Gagang Pintu Untuk Double Panel Doors
Gagang Pintu Untuk Double Panel Doors

Memilih Desain Gagang Pintu Untuk Double Panel Doors

By On Saturday, March 4th, 2017 Categories : Asri

Sebagus apapun daun pintu di rumah kita, apalagi pintu depan rumah, tanpa diimbangi dengan gagang pintu yang serasi akan kurang bagus dilihat. Terkadang memilih pegangan pintu sering dianggap pekerjaan yang mudah, padahal handle pintu harus memperhatikan keindahan, kekuatan dan nilai estetika sehingga antara daun pintu dan gagang pintu tidak saling “tabrakan” bila dilihat.

Gagang pintu dengan desain minimalis

Gagang pintu dengan desain minimalis

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih handle pintu. Misalnya, memilih handle pintu untuk interior rumah harus diperhatikan segi keamanan pintu. Pada dasarnya, memilih handle pintu hanya perlu memutuskan apakah pintu bagian dalam saja yang difungsikan untuk mengunci. Biasanya pintu kamar tidur meiliki kunci yang berada di bagian dalam.

Baca Juga :
Desain Teras Rumah Minimalis Modern
Desain Interior Ruang Tamu Minimalis

Di sisi lain, jika untuk pintu bagian eksterior harus mempertimbangkan keamanan yang diperlukan untuk mengunci dan membukanya. Kecuali hunian anda berada di daerah yang aman, anda bisa menggunakan pegangan pintu standard yang berkunci. Namun, bila menginginkan keamanan ekstra, bisa memilih pegangan pintu yang memiliki mekanisme penguncian yang lebih kuat untuk menambah perlindungan dan keamanan.

Gagang pintu yang kokoh terbuat dari baja hitam

Gagang pintu yang kokoh terbuat dari baja hitam

Saat ini, gagang pintu sudah memiliki banyak variasi bentuk, desain dan finishing. Jika rumah anda menerapkan gaya minimalis, pegangan pintu yang simpel dengan finishing stainless merupakan pilihan untuk menambah keindahan gaya minimalis rumah anda.

Ada baiknya sebelum memilih pegangan pintu, ukur terlebih dahulu ketebalan pintunya. Kebanyakan pintu memiliki ketebalan yang standar. Namun bila memesan pintu khusus, pastikan pegangan pintu yang dipilih sesuai, agar pas saat dipasang.

Gagang pintu desain klasik. Image credit: astudioarchitect.com

Gagang pintu desain klasik. Image credit: astudioarchitect.com

Bahan dasar pegangan pintu saat ini kebanyakan terbuat dari baja, kuningan, stainless steel, dan logam campuran. Untuk silinder dan bolt atau lidah penguncinya terbuat dari bajam sedangkan gagang pintu lebih sering menggunakan bahan kuningan atau stainless steel anti karat.Material ini memiliki keunggulan tahan lama terhadap perubahan cuaca karena kandungan karbon yang rendah.

Pegangan pintu bergaya klasik ditandai oleh material kuningan dengan ragam ukiran atau tanpa ukiran. Sementara yang modern bisa dilihat dari material stainless steel tanpa banyak ukiran atau ragam hiasan.

Artikel Asri - Memilih Desain Gagang Pintu Untuk Double Panel Doors, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response