Nutrisi Untuk Ibu Hamil Muda
Untuk anda yang sedang menghadapi masa masa kehamilan muda, maka kandungan nutrisi sangat penting untuk di perhatikan.

Nutrisi Untuk Ibu Hamil Muda

By On Friday, March 24th, 2017 Categories : Kesehatan, Parenting

Makanan sehat untuk ibu hamil muda 1-3 bulan dan nutrisi untuk ibu hamil muda sangatlah penting, karena saat itu janin baru mulai tumbuh dan memerlukan berbagai vitamin dan mineral supaya bisa berkembang dengan baik. Walaupun selama hamil muda ibu merasakan mual dan muntah pada 3 bulan pertama.

Karena ibu sedang berbadan dua bukan berarti ibu harus makan dua kali lipat, yang benar adalah makanlah 2 kali lebih bergizi nutrisi hamil muda, bukan 2 kali lebih banyak. Jika makan kebanyakan ibu akan mengalami kegemukan dan setelah sudah melahirkan nanti ibu akan susah untuk menurunkan berat badan.

Berikut adalah beberapa Nutrisi Untuk Ibu Hamil Muda


Folic acid

Folic acid berfungsi untuk mempersiapkan rahim dan mengurangi resiko terjadinya penyakit spina bifida (tulang belakang tidak tertutup sempurna) pada bayi. Nutrisi ibu hamil muda folic acid terdapat pada brokoli, kembang kol, kol, wortel, jagung, kacang kedelai, jeruk, jambu klutuk, alpukat, sereal berbahan gandum atau jagung.


Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi hamil muda yang wajib dikonsumsi sebab saat usia kehamilan masih muda atau memasuki 1-3 bulan, kebutuhan akan protein menjadi sangat penting. Adapun sumber protein terbaik saat kehamilan memasuki fase awal ini adalah daging ayam, telur ayam, tahu, daging sapi dan tempe.


Kalori

Peranan kalori dalam tubuh tentunya sangat penting untuk nutrisi ibu hamil muda, mengingat tubuh ibu hamil membutuhkan kalori untuk pertumbuhan janin yang terdapat di dalam perutnya. Kalori juga di butuhkan untuk hal hal lainnya, contohnya seperti pembentukan plasenta, pembuluh darah, serta untuk daya tahan tubuh seorang ibu hamil tersebut.


Tip memenuhi kebutuhan makanan sehat untuk ibu hamil muda

  • Porsi sayuran dan buah buahan lebih banyak dibandingkan dengan karbohidrat
  • Makan dalam porsi kecil namun sering untuk mengurangi rasa mual
  • Makan 5 kali sehari yaitu satapan, makan siang dan malam, diselip cemilan di antara 3 kali makan utama.

Semua makanan tidak harus kumplit dimakan pada 1 kali makan. Sarannya sarapan telur, roti, susu, siang dan malam makan sayuran, buah buahan dimakan untuk cemilan yaitu pada sore hari.

Baca Juga :
Mual Berlebihan Saat Hamil
Tanda Tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi
Keluhan Awal Kehamilan Dan Cara Mengatasinya

Masih banyak lagi nutrisi untuk ibu hamil muda yang tentunya di butuhkan. Berbagai macam vitamain pun tidak lepas dari kebutuhan seorang ibu hamil muda. Untuk anda yang sedang menghadapi masa masa kehamilan muda, maka kandungan nutrisi sangat penting untuk di perhatikan.

Salam Sehat.

Leave a Reply

Leave a Response