Waspadai 3 Penyakit Musim Hujan
Memasuki bulan-bulan dengan curah hujan tinggi, lindungi keluarga Anda dari penyakit yang biasa muncul di musim hujan

Waspadai 3 Penyakit Musim Hujan dan Simak Pencegahannya !

By - On 17 February 2017 - Categories : Kesehatan

Penyakit musim hujan – Memasuki musim dengan intensitas curah hujan yang tinggi, waspadalah dengan beberapa lokasi di kota Anda yang sering menjadi langganan banjir. Dalam kondisi ini, penyakit musim hujan akan banyak bermunculan. Nah, penyakit apa saja sih yang sering muncul saat curah hujan sedang tinggi?

Penyakit Musim Hujan Yang Rentan Menjangkiti Manusia

  • Diare

Penyakit Di saat musim hujan “populer” yang paling sering mengganggu kesehatan adalah diare. Penyebab penyakit diare ini adalah karena sejumlah air bersih yang biasa digunakan warga telah banyak tercemar, ditambah dengan minimnya fasilitas air bersih. Oleh karena itu, cegah diri Anda dari penyakit musim hujan berupa diare ini dengan membiasakan diri untuk cuci tangan dengan sabun atau hand-sanitizer. Bila ada kemungkinan terkena diare, segera minum oralit dan berobatlah ke dokter.

Baca Juga : Penyebab Diare, Gejala, Pengobatan dan Cara Pencegahan

  • Demam Berdarah

Selain diare, penyakit musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini juga kerap bermunculan. Penyakit musim hujan demam berdarah ini dipicu dengan adanya genangan air pada kaleng bekas atau tempat lain yang kemudian menjadi tempat subur bagi jentik-jentik nyamuk demam berdarah utnuk berkembang biak.

Lakukan pencegahan penyakit yang terjadi di musim hujan ini dengan melakukan mengubur kaleng bekas, menguras bak mandi secara teratur, dan menutup wadah air dengan rapat. Selain itu, bila ada anggota keluarga yang menderita demam tinggi yang disertai adanya tanda-tanda pendarahan atau bintik-bintik merah di sekujur tubuh, segera berobatlah ke dokter dan lakuan tes darah.

  • Penyakit Kulit

Tahukah Anda bahwa ada banyak penyakit yang sering terjangkit musim hujan yang disebabkan oleh kutu air dan menimbulkan rasa tak nyaman pada kulit? Meski terlihat sepele, faktanya penyakit musim hujan yang menyerang kulit ini juga kerap menganggu sekaligus memalukan.

Untuk pengobatan pertama, gunakan salep yang mengandung antijamur seperti miconazole atau cetoconazol. Selain itu, jangan lupa untuk memakai alas kaki agar mempersempit ruang penyebaran penyakit musim hujan satu ini.

Nah, itulah ragam penyakit yang terjadi di musim hujan yang sangat patut diwaspadai agar tidak sampai menyerang Anda dan keluarga. Namun, bila ada anggota keluarga yang menderita penyakit serupa, segera lakukan pertolongan pertama dan bila sakit berlanjut, segera berobatlah ke dokter.

Salam Sehat.

Artikel Kesehatan - Waspadai 3 Penyakit Musim Hujan dan Simak Pencegahannya !, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response