Solusi Anak Sulit Makan
Sebenarnya, ada berbagai macam solusi yang bisa diterapkan dalam mengatasi masalah sulit makan pada anak

Anak Sulit Makan, Dampak dan Solusinya

By On Monday, February 6th, 2017 Categories : Kesehatan

Anak Anda susah atau sulit makan? Mau makan tapi setelah itu dilepeh (dimuntahkan)? Menghindar saat waktunya makan? Pura-pura tidur atau sibuk bermain saat waktunya makan? Apa Solusi dan Sampak Anak sulit makan ?

Sebelum kita berbicara mengenai alasan kenapa anak anda susah makan dan apa solusinya, tentu akan lebih bijak jika kita menyadari apa akibatnya jika anak anda kekurangan nutrisi karena sulit makan.

Semua orang pasti setuju bahwa makanan adalah penyambung nyawa kita, sumber energi dan sangat penting. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak. Anak-anak yang sulit makan tentunya asupan nutrinya akan berkurang dan berdampak pada banyak pada kehidupan dan masa depannya. Diantaranya:

Dampak Pada Anak Sulit Makan

1. Dampak Fisik :

Kurangnya asupan makanan tentunya akan menghambat pertumbuhan fisik buah hati anda. Dengan demikian maka kesehatannya otomatis akan terganggu. Selain itu pertumbuhannya juga tidak maksimal dan tertinggal dengan teman-teman sepantarannya.

2. Dampak Psikis :

Anak yang kurang makan akan cenderung lemas, letih, lesu, mudah cemas dan tidak bersemangat. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh dalam hal psikis dan kehidupan sosial anak. Anak-anak dengan kondisi mental yang lemah sebagian besar juga disebabkan karena asupan nutrisi yang kurang. Mereka akan cenderung menjadi pribadi yang inferior (merasa kecil), dikucilkan serta kurang memiliki hasrat untuk menang dan meraih cita-cita ataupun keinginannya.

3. Penurunan Kecerdasan :

Seperti yang kita ketahui, otak sebagai tempat menyimpan informasi dan icon dari kecerdasan manusia membutuhkan asupan nutrisi yang besar yang diperolah dari makanan yang kita konsumsi. Berkurangnya asupan makanan tentu secara langsung akan berpengaruh pada perkembangan otak anak dan tentunya mengakibatkan berkurangnya potensi kecerdasan anak.

Seriusnya akibat yang bisa timbul bagi buah hati anda tersebut tentu lebih dari cukup untuk membuat semua orang tua cemas dan khawatir apabila buah hati mereka memiliki masalah makan dan susah makan.

Ada berbagai macam hal yang dapat mempengaruhi nafsu makan anak dan kecenderungan anak untuk menolak makanan. secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi pola makan anak ada dua, yakni faktor fisik dan faktor psikis.

Baca Juga :
Penyebab Anak Autis, Gejala dan Cara Menganganinya
5 Makanan Sehat untuk Pertumbuhan Anak
Anak Hiperaktif – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Faktor Fisik sendiri bisa dibagi menjadi beberapa hal misalnya karena organ pencernaan anak terganggu dan juga bisa karena anak anda sebenarnya sedang sakit atau kurang enak badan.

Sedangkan untuk Faktor Psikis bisa dipengaruhi karena ketidakstabilan emosi anak, rasa malas, cemas, marah, tertekan dan depresi.

Selain kedua faktor utama diatas ada berbagai macam faktor lainnya yang juga mempengaruhi pola makan anak, diantaranya usia, pola asuh, orang tua, lingkungan, kondisi rumah tangga, makanan dan kepribadian anak itu sendiri. Mengingat beragamnya faktor yang bisa mempengaruhi pola makan anak, tentunya kita harus sadar bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan penanganan yang berbeda-beda.

Sebenarnya, ada berbagai macam solusi yang bisa diterapkan dalam mengatasi masalah sulit makan pada anak

Penanganan yang diberikan pada anak sulit makan akan sangat berbeda tergantung dari berbagai faktor yang saya sebutkan diatas. Misalnya saja faktor usia.

