Penyebab dan Gejala penyakit TBC sering terjadi dan bisa menjangkit pernafasan pada manusia? maka Penyebab dan Gejala penyakit TBC perlu kita ketahui
Penyebab dan Gejala penyakit TBC sering terjadi dan bisa menjangkit pernafasan pada manusia? maka Penyebab dan Gejala penyakit TBC perlu kita ketahui

Penyebab dan Gejala Penyakit TBC

By - On 28 June 2017 - Categories : Kesehatan

Penyebab dan Gejala Penyakit TBC – Tuberculosis adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi dibagian saluran pernafasan sebab bakteri basil yang masuk kedalam saluran tersebut.

Bakteri yang masuk di sini sangat kuat sehingga butuh beberapa waktu yang lama untuk cara mengobatinya. Bakteri yang masuk dalam saluran pernafasan ini hampir mencapai 90% sehingga jika kita mengalami TBC maka harus bisa segera di atas.

Lalu apa penyebab dan gejala penyakit TBC sering terjadi dan bisa menjangkit pernafasan pada manusia? Perlu diketahui bahwa penyakit TBC adalah salah satu penyakit menular.

Jika dari keluarga tidak ada yang memiliki penyakit tersebut, ada kemungkinan TBC yang ada alami akibat penularan dari lingkungan.

BACA JUGA : Ambang Batas Konsumsi Gula, Garam dan Lemak bagi Tubuh

Penyebab dan Gejala Penyakit TBC 

Banyak sekali negara baik itu Indonesia sendiri atau negara lainnya yang memiliki penyakit TBC tersebut. Dan jarang sekali ada negara yang tidak memiliki penyakit TBC bagi warganya yang tinggal. Jika dilihat dari tingkat angka kematian, penyakit TBC ini merupakan salah satu factor utama yang memicu tingkat angkat kematian semakin tinggi.

Penyakit TBC juga tidak mengenal dan mampu menyerang siapa saja baik pria, wanita, orang tua, bahkan anak-anak sekalipun. Jadi bagi anda yang sudah menginjak usia antara 15 tahun hingga 35 tahun segeralah memeriksakan diri anda untuk mengetahui apakah diri anda terserang TBC atau tidak.

Mengobati penyakit TBC sangat lama namun untuk mencegah dan menghindari penyakit tersebut bisa saja anda lakukan dengan cara mengetahui akan penyebab dan gejalanya.

Penyebab dan Gejala Penyakit TBC

Penyebab Penyakit Tuberkulosis/ TBC

Mencegah setiap penyakit akan lebih baik jika dibandingkan dengan mengobati. Sebelum tahu tentang apa saja penyebab dan gejala penyakit TBC perlu diketahui bahwa penyakit menular ini selain bisa ditularkan melalui pernafasan juga bisa dengan alat yang kita makan, baik dari piring, gelas, sendok atau apapun yang digunakan oleh penderita penyakit TBC.

Penyebab terjadinya penyakit TBC yaitu bakteri mikobakterium tuberkulosa yang merupakan salah satu bakteri basil bersifat asam, dan jika anda terinfeksi maka akan membutuhkan proses yang lama untuk masa penyembuhannya. TBC sering menyerang dan langsung tertuju pada paru-paru, sehingga saat paru-paru sudah terinfeksi maka penyebaran penyakit ini semakin lama akan bisa disembuhkan.

Gejala Penyakit TBC

Penderita TBC akibat basil awal mula gejala yang sering terjadi adalah demam. Demam yang dirasakan ini tidak akan terlalu tinggi, namun proses demam yang berlangsung lamalah yang bisa anda jadikan gejala umum seseorang terkena TBC.

Dan saat malam hari penderita TBC akan mengalami demam dengan disertai keringat malam, flu, dan sifat ini akan timbul hilang. Nah selain gejala demam dan flu, gejala lain yang sering dialami penderita TBC yaitu:

1. Penurunan nafsu makan

2. Berat badan menurun

3. Batuk yang terjadi 3 minggu lebih, dan bisa disertai dengan darah

4. Memiliki perasaan yang tidak enak

5. Lemah

6. Sesak nafas dan nyeri dibagian dada

7. Dll

Penyebab dan gejala penyakit TBC di atas hanyalah sebagian yang sering dialami oleh penderita awal penyakit TBC. Jadi saat anda merasa menemui atau merasakan gejala seperti yang disebut kan di atas maka anda harus berhati-hati dan segera pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi keadaan anda.

Artikel Kesehatan - Penyebab dan Gejala Penyakit TBC, is Posted Under , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response