Porsi Tepat Nutrisi Tubuh Selama Menjalankan Ibadah Puasa
Porsi Tepat Nutrisi Tubuh Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Porsi Tepat Nutrisi Tubuh Selama Menjalankan Ibadah Puasa

By - On 24 May 2018 - Categories : Kesehatan

Agar tubuh dapat berfungsi secara optimal, tentu saja tubuh harus dipenuhi kebutuhan nutrisinya. Mulai dari asupan karbohidrat, protein, mineral dan lemak juga perlu diperhatikan. Termasuk ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Selama menjalankan ibadah puasa memang tubuh tidak bisa makan seperti biasanya. Tubuh hanya bisa menerima asupan makanan dan minuman hanya pada saat sahur dan berbuka puasa. Akan tetapi hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk tidak memberikan asupan nutrisi kompleks bagi tubuh. Dan berikut ini kami berikan informasi porsi tepat nutrisi tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Yuk langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini!

Porsi Tepat Nutrisi Tubuh Selama Ibadah Puasa

Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan sehubungan dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi selama ibadah puasa. Beberapa aspek tersebut diantaranya :

Penuhi karbohidrat selama puasa

Karbohidrat memiliki fungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh supaya tubuh dapat melakukan beragam aktivitas. Rata – rata setiap 1 gram karbohidrat dapat menghasilkan sekitar 4 kalori. Dan kebutuhan manusia akan kalori pada umumnya adalah sekitar 1200 sampai dengan 2000 kalori setiap harinya. Karena itu karbohidrat sangat disarankan dikonsumsi 45%. Lalu bagaimana caranya memenuhi kebutuhan karbohidrat selama puasa? Caranya adalah dengan konsumsi kentang dan nasi merah di waktu sahur. Selanjutnya di waktu berbuka puasa Anda konsumsi kurma, nasi merah atau kentang dan dilanjutkan dengan buah dan sayur di malam harinya.

Penuhi kebutuhan protein selama puasa

Protein memiliki fungsi sebagai komponen yang bermanfaat untuk pertumbuhan, penyembuhan luka, regenerasi sel dan juga menghasilkan enzim dan serta hormon untuk metabolisme tubuh sebagai sumber energi didalam tubuh. Karena itu protein baik protein nabati atau protein hewani sangat diperlukan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan protein selama puasa, Anda bisa konsumsi lauk pauk yang banyak mengandung protein nabati dan hewani di waktu sahur dan berbuka puasa.

Penuhi kebutuhan lemak selama puasa

Selama ini banyak orang menghindari lemak karena takut gemuk dan yang lainnya padahal sebenarnya tubuh juga butuh lemak dalam jumlah yang pas. Kebutuhan lemak tubuh sekitar 20% dari total kalori.

Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral selama puasa

Vitamin dan juga mineral memiliki fungsi untuk mengatur dan mendukung beragam proses yang terjadi didalam tubuh. Misalnya proses pembentukan energi atau proses berpikir. Karena itu upayakan konsumsi buah dan sayur dalam jumlah cukup termasuk ketika sedang puasa.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan sehubungan dengan tips sehat puasa. Semoga informasi diatas mengenai Porsi Tepat Nutrisi Tubuh Selama Ibadah Puasa bermanfaat.

Artikel Kesehatan - Porsi Tepat Nutrisi Tubuh Selama Menjalankan Ibadah Puasa, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response