Pemberian ASI Eksklusif
Pemberian ASI Eksklusif

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Yang Tak Terbantahkan

By On Friday, March 3rd, 2017 Categories : Kesehatan

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif – Tahukah Bunda bahwa keberadaan ASI ekslusif ternyata sangat penting bagi pertumbuhan optimal buah hati? Kebanyakan orang sering meremehkan pemberian ASI eksklusif pada masa 6 bulan pertama, padahal ASI eksklusif sangat kaya akan manfaat.

Apa saja manfaat menguntungkan yang bisa Bunda rasakan sekaligus berikan pada buah hati dengan ASI ekslusif? Yuk, Bunda, rapatkan diri menyimak sajian informasi menarik ini.

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bagi si Buah Hati

  • Mudah dicerna
  • Mengandung zat-zat gizi berkualitas tinggi yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi
  • Memiliki protein yang jauh lebih mudah diserap tubuh dibanding protein susu sapi
  • Bermanfaat untuk kecerdasan karena mengandung asam lemak dan asam amino yang penting untuk perkembangan otak
  • Meningkatkan kekebalan tubuh buah hati
  • Membangun jalinan emosi yang kuat antara ibu dan buah hati

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bayi bagi Sang Bunda

Ternyata, tak hanya buah hati saja yang diuntungkan, dengan memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan, Bunda juga mendapatkan banyak manfaat berharga, lho. Sebagai contoh, pemberian ASI eksklusif pada bayi akan menghindarkan Bunda dari risiko penyakit kanker payudara.

Selain itu, pemberian ASI eksklusif pada bayi juga dapat dijadikan sebagai cara kontrasepsi alami yang dapat menunda haid dan kehamilan. Tak hanya itu, dilihat dari segi ekonomis dan higienis pun, ASI ekslusif makin terlihat keunggulannya.

Baca Juga : Berapa Lama Asi Eksklusif Untuk Bayi ?

Bunda tak perlu mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli susu formula yang belum tentu buah hati Anda juga mau meminumnya. Kandungan ASI eksklusif yang alami dan terbebas pula dari bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh si Kecil ini menjadi makanan pertama yang disukai buah hati.

Oleh karena itu, bila Bunda ingin buah hati dapat tumbuh sehat dan dekat dengan ibunya, pemberian ASI ekslusif menjadi langkah awal yang harus Bunda terapkan. Lagi pul, dengan kondisi buah hati yang sehat, tentunya Bunda juga akan meminimalisir biaya kesehatan anak untuk pergi ke dokter, kan?

Bila Bunda menemui kendala memberikan ASI eksklusif seperti ASI yang tak mau keluar, ASI encer, tidak mencukupi kebutuhan bayi, dll, jangan langsung beralih pada susu formula. Konsultasikanlah kendala ASI ekslusif yang diamali pada dokter kesehatan Anda dan perbanyaklah konsumsi makanan bergizi agar pemberian ASI ekslusif dapat berjalan lebih lancar.

Salam Sehat

Artikel Kesehatan - Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Yang Tak Terbantahkan, is Posted Under Tags: , , , , , , , , , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response