Manusia Manusia Terpendek dan Terkecil Di Dunia

By On Thursday, June 22nd, 2017 Categories : Unik

Aditya “Romeo” Dev
Aditya “Romeo” Dev

Manusia Manusia Terpendek dan Terkecil Di Dunia – Dalam kebanyakan kasus, orang-orang bertubuh pendek disebabkan karena kondisi medis yang dikenal dengan istilah dwarfisme. Dwarfisme merupakan kondisi yang disebabkan faktor genetik atau kondisi medis. Tinggi orang dewasa yang menderita dwarfisme rata-rata 122 sentimeter, seperti dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (14/11).

Secara umum, penyakit ini dibagi dua kategori, yaitu proporsional dan tidak proporsional. Dwarfisme tidak proporsional adalah kondisi di mana hanya beberapa bagian tubuh yang kecil, sedangkan dwarfisme proporsional adalah kondisi di mana semua bagian badan kecil.

Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini punya badan yang pendek. Dalam kebanyakan kasus, kepala tampak lebih besar dibandingkan bagian badan. Namun, mereka punya kemampuan intelektual yang normal.

Selain tubuh yang lebih pendek dibandingkan yang lainnya, mereka juga punya lengan dan kaki yang pendek serta mobilitas di siku tidak sebebas orang kebanyakan. Pada beberapa kasus, mereka mengalami gangguan penglihatan dan pendengaran.

Dalam banyak kasus, penyakit ini terjadi karena kelainan genetik, namun penyebab pastinya masih belum diketahui secara jelas. Kebanyakan terjadi karena mutasi genetik, entah dari sperma ayah atau sel telur ibu. Oleh karena itu, banyak orang yang menderita ini dilahirkan dari orang tua yang bertubuh normal.

Ada beberapa masalah yang dialami orang dwarfisme: melambatnya kemampuan motorik, seperti duduk dan berjalan. Infeksi teliga terus-menerus yang mengakibatkan hilangnya kemampuan pendengaran, kesulitan pernapasan saat tidur, gigi yang berantakan, artritis, serta kelebihan berat badan.

Kelainan jantung juga terjadi dalam beberapa kasus. Sementara itu, perempuan yang menderita dwarfisme disproporsional dapat mengalami gangguan pernapasan saat melahirkan. Oleh karena itu, proses caesar sangat diperlukan.

Belum banyak orang yang bisa menerima kehadiran pengidap dwarfisme. Anak yang mengidap dwarfisme masih kerap menerima cemoohan dan stigma. Selain itu, kehadiran mereka di dunia film juga kerap membentuk stereotip tertentu.

Menjadi manusia terpendek tentu juga bukan keinginan semua orang namun pasti di dunia ini memiliki ketidaksamaan dalam bentuk fisik , ada yang terlahir dengan tubuh tinggi , kurus , gemuk dan ada juga yang terlahir dengan tubuh yang kecil atau pendek .

Namun itulah hidup, kita sebagai manusia harus pandai-pandai bersyukur atas nikmat yang telah tuhan berikan kepada kita .

Inilah Manusia Manusia Terpendek dan Terkecil Di Dunia


1. Edward Niño Hernández

Edward Niño Hernández manusia terkecil di dunia

Edward Niño Hernández manusia terkecil di dunia (Google)

Edward Niño Hernández secara resmi dinyatakan sebagai manusia terpendek di dunia pada tanggal 4 September 2010, oleh Guinness World Records. Pada usia 24 tahun Hernandez memiliki tinggi 0,7 m (2 ft 3 1/2 in) dan berat 10 kg (22 lb). Hernandez tinggal di Bogotá, Kolombia .

Juara sebelumnya, He Pingping dari Mongolia Dalam, memiliki ukuran 1,5 inci lebih tinggi dan meninggal pada 13 Maret 2010 di Roma, Italia. Rekor Hernandez berakhir pada tanggal 14 Oktober 2010 dan di ambil alih oleh Khagendra Thapa Magar dari Nepal yang berusia 18.


2. Khagendra Thapa Magar

khagendra-thapa-magar

Khagendra Thapa Magar – (www.gettyimages.co.uk)

Khagendra Thapa Magar (lahir 14 Oktober 1992 ), Putra dari pasangan Rup Bahadur dan Dhana Maya Thapa Magar, adalah pria terpendek di dunia, berukuran 0,67 m (2 ft 2 in). Dia adalah pemegang rekor dari Guinness World Records setelah dia mengambil tahta tersebut dari Edward Niño Hernández. Dia kehilangan gelar “Manusia Terpendek Dunia” pada tanggal 12 Juni 2011, dan di kalahkan oleh Junrey Balawing dari Filipina.


