Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik dan Mengesankan

By On Tuesday, October 25th, 2016 Categories : Edukasi

Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik dan Mengesankan
Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa anda bisa di ukur dari cara anda menuliskan sesuatu. Apapun prestasi yang telah Anda capai, dan ingin anda tonjolkan, Tunjukkan dalam CV dengan menyebutkan jumlahnya dengan spesifik, bukan hanya kata-kata. Sehingga CV Anda akan terlihat menonjol. (Img: google)

Dengan bantuan internet untuk mendapatkan contoh Curriculum Vitae (CV) tidak begitu sulit lagi sekarang. Tapi menulis Curriculum Vitae yang baik dan mengesankan dan menyesuaikannya untuk keperluan pribadi Anda sendiri adalah sesuatu yang menantang.

Jadi untuk menghemat waktu Anda, di sini kita bahas Lima Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik dan Mengesankan.

1) Satu atau Dua Halaman Saja

Menulis CV dengan membatasinya satu sampai dua halaman saja adalah sangat penting. Hal ini bisa membuat anda jadi fokus dan CV anda lebih menyenangkan untuk dibaca. Sebuah CV ringkas akan bisa menampilkan dan menggambarkan kemampuan seseorang untuk memutuskan apa yang benar-benar paling penting dalam kualifikasi dirinya. Plus, membantu pembaca/pewawancara saat menyimpan hal-hal yang perlu dalam wawancara kerja.

2) Jika CV nya Singkat, Tempatkan Hal Penting Di Bagian Atas

Percayalah.. Perekrut/pewawancara hanya perlu 6 detik untuk memutuskan apakah mereka ingin melanjutkan membaca CV Anda atau tidak. Usahakan CV anda dapat Menangkap perhatian mereka dengan cepat! Sangat penting untuk menempatkan apa yang Anda (yakini) paling mengesankan dari anda di bagian atas CV Anda. Misalnya, jika Anda bangga dengan pekerjaan sukarela yang telah pernah Anda lakukan, dan percaya bahwa menyebutkan hal tersebut di CV Anda sebagai sesuatu yang istimewa/menonjol, Tulislah di bagian atas. Atau jika Anda memiliki trak akademik yang menakjubkan, tulislah di bagian atas.

Tujuannya adalah untuk mengesankan perekrut/pewawancara sehingga membuatnya cepat untuk berpikir … “tidak buruk, mari kita teruskan ke wawancara”.

Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik dan Mengesankan

Img: Burangir.com

3) Kaitkan Diri dengan Merek Terkenal atau Sudah Diakui

Anda dapat menonjolkan diri anda sendiri dengan memasukkan nama-nama merek terkenal atau perusahaan yang sudah di akui dimana anda pernah bekerja secara langsung di dalamnya.

Tetapi bagaimana bila tidak pernah bekerja secara langsung dengan mereka? ada cara lain, Sebagai contoh, jika Anda pernah berpartisipasi dalam sebuah proyek atau kegiatan di universitas, dan itu disponsori oleh perusahaan atau merek terkenal itu, anda bisa menyebutkannya dalam dalam CV Anda.

Atau, jika Anda pernah melakukan magang dengan perusahaan ukuran kecil / menengah, dan salah satu klien perusahaan itu adalah perusahaan dan merek besar, Anda dapat menyebutkannya juga. Mengasosiasikan diri dengan nama merek yang diakui akan memberikan kredibilitas untuk CV Anda.

4) Spesifiklah dengan  Nomor atau Jumlah

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa anda bisa di ukur dari cara anda menuliskan sesuatu. Apapun prestasi yang telah Anda capai, dan ingin anda tonjolkan, Tunjukkan dalam CV dengan menyebutkan jumlahnya dengan spesifik, bukan hanya kata-kata. Sehingga CV Anda akan terlihat menonjol.

Contoh :

Tidak Spesifik: Bertanggung jawab untuk pembukuan dalam beberapa perusahaan.
Spesifik: Bekerja untuk Pembukuan dalam 3 perusahaan yang berbeda, menghasilkan 12 laporan manajemen yang berbeda untuk masing-masing perusahaan, dan menyajikan laporannya setiap bulan kepada tim yang terdiri dari 20 sampai 25 orang.

5) Please Do not Lie – Janganlah Berbohong

Untuk Menulis Curriculum Vitae Yang Baik dan Mengesankan, tidaklah perlu berbohong. Selalu katakan yang sebenarnya, beberapa orang menganggap bahwa berbohong adalah cara terbaik untuk meningkatkan kredibilitas CV Anda. Mengisi kolom “Pendidikan” atau kolom “Pengalaman Kerja” dengan hal yang tidak benar adalah suatu keputusan yang sangat buruk. Suatu saat nanti ketika anda sudah bekerja dan ketahuan berbohong di CV Anda, itu akan merusak karir, mempengaruhi referensi untuk pekerjaan Anda berikutnya, ditambah perilaku buruk akan ditambahkan dalam catatan kerja anda.

Lebih baik menuliskannya dengan menyoroti dan menekankan pada kualifikasi dan keahlian Anda.  Carilah sisi positif diri Anda dan fokus pada aspek-aspek lain yang menonjol sebagai gantinya.

Praktisnya adalah, katakan dengan sebenarnya, jangan dibesar besarkan, karena Anda akan menjelaskan hal ini selama wawancara.

6) Periksa Ulang CV Anda

Anda merasa CV anda sudah menakjubkan?, jangan salah… orang lain bisa saja beranggapan lain, jadi periksa kembali CV anda dengan baik dan pertimbangkan dengan baik pula.

Anda tentu tidak ingin gagal masuk kerja hanya karena kesalahan penulisan atau pengetikan alamat, nomor telepon Anda, atau kesalahan tata bahasa konyol. Jadi untuk terakhir kalinya sebelum Anda mengirimkan lamaran kerja anda, periksa secara detail semua kesalahan, sebab semua itu akan membuat pembaca CV anda melihat bahwa Anda adalah seorang yang sangat ber hati-hati dan bersungguh sungguh ingin mendapatkan pekerjaan yang sedang anda lamar.

Semoga Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik dan Mengesankan ini bermanfaat buat sahabat Burangir semua

Artikel Edukasi - Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik dan Mengesankan, is Posted Under , By burangir | 4.5

Leave a Reply

3 Comments

  1. Cocok, artikelnya sangat membantu, saya saat ini sedang mempersiapkan, lamaran kerja setelah kelulusan saya dari kuliah., Terimkaksih telah berbagi… dan saya coba terapkan, salam

  2. oh ya kalau boleh perbanyaklah artikel edukasi, saya melihat blog burangir sangat bagus dan bisa berkembang… salam

    • Terimakasih buat sarannya bro Ucok…,

Leave a Response