Penyebab Stres dan Cara Menanganinya

By On Saturday, June 24th, 2017 Categories : Kesehatan

Penyebab Stres dan Cara Menanganinya
Sebaiknya jangan menyepelekan masalah namun jangan terlalu keras berpikir mengenai beban pikiran yang sedang alami karena hal ini malah akan membuat Anda menjadi semakin stres dan bisa membuat semangat Anda menjadi berkurang.

Pernahkah anda merasakan atau mengalami Stress ? Apa Penyebab Stres dan Bagaimana Cara Menanganinya ?

Biasanya stres terjadi ketika banyaknya problem. Menurut Wikipedia Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stres adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

Stres bisa menimpa semua orang baik muda, remaja,tua maupun balita sekalipun bisa mengalami kondisi stres.

Apa Penyebab Stres?

Stres adalah respon normal terhadap berbagai keadaan yang harus dihadapi dalam hidup, situasi yang mengharuskan kita bertindak, menyesuaikan, serta menjaga segala sesuatu tetap seimbang. Stres merupakan reaksi fisik dan psikologi yang normal terhadap banyak ‘tuntutan’ dan tekanan hidup yang selalu berubah dan tidak pernah berakhir. Yang di sebabkan oleh berbagai Faktor seperti;

Faktor lingkungan, Selain memengaruhi desain struktur sebuah organisasi, ketidakpastian lingkungan juga memengaruhi tingkat stres para karyawan dan organisasi.

Faktor organisasi, Banyak faktor di dalam organisasi yang dapat menyebabkan stres. Tekanan untuk menghindari kesalahaan atau menyelesaikan tugas dalam waktu yang mepet, beban kerja yang berlebihan, atasan yang selalu menuntut dan tidak peka, dan rekan kerja yang tidak menyenangkan adalah beberapa di antaranya.

Faktor pribadi, Faktor-faktor pribadi terdiri dari masalah keluarga, masalah ekonomi pribadi, serta kepribadian dan karakter yang melekat dalam diri seseorang.

BACA JUGA : Enam Manfaat Minta Maaf dan Memaafkan

Lalu bagaimana Cara menangani Stres yang baik?

Banyak metode yang dapat dilakukan untuk menangani stres, salah satunya adalah dengan melakukan teknik relaksasi/Meditasi, yang berguna untuk menghilangkan stres. Membuat tubuh menjadi rileks dan menghilangkan stres adalah langkah pertama yang umum dilakukan. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengenali situasi-situasi apa saja yang menyebabkan stres dan membuat strategi untuk menghadapi situasi tersebut dengan tepat. Selain dengan melakukan Relaksasi/meditasi, cara mengatasi stres yang lainnya adalah :

Aromaterapi, Cara ini sudah banyak digunakan,Dan berdasarkan berbagai sumber, kebanyakan aroma dari tumbuhan herbal yang dihasilkan sudah terbukti bisa memberikan efek atau dampak baik rileks dan juga
ketenangan dalam pikiran. Misalnya salah satunya adalah minyak lavender yang membantu mengatasi sakit kepala, susah tidur atau insomnia, serta mengatasi depresi. Selain itu, aroma wewangian mawar juga membantu meningkatkan daya ingat seseorang, meningkatkan gairah dan juga membantu meredakan sakit kepala sebelah atau penyakit migrain. Sedangkan aroma bunga camomil akan membantu memberikan rasa
tenang dan perasaan dengan lebih menyeluruh.

Tertawa, tertawa adalah salah satu aktivitas atau kegiatan yang baik untuk ksehatan. Tertawa akan membangun kehidupan yang lebih menyenangkan dan lebih baik. Selain itu, tertawa mampu menurunkan kadar tekanan darah, membantu meningkatkan aliran darah dari seluruh tubuh. Tertawa bukan hanya dilakukan disaat situasi yang benar-benar tepat misalnya ada suatu hal yang lucu, namun untuk orang yang melankoli tertawa merupakan salah satu hal berat untuk bisa direalisasikan. Untuk membuatnya tertawa maka harus ada hal yang benar-benar lucu. Anda bisa menggunakan daya imajinasi Anda.

Mendengarkan musik, Anda bisa mencari lagu kesukaan Anda dan bisa mendengarkannya sambil tiduran. Lupakanlah semua masalah yang sedang Anda alami dan lebih fokus pada musiknya. Musik bisa membantu untuk membuat otak Anda menjadi lebih rileks. Dan selain itu juga Anda bisa bermain alat musik misalnya
adalah dengan bermain gitar membantu mengatasi stres yang Anda alami.

Bermain game, Ini merupakan salah satu cara mengatasi stres yang banyak juga dilakukan. Anda bisa melupakan semua masalah dan lebih fokus dengan game yang sedang Anda mainkan. Sebaiknya jangan bermain game yang membutuhkan pikiran ekstra atau berlebihan.

Positif Thinking, Pastinya semua orang pernah mengalami suatu ujian. Cara yang paling tepat dalam mengatasinya adalah dengan berpositif thinking. Anda harus mempunyai pikiran bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya dan Anda bisa mengambil pelajaran darinya.

Jika Anda mempunyai masalah dan ingin selesai dengan lebih cepat, Anda bisa meminta saran dari teman Anda atau orang terdekat Anda. Sebaiknya jangan menyepelekan masalah namun jangan terlalu keras berpikir mengenai beban pikiran yang sedang alami karena hal ini malah akan membuat Anda menjadi semakin stres dan bisa membuat semangat Anda menjadi berkurang.

Dari Berbagai Sumber

Artikel Kesehatan - Penyebab Stres dan Cara Menanganinya, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response