3. Junrey Balawing

Junrey Balawing manusia terpendek di dunia (www.vosizneias.com)

Junrey Balawing jokes with a ruler prior to being measured by the Guinness World Records at Sindangan Municipal Hall, Sindangan township, Zamboanga Del Norte province in Southern Philippines, Sunday June 12, 2011, his 18th birthday and coincidentally the Philippines’ Independence Day. Balawing was officially declared “the world’s shortest living man” with a measurement of 23.5 inches (59.93 centimeters) dislodging Nepal’s Khagendra Thapa Magar with a measurement of 26.4 inches. (AP Photo/Bullit Marquez)

Junrey Balawing dibaca joon-ree, pengucapan Tagalog: [d?unr? b?lawI?] yang artinya mendengarkan lahir pada tanggal 12 Juni 1993 adalah pemegang rekor Filipina dan mantan di Guinness Book of World Records. Balawing merupakan pria terpendek dunia dengan tinggi 59.93 cm (23,59 in). Pernyataan tersebut datang pada saat perayaan ulang tahun ke-18 Balawing ini. Guinness World Records resmi mengatakan Balawing memecahkan rekor Khagendra Thapa Magar dari Nepal,. Yang memiliki tinggi 0,67 m (2 ft 2 1/3 in).

Dia mengalami perhentian pertumbuhan Pada Usia 2 tahun . Balawing adalah anak seorang pandai besi yang miskin, lahir dan tinggal di Sindangan, Zamboanga del Norte, sekitar 865 kilometer (537 mil) selatan dari ibukota Manila.

Meskipun ia didokumentasikan sebagai salah satu manusia terpendek yang masih hidup, gelar manusia terpendek dalam sejarah saat itu masih dipegang oleh Gul Mohammed dari India, yang memiliki tinggi 57 cm (22 in) yangmeninggal pada tanggal 1 Oktober 1997.

Junrey hanyak memegang rekor tesebut kurang dari satu tahu. Pada bulan Februari 2012, Chandra Bahadur Dangi Nepal, yang memiliki tinggi 54,6 cm (21,5 in) dinyatakan sebagai manusia terpendek di dunia.


4. Gul Mohammed

Gul-Mohammed-manusia-terpendek-di-dunia

Gul Mohammed manusia terpendek di dunia

Gul Mohammed (15 Februari 1957 – 1 Oktober 1997) New Delhi, India, menurut The Guinness Book of World Records, Gul Mohammed manusia dewasa yang terpendek waktunya dan keberadaannya dan tinggi nya telah diverifikasi secara independen.

Pada tanggal 19 Juli 1990, ia diperiksa oleh Ram Manohar Lohia Hospital, New Delhi, India dan ia memiliki tinggi 1 kaki 10,4 inci (57 cm) tinggi dan beratnya 17,0 kg. Dia meninggal pada tanggal 1 Oktober 1997, akibat dari komplikasi pernapasan dan setelah perjuangan panjang melewati asma dan bronkitis, yang diperoleh karena dia merupakan merokok berat. Rekornya di ambil alih oleh Chandra Bahadur Dangi.


5. Chandra Bahadur Dangi

Chandra Bahadur Dangi manusia terpendek di dunia

Bahadur Dangi, from Nepal, the shortest adult to have ever been verified by Guinness World Records, is pictured next to a stack of books during a photocall in central London, on November 13, 2014, to mark Guinness World Records Day. Chandra Dangi, measures a tiny 21.5in (0.54m). AFP PHOTO / ANDREW COWIEANDREW COWIE/AFP/Getty Images

Chandra Bahadur Dangi (lahir pada tanggal 30 November 1939) berasal dari negara Nepal merupakan orang terpendek di dunia, berukuran 0.546 m (1 ft 9 in). Dia memecahkan rekor Gul Mohammed, manusia dewasa terpendek yang tingginya 0,5715 m (1 ft 11 in). Chandra menjadi terkenall ketika seorang kontraktor kayu melihatnya di desanya.

