Manfaat Buah Tomat Dimakan Mentah
Buah tomat memiliki banyak senyawa yang terkandung didalamnya, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, karbohidrat, lemak, kalsium, besi, kalium, air, protein, fosfor, natrium, dan serat.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

By - On 22 August 2017 - Categories : Kesehatan

Apakah Manfaat tomat untuk kesehatan ?  Tomat, buah yang memiliki nama ilmiah solanum lycopersicum ini ketika matang bisa berwarna ungu, merah, jingga, kuning, hijau, hingga belang-belang. Tomat dapat digolongkan berdasarkan bentuk dan ukurannya, diantaranya ceri yang ukurannya kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah, gondol yang umumnya digunakan sebagai saus dengan bentuk lonjong oval, sayur yang berbentuk buah padat dan digunakan sebagai bahan masakan, granola yang berbentuk bulat dengan pangkal buah mendatar dan dikenal sebagai tomat buah.

Umumnya orang mengenal beberapa jenis tomat, yakni tomat sayur, tomat buah, dan tomat lalapan. Jadi tomat bisa digolongkan sebagai buah atau sayur, walaupun bentuknya menyerupai buah. Buah yang satu ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan karena kaya akan vitamin C, misalnya dapat mengecilkan pori-pori maupun memutihkan kulit.

BACA JUGA :
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Pengobatan Diare

Kandungan Tomat

Buah tomat memiliki banyak senyawa yang terkandung didalamnya, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, karbohidrat, lemak, kalsium, besi, kalium, air, protein, fosfor, natrium, dan serat. Namun senyawa yang jumlahnya paling banyak dalam tomat adalah senyawa likopen. Likopen itu sendiri merupakan sebuah senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, sebagai antioksidan, dan bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Berikut ini sejumlah manfaat tomat untuk kesehatan :

Tomat dapat mencegah batu ginjal (mengkonsumsi tomat tanpa bijinya dipercaya mampu menurunkan risiko batu ginjal), tomat dapat memutihkan kulit (caranya, kupas tomat dan gunakan kulit tomat sebagai masker wajah, biarkan hingga sepuluh menit, kemudian bilas), tomat dapat menyehatkan mata (tomat mampu menyehatkan mata dan mencegah penyakit rabun senja karena kaya akan kandungan vitamin A), tomat dapat memperlancar pencernaan (tomat mengandung serat yang diperlukan tubuh sehingga sistem pencernaan akan menjadi lebih sehat), dan dapat menjaga kesehatan rambut (tomat baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan rambut).

Selain itu, tomat juga dapat meredakan diabetes (menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi dua buah tomat tiap hari dapat mengurangi stres oksidatif diabetes tipe 2, karena mengandung banyak mineral kromium), tomat berguna sebagai antioksidan (senyawa lycopene yang ada pada tomat merupakan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas), tomat dapat mencegah kanker (lycopene yang ada pada buah tomat dapat mencegah kanker rahim, kanker lambung, usus besar, rektum, dan pankreas), serta dapat mencegah penyakit jantung (tomat mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol karena mengandung kalium dan vitamin B).

Buah tomat juga mengandung zat anti radang dan anti bakteri sehingga mampu menghilangkan jerawat, caranya cucilah tomat hingga bersih dan iris menjadi beberapa bagian, oleskan secara merata pada wajah, biarkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih. Penggunaan masker tomat juga dapat berkhasiat untuk menghilangkan komedo. Namun jika Anda ingin memutihkan wajah dengan menggunakan tomat, maka campur buah tomat, lemon, dan oatmeal pada wajah, diamkan hingga sepuluh menit, lalu bilas dengan air hangat.

Semoga ulasan mengenai Manfaat Tomat Untuk Kesehatan diatas berguna buat sobat burangir.com

Artikel Kesehatan - Manfaat Tomat Untuk Kesehatan, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response