Manfaat Sayuran Bagi Tubuh
Sayuran

Manfaat Sayuran Bagi Tubuh

By - On 19 March 2017 - Categories : Kesehatan

Manfaat sayuran bagi tubuh – Definisi sayuran adalah bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan umumnya memiliki kandungan air tinggi, serta dikonsumsi dalam kondisi segar maupun setelah menjadi makanan olahan.

Kata “sayuran” sendiri adalah bentuk turunan dari kata “sayur”. Umumnya, sayuran merupakan bagian vegetatif dari tumbuhan. Bagian sayuran yang bisa dimanfaatkan dikelompokkan mulai dari bunganya seperti turi dan kecombrang, buahnya seperti tomat dan terong, bijinya seperti kacang merah dan buncis, daunnya seperti kangkung atau bayam, serta batang yang berusia muda seperti rebung, atau bonggol umbi. Beberapa jenis sayur juga dimanfaatkan pada bagian yang tertimbun tanah seperti kentang, wortel, atau lobak. Bahkan sejumlah bagian jamur yang bisa dimakan juga tergolong sebagai sayuran.

Manfaat Sayuran Bagi Tubuh

Sayuran hijau mempunyai banyak kandungan zat gizi alami. Setidaknya, selain mengandung sejumlah unsur mineral seperti magnesium, zat kapur, fosfor, maupun zat besi, sayurang hijau juga kaya akan vitamin A dan vitamin C. Malahan, sayuran yang memiliki warna hijau tua termasuk sumber karotenoid terbaik dan efektif dalam menangkal radikal bebas. Karotenoid sendiri adalah pigmen yang terdapat pada tanaman.

Manfaat Sayuran Bagi Tubuh 2

Sayuran hijau mempunyai banyak kandungan zat gizi alami.

Umumnya, sayuran hijau juga mengandung serat alami dan antioksidan yang bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan, serta menjaga kesehatan tubuh. Dengan serat alami tersebut, maka sisa metabolisme yang tidak bermanfaat bisa mudah keluar dari tubuh, sehingga tidak lama mengendap dalam tubuh dan menjadi penyakit. Sedangkan antioksidan akan melindungi mata dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan katarak. Antioksidan yang ada pada sayuran hijau tersebut adalah lutein dan zeaxanthin (10 kali lebih banyak daripada vitamin E).

Walaupun sebagian besar orang tidak menyukai jus sayuran, namun dengan mengkonsumsi jus sayuran, maka tubuh akan senantiasa terhindar dari berbagai penyakit karena kandungan vitamin dan mineral yang ada didalamnya.

Nutrisi Dalam Sayuran

Berbagai sayuran tersebut memiliki kandungan nutrisi yang bermacam-macam, namun secara umum, kandungan protein atau lemak dalam sayuran hanya ada sedikit, sedangkan untuk kandungan vitamin, mineral, karbohidrat, provitamin, antioksidan, anti jamur, anti bakteri, anti racun, dan fibernya berbeda-beda.

Walaupun sayuran memiliki banyak manfaat, namun sayuran juga kerap kali memiliki kandungan racun dan antinutrients seperti a-solanin, enzim inhibitor, asam oksalat, a-chaconine, sianida, dll. Diperlukan proses memasak atau pengolahan untuk menghilangkan zat-zat berbahaya tersebut.

Baca Juga :
Inilah Khasiat Serta Manfaat Sayur Bayam Bagi Tubuh
Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Zat Warna Pada Sayuran

Sayuran daun membawa pigmen berwarna hijau. Warna hijau tersebut bersumber dari pigmen klorofil (zat hijau daun). Klorofil itu sendiri terdapat dalam kloroplas sel tanaman. Menurut ahli gizi, klorofil bisa digunakan untuk memicu pembentukan sel darah merah pada penderita anemia karena klorofil memiliki struktur kimia yang mirip dengan hemoglobin.

Manfaat lain dari klorofil adalah sebagai anti kanker, anti penuaan, antioksidan yang menangkal radikal bebas, serta memicu terjadinya detoksifikasi.

Tidak hanya itu, sayuran hijau juga memiliki kandungan enzim protease inhibitor yang berguna untuk mencegah timbulnya kanker, khususnya di bagian usus. Vitamin K yang ada pada sayuran hijau turut berperan dalam proses pembekuan darah, pembentukan tulang, dan mencegah terjadinya batu ginjal. Tidak ketinggalan, dengan mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin, maka pembuluh darah tidak akan mudah pecah, serta dapat meremajakan kulit.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Sayuran Bagi Tubuh, Semoga bermanfaat dan Salam Sehat.

 

Artikel Kesehatan - Manfaat Sayuran Bagi Tubuh, is Posted Under Tags: , , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response