Telat Menstruasi 1 Minggu, Apa Yang Harus Dilakukan
Telat Menstruasi 1 Minggu, Apa Yang Harus Dilakukan ?

Telat Menstruasi 1 Minggu, Apa Yang Harus Dilakukan ?

By On Thursday, February 9th, 2017 Categories : Kesehatan

Sering kali kita mengkhawatirkan telatnya datang bulan, apalagi ketika itu pertama kalinya anda telat menstruasi 2 bulan. Pastinya anda bertanya tanya apakah hamil atau tidak ? atau mungkin apakah ada kelainan seperti penyakit atau tidak.

Untuk para wanita jika dibingungkan apakah hamil atau tidak mari simak tanda pasti kehamilan.

  • Terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • Terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • Terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Jika anda mengalami gejala gejala lainnya seperti telat datang bulan, mual mual, pusing, pembengkakan pada payudara, merasa cepat lelah, sering berkemih dan lain lain, itu hanya gejala tidak pasti kehamilan.

Mengenai telat menstruasi tidak hanya dinyatakan hamil saja. Anda juga perlu mengetahui siklus menstruasi. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Jika sudah lebih dari 35 hari tak kunjung menstruasi, sebaiknya diperlukan untuk periksakan ke dokter.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Telat Menstruasi 1 Minggu, Apa Yang Harus Dilakukan ?

Telat Menstruasi 1 MingguMemang telat menstuasi 1 minggu atau menstruasi telat 2 minggu saja sudah mengganggu kondisi psikis yang mengalaminya, karena stress dan khawatir mengalami kehamilan yang tidak diinginkan atau mendapati suatu penyakit.

Yang perlu anda lakukan adalah menjaga pola hidup sehat, agar tidak telat menstruasi 1 bulan atau agar siklus haid lebih teratur, seperti :

Hindari Aktivitas Fisik Yang Terlalu Berat

Tubuh setiap manusia memiliki ambang lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur Untuk memulai, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu minimal hingga 30 menit sehari.

Hindari Stress

Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

Mengatur Asupan Gizi

Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus haid yang ada. Hindari minuman bersoda dan hindari merokok mungkin itu lebih baik.

Itulah beberapa mengenai telat menstruasi 2 minggu atau kurang bahkan lebih yang perlu ibu ketahui agar tidak terjadi penambahan stress pada diri anda.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - Telat Menstruasi 1 Minggu, Apa Yang Harus Dilakukan ?, is Posted Under Tags: , , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response