Ia dianugerahi gelar manusia dewasa terpendek yang pernah tercatat setelah mengukur tinggi badannya tiga kali dalam 24 jam. Guinness Book of World Records mengatakan bahwa Chandra adalah satu-satunya orang dalam dalam kurung waktu 57 tahun sejarah Guinness untuk orang terpendek pada usia 72.
Dangi hidup dengan keponakannya di desa terpencil di Nepal yang merupakan sekitar 400 km dari ibukota negara. Dia ingin melakukan perjalanan mengelilingi dunia. Dia menyatakan bahwa dengan dia menjadi orang terpendek di dunia dan milik Nepal, dia ingin mempopulerkan desanya dan negaranya melalui gelarnya tersebut.

Pada tahun 2012, ia bertemu wanita terpendek di dunia, Jyoti Amge dari Nagpur, India. Pasangan ini berpose bersama-sama untuk edisi 57 dari Guinness World Records 2013. Saat ini diketahui penyebab kondisi medis yang dialami oleh Dangi itu.


6 Jyoti Amge ( Wanita Terkecil di Dunia)

Jyoti Amge Wanita Terkecil di Dunia

Jyoti Amge Wanita Terkecil di Dunia

Jyoti Amge (lahir 16 Desember 1993), warga Nagpur, India, adalah perempuan yang hidup terkecil di dunia menurut Limca Book of Records dan Guinness Book of Records.

Pada tanggal 16, 2011, pada hari ulang tahunnya ke-18, dia telah resmi menyatakan wanita terkecil di dunia oleh Guinness Book of Records dengan tinggi 58,42 cm (23 inci). Ketinggian terbatas nya adalah karena anomali pertumbuhan yang disebut achondroplasia.


7. Stacey Herald (Ibu Terkecil di Dunia)

Stacey Herald Ibu Terkecil di Dunia

Stacey Herald Ibu Terkecil di Dunia

Stacey Herald, yang mempunyai tinggi hanya 70 cm, diberitahu oleh doketer bahwa menjadi hamil bisa membunuhnya, tetapi dengan berani menantang dokter untuk memiliki dua bayi setengah tinggi badannya.

Wanita 35-tahun dari Dry Ridge, Kentucky, di AS menderita Osteogenesis Imperfecta, yang menyebabkan tulang rapuh dan paru-paru berkembang, dan berarti dia gagal untuk tumbuh.Nyonya Herald, yang menggunakan kursi roda, dan suaminya Will, yang tingginya sekitar 175 cm, bersemangat menunggu kelahiran bayi ketiga mereka, dalam empat minggu mendatang.

Karena ukuran tubuhnya dia tidak dapat mencegah dan mengajarkan putrinya berjalan dia banyak bergantung pada suaminya. Dia mengakui ketika hamil merrasa sangat’tidak nyaman’ dan terbaring di tempat tidur selama berminggu-minggu pada akhirnya. Pasangan ini bertemu pada tahun 2000 saat bekerja untuk sebuah supermarket di kota asal mereka


8. AJay Kumar (Aktor Terpendek di Dunia)

AJay Kumar Aktor Terpendek di Dunia

AJay Kumar Aktor Terpendek di Dunia

Aktor Komedi India Ajay Kumar telah resmi diakui sebagai aktor terkecil di dunia. Kumar, yang memiliki tinggi 75 cm telah berhasil masuk ke Guinness Book of World Records setelah membintangi lebih dari 50 film dari usia 13 tahun. Lebih dikenal dengan nama panggung Unda Pakru, bintang kecil telah menjadi nama marga di daerah aslinya, Kerala.

Setelah meraih ketenaran dan keberuntungan lewat aktingnya, Ajay bahkan dianggap sebagai sukses yang memenuhi syarat yang diinginkan sebuah keluarga yang ingin mencarikan seorang suami yang baik untuk anak perempuan mereka. menikah pada tahun 2005 dengan istrinya Gayatri yang mempunyai tinggi 150 cm, pernikahanya disiarkan di televisi lokal di seluruh negara bagian India barat daya.


9. Aditya “Romeo” Dev (Binaragawan Terkecil di Dunia)

Aditya “Romeo” Dev Manusia Terpendek dan Terkecil

Aditya “Romeo” Dev

Aditya “Romeo” Dev, yang mempunyai tinggi hanya 0,84 m adalah binaragawan terkecil di dunia. Romeo yang seukuran pint terkenal di kampung halamannya di Phagwara, India – karena kemampuannya untuk mengangkat dumbel 1,5 kg – meskipun keseluruhan berat badannya 9 kg. Setiap hari, orang banyak berbondong-bondong ke gym lokal untuk melihat manusia mini-berotot dalam pelatihan.

