Tanda Tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi
Setelah mendapatkan tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi, ada baiknya anda menjaga kondisi kesehatan.

Tanda Tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi

By On Thursday, February 9th, 2017 Categories : Kesehatan, Parenting

Mengetahui tanda tanda kehamilan sejak dini memang diperlukan bagi calon ibu terutama yang baru mengalami masa kehamilan. Tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi dapat ditemukan, namun tidak menjadi acuan utamanya, karena banyak juga yang mengalami seperti ini namun hasilnya masih negatif. Baca Juga : Telat Menstruasi 1 Minggu, Apa Yang Harus Dilakukan ?

Berikut Tanda Tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi

Bercak Darah

Bercak darah ini biasanya berwarna merah muda atau coklat yang seringkali menempel pada celana dalam. Adanya bercak darah pada awal masa kehamilan ini disebabkan oleh adanya proses implantasi sel ovum yang telah dibuahi oleh sel sperma yang menempel ke dinding rahim. Jadi adanya bercak darah ini adalah merupakan sesuatu hal yang wajar atau normal jika volumenya sedikit.

Kram Perut

Kram perut merupakan tanda awal kehamilan sebelum menstruasi yang cukup khas. Sebab pada umumnya saat awal kehamilan calon ibu akan mengalami kram atau kencang pada perut. Kram pada perut ini diakibatkan akibat terhentinya produksi hormon progesteron dari corpus luteal setelah hadirnya plasenta. Kram perut juga dapat dapat disebabkan karena otot rahim yang meregang akibat hadirnya janin. Kondisi ini biasanya hanya berlangsung ringan.

Mual Muntah

Terjadinya mual/muntah ini pada umumnya akan mereda seiring bertambahnya umur kehamilan, tetapi pada beberapa kasus ada calon ibu yang terus merasakan mual/muntah sampai bayi yang dikandungnya lahir. Mual/muntah ini sering terjadi pada pagi hari saat bangun tidur sehingga sering disebut sebagai morning sicknes.

Morning sickness ini biasanya juga disertai gejala pusing atau tidak enak badan. Mual/muntah juga sering diikuti oleh gejala ngidam, dimana calon ibu mempunyai keinginan atau dorongan besar terhadap jenis makanan tertentu, yang biasanya rasanya asam.

Perubahan Pada Organ Intim

Tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi juga dapat ditandai dengan adanya perubahan pada bibir organ intim/area kewanitaan. Perubahan tersebut yaitu pada warnanya yang semula merah muda berubah menjadi lebih pucat/gelap. Pada awal kehamilan biasanya juga akan keluar cairan dari organ intim calon ibu yang mirip keputihan. Hal itu merupakan cairan yang dihasilkan dari pembuahan yang berasal dari cervical mucus.

Mudah Capek

Hadirnya janin akan menyebabkan peningkatan pasokan aliran darah menuju ke janin dan tentunya ibu harus berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Pada fase awal penyesuaian, calon ibu biasanya akan sering merasakan mudah capek.

Payudara Lebih Sensitif

Tanda awal kehamilan sebelum menstruasi biasanya payudara calon ibu biasanya juga terjadi perubahan, dimana payudara akan lebih sensitif jika dibandingkan sebelumnya, aerola (daerah sekitar puting susu) akan terlihat menghitam, ukuran payudara membesar serta terasa lebih berat,dan biasanya juga pada area payudara terasa agak sakit.

Sering Buang Air Kecil

pada awal kehamilan tubuh akan beradaptasi dengan hadirnya janin, seperti volume dalam darah meningkat dan ginjal akan bekerja lebih keras dari biasanya sehingga wanita hamil akan sering mengalami sering buang air kecil.

Selain itu gejala ini juga dipicu oleh peningkatan hormon HCG serta hadirnya janin yang mendesak kandung kemih.

Setelah mendapatkan tanda tanda kehamilan sebelum telat menstruasi seperti di atas, ada baiknya anda menjaga kondisi kesehatan. Namun selain itupun anda perlu melakukan testpack karena tanda kehamilan itu tidak sepenuhnya pasti, jika saat melakukan testpack anda positif, sebenarnya testpack juga kurang berpengaruh, sebab ada juga yang terjadi masalah kehamilan seperti kehamilan kosong, yang paling tepat ialah dengan pemeriksaan USG.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan, Parenting - Tanda Tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response