Manfaat Mentimun Untuk Kulit dan Wajah

By On Saturday, December 3rd, 2016 Categories : Kesehatan

Manfaat Mentimun Untuk Kulit dan Wajah
Selain bermanfaat bagi kulit dan wajah, mentimun juga bermanfaat bagi rambut, terutama untuk memperkuat rambut.

Masih banyak orang yang belum menyadari tentang manfaat mentimun untuk kulit dan wajah. Mentimun kerap kali diremehkan karena selain harganya yang tergolong murah, namun juga mudah sekali didapat.

Khusus untuk kesehatan kulit, mentimun bermanfaat untuk menarik kotoran yang ada pada pori-pori. Bukan itu saja, mentimun juga bisa digunakan oleh orang yang memiliki kulit sensitif, dapat menghilangkan noda hitam pada kelopak mata, melembabkan kulit, cocok untuk melindungi kulit dan memutihkan kulit, serta dapat membersihkan noda pada wajah.

Saat ini, sebagian besar produk perawatan kulit dan rambut juga menggunakan mentimun sebagai bahan dasarnya. Bahkan di sejumlah salon, mentimun digunakan pada proses facial guna mengatasi pembengkakan kantong mata maupun tanda-tanda penuaan atau keriput.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Mentimun Untuk Kulit dan Wajah :

Untuk mengontrol sekresi minyak pada wajah, gunakan beberapa jus lemon dan jus kunyit pada bubur mentimun yang masih segar. Oleskan campuran tersebut pada wajah hingga 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Mentimun juga dapat digunakan sebagai masker untuk mengencangkan kulit wajah karena mentimun dapat merevitalisasi kulit. Buah ini juga dapat membalikkan tanning kulit sehingga kulit menjadi lebih bersinar dan awet muda.

BACA JUGA :
Cara Megencangkan Kulit Tubuh Kendur Setelah Diet
3 Makanan Penyebab Kulit Cepat Keriput

Jika Anda memiliki masalah dengan kantong mata, maka buah ini juga bisa sebagai alternatif untuk mengatasinya karena mentimun memiliki kandungan asam caffeic dan asam askorbat.

Untuk mengobati luka bakar akibat sinar matahari, gunakan irisan mentimun dan tempelkan pada kulit yang mengalami luka bakar tersebut. Kulit juga dapat semakin cerah jika menggunakan masker wajah dari jus timun yang dipadukan dengan beberapa tetes jus lemon.

Mentimun juga dapat dipakai untuk menutup pori-pori yang terbuka, caranya gunakan ekstrak mentimun sebagai toner, campur dengan bubur tomat, gel aloe vera, dan cuka sari apel. Sedangkan bagi Anda yang memiliki masalah selulit, bisa mencampurkan jus mentimun, madu, dan beberapa sendok kopi bubuk, lalu tempelkan pada kulit yang mengalami selulit, bungkus dengan kain muslin selama 30 menit.

Karena mentimun 95% kandungannya adalah air, maka buah ini sangat baik untuk mehidrasi kulit. Tidak hanya daging buahnya, bijinya pun bermanfaat untuk mengatasi keriput, mengurangi tanda penuaan, garis halus, dan noda hitam karena biji buah ini mengandung vitamin E dan potasium.

Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan diatas, mentimun juga dapat memudarkan lingkaran hitam pada mata, mengatasi noda hitam atau bintik-bintik di wajah, menghilangkan jerawat, dan membantu membalikkan tanning.

Manfaat Mentimun Untuk Rambut

Selain bermanfaat bagi kulit dan wajah, mentimun juga bermanfaat bagi rambut, terutama untuk memperkuat rambut. Karena silikon, fosfor, sulfur sodium, dan kalsium yang terkandung pada jus mentimun dapat membantu mengatasi kerontokan rambut serta berkontribusi pada pertumbuhan rambut. Jus mentimun tidak hanya bisa dikonsumsi, namun juga bisa digunakan untuk membilas rambut, sehingga rambut menjadi lebih mengkilap dan halus.

Cara Menyimpan Mentimun

Sebagai catatan, simpan mentimun pada ruangan yang kelembapannya relatif tinggi, atau bisa juga disimpan di dalam lemari es agar mentimun segar lebih lama. Jika ingin mengkonsumsi mentimun atau membuat jus mentimun, cuci terlebih dahulu mentimun tersebut dengan air bersih dan mengalir guna menghilangkan pestisida.

Tonik Mentimun

Mentimun cocok dijadikan tonik wajah bagi orang yang mengalami kulit berminyak, karena air buah mentimun berisi bahan astrigent. Disamping itu, mentimun juga dapat digunakan sebagai pemutih. Caranya, parut dan saring mentimun secukupnya, lalu oleskan air parutan mentimun tersebut ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas.

Demikian ulasan Manfaat Mentimun Untuk Kulit dan Wajah, semoga bermanfaat buat sobat burangir.com

Artikel Kesehatan - Manfaat Mentimun Untuk Kulit dan Wajah, is Posted Under Tags: , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response