Sementara kebanyakan orang kerdil memiliki kepala lebih besar jika dibandingkan dengan tubuh mereka, Romeo sangat proporsional, dan meskipun perawakannya kecil, tubuhnya mempunyai trisep, bisep, betis dan paha yang akan membuat banyak lelaki dewasa malu. Dia diakui oleh Guinness Book of Records pada tahun 2006 setelah tiga bulan latihan intens.


10. Chen Li Guilan & Tangyong (Pasangan Terpendek di Dunia)

Chen Li Guilan dan Tangyong Pasangan Terpendek di Dunia

Chen Li Guilan dan Tangyong Pasangan Terpendek di Dunia

Dua warga Cina pengantin baru berharap untuk masuk ke buku rekor sebagai pasangan terpendek di dunia. Chen Guilan, 70 cm, dari kota Shunde, Cina, menikahi Li Tangyong, 67 cm pada Oktober 2007.

itulah informasi seputar Manusia Manusia Terpendek dan Terkecil Di Dunia Baca Juga Artikel Unik: Terapi Menelan Ikan Hidup Untuk Pengobatan Asma di India


PERBENDAHARAAN :

PERBEDAAN ANTARA DWARFISME DAN KRETINISME

Manusia dikatakan berperawakan pendek (kerdil) bila tinggi badan dua kali di bawah tinggi badan rata-rata orang-orang yang sama usia dan jenis kelaminnya. Ada dua jenis perawakan pendek yaitu :

  • Dwarfism (cebol) yaitu gangguan pertumbuhan akibat gangguan pada fungsi hormon pertumbuhan / growth hormone. Gejalanya berupa badan pendek, gemuk, muka dan suara imatur (tampak seperti anak kecil), pematangan tulang yang terlambat, lipolisis (proses pemecahan lemak tubuh) yang berkurang, peningkatan kolesterol total / LDL, dan hipoglikemia. Biasanya intelengensia / IQ tetap normal kecuali sering terkena serangan hipoglikemia berat yang berulang.Hormon pertumbuhan ini diproduksi oleh somatrotop (bagian dari sel asidofilik) yang ada di kelenjar hipofisis. Hormon ini merupakan hormon yang penting untuk pertumbuhan setelah kelahiran dan metabolisme normal karbohidrat, lemak, nitrogen serta mineral. Hormon ini tidak bekerja secara langsung dalam mempengaruhi pertumbuhan, tetapi melalui perantaraan suatu peptida yang disebut somatomedin (IGF I dan IGF II) yang produksinya diinduksi oleh hormonpertumbuhan. Somatomedin yang produksi utamanya di hati ini dipengaruhi juga oleh usia dan status gizi seseorang. Somatomedin inilah yang akan berikatan dengan reseptor-reseptor dalam sel tubuh guna merangsang pertumbuhan melalui:
    • Sistesis protein. Hormon pertumbuhan akan meningkatkan produksi protein dan transportasinya ke sel-sel otot sehingga merangsang pertumbuhan otot dan jaringan pada umumnya.
    • Metabolisme karbohidrat. Hormon pertumbuhan memiliki efek antagonis terhadap insulin sehingga meningkatkan kadar gula dalam darah, yang nantinya akan meningkatkan proses konversi karbohidrat menjadi protein.
    • Metabolisme lemak. Hormon pertumbuhan akan meningkatkan penguraian lemak tubuh menjadi asam lemak bebas dan gliserol sehingga kadar lemak dalam darah meningkat.
    • Metabolisme mineral. Hormon pertumbuhan meningkatkan kadar kalsium, magnesium serta fosfat sehingga merangsang pertumbuhan panjang dari tulang keras dan pertumbuhan tulang rawan terutama pada anak-anak.
    • Efek mirip prolaktin sehingga merangsang kelenjar payudara dan produksi susu saat kehamilan.

