Rumah Tipe 21 atau 36
Rumah Tipe 21 atau 36

Rumah Tipe 21 atau 36 – Serasa Luas Di Ruang Kecil

By - On 25 February 2017 - Categories : Asri

Banyak yang beranggapan mempunyai rumah tipe 21 atau 36 sangatlah sumpek dan pasti akan terasa sempit. Buang jauh-jauh perasaan seperti itu. Rumah kecil bukan berarti harus sumpek!

Bagi banyak pasangan muda yang masih dalam tahap mengembangkan karir didalam pekerjaan tentunya akan merasa berat jika harus memiliki rumah idaman yang langsung berukuran luas. Sedapat mungkin memiliki rumah haruslah disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Jalan keluar yang harus ditempuh agar dapat memiliki rumah yang terjangkau adalah dengan membeli rumah dengan tipe kecil. Saat ini para pengembang banyak membuat rumah-rumah dengan tipe yang kecil seperti tipe 21, 36 dan 45. Ini semua dimaksudkan agar pasangan muda dapat memiliki rumah dibandingkan harus mengeluarkan biaya untuk menyewa (kontrak).

Sekarang, bagaimana mensiasati agar ruang mini menjadi terasa lega. “Bagaimana ruangan kecil terasa lega sebetulnya juga berhubungan dengan selera perabotan dari individu itu sendiri. Ada yang menyukai furnture dengan ornamen yang ramai dan rumit maka selera itu akan di diterapkan di dalam rumahnya,” begitu penjelasan M Taufik R, ST, Senior Architect di FT Studio.

Akan tetapi Taufik memberikan beberapa tips yang sederhana yang bisa diterapkan pada rumah dengan tipe kecil agar terkesan leluasa, yaitu:

  • Sebaiknya ruangan diisi dengan furniture yang sesuai dengan fungsi ruangan itu sendiri.
  • Letakkan dalam ruangan furniture dengan ukuran yang minimal saja.
  • Sebaiknya menggunakan furniture dengan bentuk-bentuk yang simple dan minimalis, hendaknya mengurangi furniture dengan ornamen-ornamen yang tidak fungsional.
  • Sebaiknya menggunakan perabotan yang multifungsi, misalkan meja kecil yang mempunyai laci-laci untuk menyimpan benda-benda kecil.
  • Penggunaan cermin pada salah satu sisi ruang sangat dianjurkan karena dapat menambah kesan luas pada ruangan.
  • Pilihlah warna cat yang terang pada dinding dan langit-langit. Warna terang akan membuat ruang terasa luas dan tidak sesak (sempit).
  • Bisa juga memberi warna alternatif seperti warna  monokrom. Warna monokrom selain akan menghasilkan penampilan ruangan tampak modern juga akan terkesan ruangan tidak sumpek (ribet). Misalkan warna putih dapat dipadukan dengan turunannya yaitu warna krem.
  • Usahakan menggunakan jendela berkaca yang tidak ditutupi apa-apa. Jendela yang polos akan membuat ruangan menjadi lebih terang dan lapang.
  • Bermain warna boleh-boleh saja, akan tetapi sebaiknya susunlah warna-warna tersebut sesuai dengan susunan pada buku warna. Menata benda di ruangan sesuai dengan buku warna akan membuat ruangan lebih menarik dan memberi ruangan terkesan lebih luas.

Jadi Salam Asri dan selamat mencoba!

Artikel Asri - Rumah Tipe 21 atau 36 – Serasa Luas Di Ruang Kecil, is Posted Under , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response