Takaran Makanan Bagi Penderita Diabetes
Takaran Makanan Bagi Penderita Diabetes

Takaran Makanan Bagi Penderita Diabetes

By - On 18 June 2018 - Categories : Kesehatan

Sehari-hari yang kita makan haruslah sehat dan bergizi. Tentu saja untuk menutrisi kebutuhan yang ada di proses di dalam tubuh kita. Sama dengan Takaran makanan bagi penderita diabetes yang harus diperhatikan agar selalu seimbang. Konsumsi makanan bagi penderita diabetes tidak boleh sembarangan dan benar-benar harus di jaga kandungan yang akan dikonsumsinya.

Karbohidrat salah satu kandungan yang harus dikurangi dalam takarannya, karena karbohidrat dapat memicu timbulnya penyakit diabetes. Kenapa demikian? Sebab penyakit diabetes ini penyakit yang tidak dapat memproses insulin akibat sistem kerja pankreas yang tidak berfungsi dengan baik. Sedangkan makanan karbohidrat ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah meningkat. Sebisa mungkin penderita diabetes ini harus menghindari makanan yang dapat membebani kerja organ dalam tubuh semakin berat.

Takaran Makanan Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita penyakit diabetes selalu menimbang dan mengukur makanan yang akan dikonsumsi. Pedoman untuk mengukur porsi makanan sangat penting untuk dipelajari lebih lanjut. Ukuran porsi makanan biasanya tercantum pada label makanan yang disertai kandungan makanannya. Lebih mudah untuk mengukur takaran yang akan dikonsumsi yaitu dengan menggunakan piring pengontrol makanan. Piring pengontrol makanan ini berupa piring yang terdapat banyak sekat-sekat seperti tempat makan anak TK. Piring ini membantu untuk mengukur kandungan mulai dari karbohidrat, protein, dan sayurannya. Dari hasil penelitian tahun 2007 yang dilakukan peneliti dari University of Calgary dengan menggunakan piring pengontrol dari 130 orang yang terkena diabetes tipe I sebanyak 17 persen banyak menggunakan piring pengontrol sedangkan 5 persennya tidak menggunakan.

Kebiasaan membeli makanan di luar boleh-boleh saja, namun khusus penderita diabetes alangkah baiknya memasak sendiri di rumah dengan bumbu-bumbu yang alami, sebab jika terlalu banyak bumbu instan juga dapat memicu timbulnya penyakit diabetes. Lebih baik dengan selalu memperhatikan porsi makanan dan kandungan makanan dapat mencegah penyakit diabetes.

Semoga pengetahuan tentang Takaran makanan bagi penderita diabetes dapat menambah wawasan yang lebih untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri.

Artikel Kesehatan - Takaran Makanan Bagi Penderita Diabetes, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response