Solusi Anak Sulit Makan

Anak usia dibawah 1 tahun:

Kemungkinan besar penyebab masalah sulit makan anak adalah karena masalah pencernaan. Kemungkinan besar anak anda memang memiliki sistem pencernan yang lemah, karena anak pada usia tersebut anak cenderung belum begitu mengenali rasa. Makanan yang paling baik bagi anak dibawah satu tahun adalah ASI. Sehingga jangan khawatir jika anak anda tidak mau mengkonsumsi makanan pendamping ASI lainnya asalkan asupan ASI masih terpenuhi.

Anak usia 2-4 Tahun:

Anak pada usia ini sudah mulai bisa mengenali rasa dan memiliki rasa atau makanan favorit. Dalam usia ini akan lebih baik untuk memberikan variasi makanan pada anak. Berikan berbagai macam makanan dengan bentuk, warna dan rasa yang bervariasi agar anak anda tertarik. Pada usia ini anda bisa menggunakan pendekatan trial dan error berkaitan dengan makan yang paling disukai anak anda karena setiap anak memiliki preferensi makanan favoritnya masing-masing. Pada usia ini pula orang tua sebaiknya menerapkan pola jam makan yang tetap agar sistem pencernaan anak mulai terbisa untuk makan pada jam-jam tertentu yang kedepannya akan mencegah hilangnya nafsu makan anak.

Anak Usia 5 Tahun ketas:

Pada masa ini anak mengalami masa pertumbuhan. Dalam usia ini pula anak akan sangat aktif dan sibuk sendiri. Mereka sangat suka bermain dan tidak bisa fokus dalam satu hal sehingga perhatian khusus dari orang tua akan sangat mempengaruhi pola makan anak. Biasanya masalah susah makan pada anak pada usia ini tidak akan terjadi jika sebelumnya orang tua sudah menerapkan jadwal makan yang tetap. Namun apabila terlanjur belum pernah diterapkan jadwal makan tersebut, sebaiknya mulai diterapkan pada usia ini.

Anak Usia 12 Tahun keatas:

Faktor hormonal adalah faktor kunci yang menyebabkan masalah makan pada anak usia ini. Ketidakstabilan hormon karena dimulainya masa pubertas dan kesadaran diri “Ke-aku-an” sangat berpengaruh pada emosi anak yang selanjutnya berakibat pada masalah anak yang sulit makan. Perhatian khusus orang tua dan makanan suplemen sangat disarankan bila masalah makan pada anak pada usia ini terjadi.

Sebenarnya, ada berbagai macam solusi yang bisa diterapkan dalam mengatasi masalah sulit makan pada anak, misalnya saja dengan menggunakan ramuan/multivitamin herbal, terapi kristal, hipnomusic, hipnoterapi dan lain sebagainya. semua cara-cara itu telah terbukti ampuh mengatasi beragam masalah kesulitan makan pada anak. Hanya saja, berdasarkan masalah yang dihadapi dan kondisi anak yang berbeda-beda tentunya penanganan yang perlu diterapkan juga berbeda. Mungkin saja ada anak yang bisa langsung lahap makan setelah minum ramuan herbal. Ada juga anak yang tetap sulit makan meskipun telah diberikan herbal penambah nafsu makan, namun langsung lahap makan setelah didengarkan hipnomusic untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar anak dengan music yang membuat nafsu makannya meningkat. Intinya, setiap anak memiliki karakter dan program penyembuan yang berbeda-beda.

Beragamnya faktor yang menyebabkan masalah pada nafsu makan anak menjadikan hal ini sulit ditangani dan membutuhkan penanganan khusus yang berbeda-beda bagi masing-masing anak. Oleh karena itu jika dirasa perlu, sangat disarankan konsultasi khusus bagi para orang tua yang memiliki anak dengan masalah sulit makan.

Salam Sehat

Artikel Kesehatan - Anak Sulit Makan, Dampak dan Solusinya, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response