Inilah Penyebab Sariawan, Cara Mencegah dan cara mengobati sariawan
Sariawan

Cara Mengobati Sariawan, Penyebab Dan Cara Mencegahnya

By On Tuesday, March 28th, 2017 Categories : Kesehatan

Cara Mengobati Sariawan, Penyebab Dan Cara Mencegahnya – Sehat adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang. Ketika ada bagian tubuh yang kurang sehat tentu akan menyebabkan aktifitas terganggu walau itu Cuma halyang kecil. Sariawan merupakan salah satu hal kecil yang bisa menyebabkan aktifitas tidak nyaman.

Stomatitis aftosa atau sering dikenal dengan sariawan adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut yang berwarna bercak putih dengan permukaan yang cenderung cekung. Sariawan akan menyebabkan ketidaknyamanan pada saat mengunyah dan untuk menelan makanan.

Cara Mengobati Sariawan, Penyebab Dan Cara Mencegahnya


Penyebab Sariawan

Penyebab sariawan ada berbagai macam. Biasanya sariawan terjadi karena tubuh mengalami kekurangan vitamin C, zat besi, vitamin B12. Sariawan juga bisa muncul akibat mulut tergigit. Selain itu sariawan juga merupakan tanda dari kelainan pencernaan, daya tahan tubuh melemah, kebersihan mullut yang tidak terjaga, produk pasta gigi yang tidak cocok dengan mulut, dan mengonsumsi makanan yang terlalu asam atau pedas. Gejala yang timbul diantaranya dalah bibir pecah-pecah, terkadang disertai luka dibagian sekitar mulut atau gusi, mulut teearsa kering, dan gusi berdarah.


Cara Mencegah Sariawan

Sariawan sebenarnya bisa dicegah melalui hal yang cukup sederhana. Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sariawan diantaranya adalah sebagai berkut:

  • Menjaga kebersihan mulut (contohnya rajin menyikat gigi)
  • Berhenti merokok
  • Jika menggunakan gigi palsu, maka gig palsu juga harus dijaga kebersihannya
  • Rutin memeriksakan mulut dan gigi ke dokter
  • Banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C

Gejala Sariawan

Gejala Sariawan sebenarnya tidak begitu saja bisa diketahui. Banyak gejala yang ditimbulkan jika sariawan menyerang mulut. Gejala-gejala yang timbul yaitu mulut merasa tidak nyaman, timbul luka berwarna putih di lidah atau di dinding mulut, terjadi pendarahan ringan jika luka tergores,lidah teasa panas, rongga tenggorokan memerah, sakit pada saat menelan.


Baca Juga :
Mengenal Apa Itu Flu Singapura, Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati
Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegah Penyakit Tifus
Mengenal Penyakit Asam Urat, Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobatinya


Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan, Penyebab Dan Cara MencegahnyaSariawan bisa diobati menggunakan banyak cara bisa menggunakan cara yang alami, bisa juga menggunakan obat_obatan yang saat ini sudah banyak dijual. Berikut ini akan saya berikan beberapa ramuan yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan menggukan bahan-bahan yang alami.

1. Cara Mengobati Sariawan Dengan Menggunakan: Garam dan Baking soda

Yang pertama mengunakan campuran garam dan baking soda yang dijadikan pasta. Kedua bahan ersebut tentu sangat mudah didapatkan. Caranya cukup mudah baking soda dan garam ini hanya dijadikan pasta. Caranya yaitu dengan mencampurkan kedua bahan tersebut mengguanakan sedikit air. Lalu untuk mengobati sariawan oleskan pada bagian mulut yang terserang sariawan. Tunggu selama kurang lebih selama 10 menit, jika sudah cukup pasta yang tadi dioleskan dibasuh mengunakan air bersih.

2. Cara Mengobati Sariawan Dengan Menggunakan: Yogurt

Cara yang selanjutnya dengan mengonsumsi yogurt. Yogurt diketahui mampu menjaga bakteri yang ada didalam mulut menjadi seimbang. Maka yogurt juga bisa mempercepat proses penyembuhan ysariawan yang menyerang mulut.

3. Cara Mengobati Sariawan Dengan Menggunakan: Pisang dan Madu

Pasta alami yang bisa diibuat secara mandiri adalah campuran pisang dengan madu. Caranya sangat mudah cukup haluskan buah pisang dengan menggunakan blender atau cukup menggunakan sendok. Jika sudah halus campurkan dengn madu yang sudah disiapkan. Selanjutnya oleskan pasta ini pada permukaan sariawan. Tunggu beberapa saat untuk pisang dan madu tersebut bereaksi. Pasta pisang dan madu ini berfunsi untuk mecegah peradangan.

4. Cara Mengobati Sariawan Dengan Menggunakan: Mentimun

Buah mentimun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Siapkan mentimun kemudian cuci mentimun sampai berih. Selanjutnya kupas mentimun tersebut lalu dipotong-potong. Mentimun tersebut bisa langsung dimakan atau bisa dimakan bersamaan untuk lalapan. Hal ini bisa dilkukan secara rutin agar sariawan yang terjadi bisa lekas sembuh.


Sariawan terjadi karena kekurangan vitamin maka penyembuhannya bisa dengan mengonsumsi vitamin secara langsung. Vitamin yang perlu diminum adalah vitamin B, vitamin c. ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Minum vitamin juga bisa dilakukan tanpa menunggu sakit menyerang. Tetapi vitamin yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan.

Demikian beberapa ulasan memngenai sariawan. Untuk sehat sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan selalu memperhatikan asupan makanan dan melakukan pola hidup yang sehat maka sehat akan selalu bersama anda.

Salam sehat.

Leave a Reply

Leave a Response