    Kekurangan hormon pertumbuhan ini akan mempengaruhi pertumbuhan tulang dan otot serta mengganggu metabolisme karbohidrat, lemak dan mineral yang bermanifestasi menjadi cebol. Ada dua sebab kekurangan hormon pertumbuhan yaitu:

    • Kekurangan hormon pertumbuhan yang congenital (bawaan) yaitu karena produksinya memang kurang atau karena reseptor dalam sel yang kurang atau tidak sensitive terhadap ragsangan hormon. Biasanya gejala mulai tampak sejak bayi hingga puncaknya pada dewasa, jadi dari kecil postur tubuhnya selalu lebih kecil dari anak yang lain. Misalnya karena agenesis hipofisis atau defek /mutasi dari gen tertentu yang menyebabkan kurangnya kadar hormon seperti sindroma laron dan fenomena pada suku pygmi di Afrika.
    • Kekurangan hormon pertumbuhan yang didapat. Biasanya gejala baru muncul pada penghujung masa kanak-kanak atau pada masa pubertas, jadi saat kecil sama dengan yang lain, namun kemudian tampak terhentinya pertumbuhan sehingga menjadi lebih pendek dari yang lain. Kadang juga disertai gejala-gejala lain akibat kurangnya hormon-hormon lain yang juga diproduksi hipofisis. Penyebab paling sering adalah tumor pada hipothalamus – kelenjar hipofisis seperti kraniofaringioma, glioma, histioma atau germinoma. Iradiasi kronis juga dapat mengurangi produksi hormon.

    Terapi untuk cebol akibat kekurangan hormon pertumbuhan dapat berupa pemberian hormon pertumbuhan dari luar terutama pada produksi yang berkurang atau tumor pada hipofisis setelah tumor diatasi terlebih dahulu. Sedangkan pada reseptor yang kurang atau resisten terhadap hormon belum ada terapi yang dapat dilakukan.

  • Kretinisme yaitu perawakan pendek akibat kurangnya hormon tiroid dalam tubuh. Hormon tiroid diproduksi oleh kelenjar tiroid (gondok) terutama sel folikel tiroid. Penyebab paling sering dari kekurangan hormon tiroid adalah akibat kurangnya bahan baku pembuat. Bahan baku terpenting untuk produksi hormon tiroid adalah yodium yang biasanya terdapat pada garam yang beryodium. Kretinisme dapat terjadi bila kekurangan berat unsur yodium terjadi selama masa kehamilan hingga tiga tahun pertama kehidupan bayi. Hormon tiroid bekerja sebagai penentu utama laju metabolik tubuh keseluruhan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta fungsi saraf. Sebenarnya gangguan pertumbuhan timbul karena kadar tiroid yang rendah mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan, hanya saja ditambah gangguan lain terutama pada susunan saraf pusat dan saraf perifer. Bila kurangnya hormon tiroid terjadi sejak janin, maka gejalanya adalah defisiensi mental (IQ rendah) disertai salah satu gejala atau keduanya yaitu:
    • Gangguan pendengaran (kedua telinga dan nada tinggi) dan gangguan wicara, gangguan cara berjalan (seperti orang kelimpungan) ,mata juling, cara berjalan yang khas, kurangnya massa tulang, terlambatnya perkembangan masa pubertas dll.
    • Cebol dan hipotiroidisme.

    Bila kekurangan hormon tiroid akibat kurangnya yodium terjadi pada masa kanak-kanak atau masa pertumbuhan, maka hanya terjadi perawakan yang pendek tanpa retardasi mental. Penderita biasanya kurus dan mukanya tetap menua sesuai umur disertai cara berjalan yang khas.

    Kekurangan hormon tiroid dapat menyebabkan perawakan pendek tetapi kelebihan hormon tiroid tidak menambah tinggi badan tetapi menyebabkan penyakit lain yaitu hipertiroidisme.

    Terapi yang paling baik untuk kretinisme adalah pencegahan. Pencegahan dapat dilakukan dengan menkomsumsi makanan yang diberi garam beryodium atau pemberian suplemen yodium terutama pada daerah endemic kurangnya yodium. Pada kurangnya yodium yang terjadi pada masa kanak-kanak dapat diberikan terapi hormone tiroid dari luar misalnya levo-tiroksin hingga kadar tiroid stimulating hormone (TSH) normal dicapai sambil memberikan suplemen yodium untuk merangsang produksi hormon.

SEMOGA BERMANFAAT

Artikel Unik - Manusia Manusia Terpendek dan Terkecil Di Dunia, is Posted Under Tags: , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response