Penyebab dan Cara Menyembuhkan Insomnia
Jika insomnia dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka dapat menyebabkan menurunnya produktivitas, kurangnya konsentrasi, bahkan bisa terjadi kecelakaan saat mengemudi.

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Insomnia

By - On 4 September 2017 - Categories : Kesehatan

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Insomnia – Insomnia adalah keluhan sulit memulai atau mempertahankan tidur, bangun tidur terlalu pagi, atau tidur yang tidak dapat menyegarkan tubuh. Insomnia juga bisa diartikan sebagai kondisi mengantuk yang terjadi selma lebih dari 4 minggu.

Biasanya insomnia lebih sering dialami oleh wanita dan prevalensinya meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Penyebab Insomnia

Insomnia terdiri dari 2 jenis, yakni insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer tidak memiliki penyebab, tapi penelitian terbaru menunjukkan adanya hubungan antara insomnia primer dengan HPA (hypothalamic-pituitary-adrenal) dan kelebihan sekresi CRF (corticotropin-releasing factor), cortisol, dan adrenocorticotropin-releasing hormone.

Sedangkan insomnia sekunder bisa disebabkan oleh penyakit (seperti sesak nafas, depresi, kronis, dan gangguan mood) atau efek samping dari obat yang dikonsumsi (seperti pil diet stimulan, nikotin, steroid, antihistamin, kafein, dan alkohol), ruangan yang terlalu dingin atau panas, bising, dan lain sebagainya.

Gejala Insomnia

Gejala insomnia yang paling sering ditemui adalah perasaan sangat lelah dan mengantuk di siang hari. Jika insomnia dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka dapat menyebabkan menurunnya produktivitas, kurangnya konsentrasi, bahkan bisa terjadi kecelakaan saat mengemudi.

Parah atau tidaknya insomnia, tergantung dari frekuensi, intensitas, dan durasi sulit tidur yang diderita. Insomnia bisa tergolong menahun atau parah jika sudah berlangsung selama lebih dari 6 bulan. Namun jika insomnia berlangsung kurang dari 6 bulan, maka dapat dikategorikan sebagai insomnia menetap.

BACA JUGA :
Penyebab Diare, Gejala, Pengobatan dan Cara Pencegahan
Apa itu Toksoplasma, Gejala dan Cara Mencegahnya
Sirosis Hati, Penyebab, Gejala dan Cara Pengobati

Cara Menyembuhkan Insomnia

Mengenai cara menyembuhkan insomnia, pertama-tama harus jelas jenis insomnia yang diderita oleh pasien. Ada banyak cara menyembuhkan insomnia primer, diantaranya berhenti melakukan kebiasaan merokok, mendisiplinkan diri untuk tidur dan bangun, jangan pergi ke tempat tidur sebelum benar-benar merasa ngantuk dan ingin tidur, berhenti mengkonsumsi alkohol dan makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur, jika sudah mencoba untuk tidur selama 2 menit namun masih belum bisa terlelap maka cobalah melakukan hal yang rileks (mandi dengan air hangat, mendengarkan musik, minum susu hangat), usahakan agar kamar tidur mendapatkan ventilasi dan cahaya yang cukup.

Selain itu usahakan menghindari suara yang bising atau berisik seperti TV atau radio, jangan tidur siang setelah jam 15.00, jangan makan dan minum berlebihan menjelang tidur, jangan memikirkan banyak hal sebelum tidur, dan cobalah melakukan diet tinggi triptofan seperti mengkonsumsi pisang atau makanan yang tinggi karbohidrat untuk memicu tidur. Jika merasa perlu untuk mengkonsumsi obat tidur, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk memilih obat yang tepat dan sesuai indikasi pasien.

Sedangkan cara menyembuhkan insomnia sekunder, tergantung dari kondisi atau penyakit yang diderita pasien. Misalnya saja insomnia akibat nyeri sendi, tulang, atau otot, maka pasien akan diberi obat anti-inflamasi dan parasetamol atau asetaminofen.

Beda halnya dengan cara menyembuhkan insomnia yang sudah kronis. Diperlukan beberapa terapi spesifik, seperti terapi kontrol stimulus, pembatasan jam tidur, terapi relaksasi, dan terapi multikomponen.

Cara Mencegah Insomnia

Ada bebera cara mencegah insomnia, diantaranya jangan memikirkan pekerjaan saat di tempat tidur, jika pasien bekerja di malam hari sebaiknya menghindari cahaya terang dan kafein untuk memudahkan tidur saat di rumah, di pagi hari bukalah jendela dan biarkan cahaya dan udara menyegarkan kamar tidur, konsumsi makanan rendah lemak dan rendah protein saat makan malam, kurangi kebiasaan lembur, jangan berolahraga di malam hari, dan buatlah suasana kamar tidur senyaman mungkin. Jika insomnia menetap dan menganggu aktivitas pasien, segeralah berkonsultasi kepada dokter.

Semoga ulasan Penyebab dan Cara Menyembuhkan Insomnia, bermanfaat buat sobat burangir.com

Artikel Kesehatan - Penyebab dan Cara Menyembuhkan Insomnia, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response