Penyebab Dan Cara Menghilangkan Panu
Penyakit panu sendiri dapat disebabkan oleh lingkungan yang panas, lembap, kecenderungan genetis, kekurangan gizi, cushing disease, dan daya tahan tubuh yang menurun.

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Panu

By On Friday, January 6th, 2017 Categories : Kesehatan

Apa  Penyebab Pnu ? Dan Nagimana Cara Menghilangkan Panu? Panu yang juga disebut liver spots, tinea versicolor, panau, pityriasis versicolor, atau tinea flavea adalah penyakit infeksi permukaan kulit pada lapisan stratum korneum yang disebabkan jamur jinak dan tidak menular.

Penyakit panu dapat ditemukan hampir di seluruh dunia, tidak memandang umur, namun mayoritas penderita panu berusia dua puluh hingga empat puluh tahun.

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Panu

Penyebab Panu

Penyakit panu sendiri dapat disebabkan oleh lingkungan yang panas, lembap, kecenderungan genetis, kekurangan gizi, cushing disease, dan daya tahan tubuh yang menurun.

Panu tidak dapat menular karena disebabkan jamur yang terdapat di permukaan kulit manusia. Salah satu contoh yang bisa menyebabkan panu adalah keringat yang dibiarkan menempel pada kulit dalam waktu yang lama.

Panu dapat dengan mudah disembuhkan, namun walaupun sembuh, warna putih panu tidak bisa langsung hilang. Bekas panu tersebut baru bisa hilang antara satu hingga dua bulan.

BACA JUGA :
Penyebab, Cara Mencegah dan Cara Menghilangkan Bau Badan
Penyebab Migrain Dan Cara Mengobati Serta Mencegahnya
Penyebab Sariawan, Ciri Ciri dan Cara Mencegahnya

Bentuk Panu

Panu berbentuk noda atau bercak berwarna, ukurannya mulai sebesar jarum pentul hingga lebar meluas dan memiliki batas cukup jelas. Bercak panu dapat berwarna putih pada penderita yang kulitnya agak gelap, dapat berwarna merah muda pada penderita yang kulitnya putih, atau dapat berwarna hitam/abu-abu/cokelat pada kulit yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Pada orang dewasa, panu kebanyakan berada pada bagian tubuh yang tertutup pakaian dan berminyak seperti punggung, leher, dada, lengan atas, atau lengan bawah. Sedangkan pada anak atau bayi, panu bisa meluas hingga ke wajah.

Umumnya panu tidak memiliki gejala khusus, namun kadang kala disertai rasa gatal ketika berkeringat.

Cara Menghilangkan Panu

Mengenai cara menghilangkan panu, penderita dapat memilih antara obat yang diminum atau obat topikal. Untuk penderita panu yang berumur dewasa sebaiknya memilih obat yang diminum karena waktunya relatif singkat. Sedangkan penderita panu yang masih bayi atau anak-anak sebaiknya memilih obat topikal.

Tapi sebelum memilih antara obat yang diminum atau obat topikal, penderita harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Salah satu cara menghilangkan panu secara tradisional yang juga bisa Anda coba adalah dengan menggunakan lengkuas/laos dan asam semut. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, penderita sebaiknya menghindari lingkungan yang basah atau lembap.

Cara Mencegah Panu

Ada sejumlah cara efektif untuk mencegah panu. Diantaranya adalah menjaga kebersihan diri, jangan meninggalkan handuk di kamar mandi, rajin mandi, mengeringkan tubuh dengan handuk yang bersih dan kering, jangan memakai pakaian berbahan nilon, sebaiknya gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat, segera keringkan rambut setelah mandi (jika memiliki rambut panjang), jangan menunggu rambut kering sendiri, dan apabila terdapat satu atau dua bercak panu segeralah berkonsultasi ke dokter.

Salam Sehat

 

Artikel Kesehatan - Penyebab Dan Cara Menghilangkan Panu, is Posted Under Tags: , , , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response