Penyebab Obesitas, Cara Mengatasi dan Pencegahannya
Ada dua faktor penyebab obesitas, faktor yang pertama adalah faktor genetis (sekitar 30%), sedangkan faktor yang kedua adalah faktor lingkungan (sekitar 70%).

Penyebab Obesitas, Cara Mengatasi dan Pencegahannya

By - On 18 August 2017 - Categories : Diet, Kesehatan

Apa Penyebab Obesitas dan bagaimana Cara Mengatasi dan Cara Pencegahannya ? Tapi sebelumnya perlu diketahui bahwa Obesitas adalah suatu kondisi kelebihan jaringan lemak atau peningkatan lemak tubuh. Sedangkan kegemukan adalah peningkatan berat badan relatif bila dibandingkan dengan standar.

Menurut data WHO, sekitar 1,46 miliar orang dewasa mengalami kegemukan dan 500 juta orang dewasa mengalami obesitas. Sebagai catatan, setidaknya lebih dari 300.000 kematian per tahun berkaitan dengan obesitas.

Penyebab Obesitas, Cara Mengatasi dan Pencegahannya

Penyebab Obesitas

Ada dua faktor penyebab obesitas, faktor yang pertama adalah faktor genetis (sekitar 30%), sedangkan faktor yang kedua adalah faktor lingkungan (sekitar 70%). Yang dimaksud faktor lingkungan adalah aktivitas, makanan, dan obat. Contoh dari aktivitas yang menyebabkan obesitas, misalnya kebiasaan memakan cemilan sambil menonton tv atau film.

Contoh dari makanan yang menyebabkan obesitas, misalnya porsi sekali makan, kebiasaan makan terutama pada malam hari, jenis makanan tertentu, kuantitas makanan, kepadatan energi dari makanan yang dimakan, dan frekuensi makan. Contoh dari obat-obatan yang menyebabkan obesitas, misalnya obat golongan antipsikotik, antikejang, antialergi, antidepresan trisiklik, antidiabetes, dan hormon steroid.

Namun walaupun begitu, dikarenakan rumitnya sistem metabolik dan sistem hormon saraf yang mengatur pemasukan, penyimpanan, dan pengeluaran energi, maka sulit untuk mengukur seluruh parameter penyebab obesitas yang relevan pada manusia.

BACA JUGA :
Tips Diet Alami Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Efektif
7 Tips Diet Sehat Namun tetap Makan Enak
Diet Rendah Kalori ? Hindari 10 Jenis Makanan ini

Potret Klinis Obesitas

Obesitas biasanya dinyatakan dalam Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) yang dihitung dengan membagi berat tubuh dengan hasil kuadrat tinggi tubuh. Obesitas tubuh bagian atas mempunyai konsekuensi kesehatan yang lebih besar dibandingkan obesitas tubuh bagian bawah.

Biasanya obesitas berkaitan dengan gangguan atau penyakit struktural dan metabolik yang kompleks, seperti hipertensi, diabetes melitus, dan hiperlipidemia. Orang yang mengalami obesitas dengan lingkar perut di atas 102 cm (pria) dan di atas 88 cm (wanita) memiliki kemungkinan terkena diabetes melitus, jantung koroner, stroke, dan kematian dini lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang lingkar perutnya di bawah ukuran tersebut.

Cara Mengatasi Obesitas

Penderita bisa melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, seperti rutin berolahraga, diet rendah karbohidrat dan rendah kalori, senam aerobik, modifikasi kebiasaan dan gaya hidup, serta dukungan dari orang-orang terdekat. Untuk penderita obesitas berat, biasanya diperlukan tindakan operasi.

Cara Mencegah Obesitas

Untuk mencegah obesitas, bisa melakukan beberapa cara seperti berpuasa, menghindari stres, makan malam sebelum jam tujuh malam, hindari hobi ngemil/mencicipi makanan dan wisata kuliner, tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang, serta menjauhi makanan yang berlemak.

Semoga ulasan mengenai Penyebab Obesitas, Cara Mengatasi dan Pencegahannya ini bermanfaat buat sobat burangir.

Artikel Diet, Kesehatan - Penyebab Obesitas, Cara Mengatasi dan Pencegahannya, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response