluasa bergerak ke mana saja.


4. Ganti Sikat Gigi Setiap Tiga Bulan Sekali

Ingatlah untuk mengganti sikat gigi anak Anda setiap tiga bulan sekali. Penggunaan sikat gigi yang terlalu lama berpotensi mengumpulkan banyak bakteri pada sikat gigi sehingga dapat menular kembali ke mulut dan merusak gigi anak Anda.


5. Gunakan Pasta Gigi Khusus Anak-Anak

Jangan gunakan pasta gigi yang bisa dipakai orang dewasa pada anak-anak. Berikan anak-anak pasta gigi yang khusus di buat untuk perawatn gigi anak anak, agar sesuai dengan gigi susu anak Anda. Karena jika menggunakan pasta gigi biasa akan sangat beresiko.


6. Gunakan Pasta Gigi Secukupnya

Bila Anda ingin menyikat gigi anak Anda yang paling penting bagi Anda adalah dengan memperhatikan jumlah pasta gigi yang digunakan. Jangan terlalu banyak menggunakan pasta gigi, gunakan sebanyak butiran jagung saja.


7. Berikan Contoh Yang Baik

Anda harus memberikan contoh yang baik dalam menyikat dan membersihkan gigi kepada anak Anda. Misalnya, menyikat gigi sebelum tidur dan juga setiap setelah makan. Ini akan memberi kebiasaan baik bagi anak Anda dalam merawat giginya.


8. Konsultasikan Dengan Dokter Secara Rutin

Anda harus rutin mengunjungi ahli gigi atau dokter gigi setidaknya enam bulan sekali sehingga masalah yang terjadi dengan gigi anak atau bagaimana proses pertumbuhannya dapat di atasi dengan baik. Karena terkadang gigi susu juga sering bermasalah.


9. Hentikan Kebiasaan Anak Mengisap Jempol

Jika anak Anda memiliki kebiasaan mengisap jempol, maka Anda harus memberikan pengertian dan usahakan untuk menghentikan kebiasaan ini agar pertumbuhan gigi susu anak tidak terganggu.


Demikian 9 Tip Merawat Gigi Susu Anak, semoga bermanfaat dan salam sehat.

Leave a Reply

Leave a Response