9 Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan Anda

By On Saturday, February 25th, 2017 Categories : Kesehatan

manfaat daun sirih hijau
Daun Sirih Hijau

Pada artikel ini, Burangir.com akan mengulas tentang khasiat dan manfaat daun sirih hijau bagi kesehatan. Daun sirih hijau mempunyai kandungan yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh serta kecantikan wajah, disebabkan daun sirih hijau mengandung kavicol, kavibetol, estragol,hidrosikavicol, fenil propane, minyak atsiri, allylpyrokatekol, caryophyllene, cyneole, cadinene,diastase, tannin, pati, seskuiterpena, terpennene dan gula.

Zat-zat tersebutlah yang membuat daun sirih memiliki bergam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan bagi anggota tubuh manusia. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dengan pengobatan tradisional dengan daun sirih hijau tersebut, beberapa diantaranya sebagai berikut.

9 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan Anda

1. Menyembuhkan Penyakit Asma
Caranya yaitu merebus 4 lembar daun sirih hijau dengan 2 gelas air, kemudian rebuslah sampai airnya hanya tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut secara teratur manimal 2 kali sehari.

2. Menyembuhkan Radang Tengorokan
Manfaat kedua dari daun sirih hijau, yaitu dapat menyembuhkan radang pada tenggorokan Anda. Caranya sama dengan cara mengobati asma pada poin pertama.

3. Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap
Caranya cukup mudah saja, yaitu tumbuklah beberapa daun sirih hijau kemudian oleskan pada bagian ketiak anda. Lakukan cara ini dengan teratur sehabis mandi.

4. Menyembuhkan Penyakit Kulit
Manfaat selanjutnya adalah dapat menyembuhkan penyakit kulit, misalnya eksim kering dan eksim basah. Caranya yaitu sama seperti di atas (point nomer 3).

5. Menghilangkan Jerawat Membandel
Khasiat daun sirih juga dapat mencegah dan menghilangkan jerawat yang membandel pada wajah Anda. Caranya yaitu sama dengan cara di atas (poin nomer 3), hanya saja dengan mengoleskan pada bagian wajah yang berjerawat lalu didiamkan selama 1 jam. Setelah mencapai batas, maka basuhlah dengan menggunakan air hangat.

6. Mengobati Sakit Mata
Bagi anda yang mengalami pada masalah mata, cobalah menggunakan daun sirih ini. Caranya yaitu rebuslah 1 lembar daun sirih hijau dengan 1/5 gelas air. Rebus hingga mendidih lalu didiamkan sampai airnya hangat-hangat kuku (setengah pas/panasnya pas), Kemudian teteskan pada mata yang terasa sakit.

7. Menghilang Bau Mulut Tak Sedap
Bila kebetulan Anda kurang pede dengan bau mulut, maka cobalah mengggunakan daun sirih hijau ini. Caranya cukup simpel, yaitu dengan merebus daun sirih hijau minimal sebanyak 2-3 lembar. Lalu air rebusan tersebut gunakan untuk berkumur-kumur, kemudian metode ini dilakukan pada malam hari sebelum tidur, lakukan secara rutin maka bau mulut pun bakal hilang hilang.

8. Dapat Mengobati sariawan
Ternyata tanpa kita sadari, daun sirih ini bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan sariawan. Cara penerapannyapun juga cukup mudah, hanya dengan cara mengunyah satu lembar daun sirih kemudian diamkan untuk beberapa saat, setelah itu lakukan kumur-kumur dengan air hangat. jika anda tidak kuat dengan baunya yang sangat menyengat, anda dapat merebus 3 lembar daun sirih dengan 2 gelas air kemudian rebus hingga menyisahkan 1 gelas saja, kemudian anda bisa melakukan kumur-kumur dan minum secara teratur 1 gelas sehari hingga sembuh.

9. Dapat Mengobati Demam Berdarah
Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal merebus daun sirih dengan di tambahkan 2 gelas air kemudian rebuslah sampaitersisa 1 gelas saja. Setelah itu anda dapat meminum rebusan air tersebut secara teratur sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan penyembuhan yang lebih cepat.

Untuk mencegah dari gigitan nyamuk DBD, anda bisa menumbuk daun sirih tersebut hingga halus dan oleskan pada bagian tubuh kita yang ingin dilindungi, dengan begitu nyamuk penyebab demam berdarah tidak akan menggigit daerah tersebut.

Baca juga: Inilah 11 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan

Demikianlah manfaat daun sirih hijau yang dapat kami informasikan kepada Anda. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat daun sirih yang belum sempat kami sebutkan diatas, namun 9 manfaat daun sirih hijau diatas sudah mewakili dari beragam manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi ini.

Leave a Reply

Leave a Response