pulau tinabo
Pulau Tinabo (Img: blog.reservasi.com)

Pulau Tinabo, Surganya Indonesia!

By - On 30 March 2017 - Categories : Wisata

Pernah dengar pulau Tinabo? Eits, jangan salah, pulau indah bukan hanya di Raja Ampat atau Karimun Jawa saja, lho! Pulau Tinabo juga harus masuk daftar destinasi Anda. Tanya kenapa? Karena pulau ini menyimpan beragam keindahan yang takkan Anda temui di pulau lain. Saking indahnya, para wisatawan bahkan tak peduli dengan sulitnya transportasi ke pulau super indah ini.

Baca Juga : Air Terjun Watu Jadah Jatipurno, Wisata Spiritual dan Santai

Pulau Tinabo adalah salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia yang masuk dalam gugusan pulau di Kecamatan Takabonerate. Pulau Tinabo yang juga disebut sebagai Tinabo Island Dive Resort berlokasi di tengah kawasan koral terluas dan merupakan kawasan paling kaya akan kehidupan biota lautnya di dunia, yakni Taman Nasional Takabonerate.

Pulau Tinabo, Surganya Indonesia!

Pulau Tinabo, Surganya Indonesia!Meski relatif kecil dengan panjang sekitar 1,5 km dan lebar 500 m, Tinabo merupakan pulau yang menyenangkan. Pulau Tinabo dihiasi dengan pasir putih di seluruh bagian pulau. Semakin menyelam, air akan berubah warna dari kehijauan, biru muda, hingga jadi biru tua. Bukan hanya warna air laut yang sangat indah dan eksotis, namun juga beragam biota laut yang hidup dalam pulau cantik ini.

Selain itu, tak jauh dari Pulau Tinabo Anda juga akan menemui beberapa pulau tak berpenghuni yang bertugas memagari Pulau Tinabo dari ganasnya ombak pantai Selatan. Anda yang hobi menyelam, akan melihat tempat ini laksana surga. Pasalnya, dengan kontur dinding dan jurang yang bervariasi, area miring melandai, hingga pulau-pulau bawah air akan menjadi area scuba diving yang seru.

Bukan hanya surga untuk scuba-diving, Anda juga akan dimanjakan dengan beragam objek foto bawah air karena pasirnya yang putih dan airnya yang sangat jernih. Nudibranch, frogfish, flatworm, udang, crocodilefish, ataupun hewan besar macam penyu, hiu, dan gurita akan ditemui dengan mudah di pulau Tinabo.

Pulau Tinabo juga dilengkapi dengan pemandangan bawah laut yang super keren. Bayangkan, Anda bisa melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil warna-warni dengan jarak hanya 0-5 meter. Bener-bener surga, ya?

Referensi : id.wikipedia.org

Artikel Wisata - Pulau Tinabo, Surganya Indonesia!, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response