Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Pengobatan Diare

By On Tuesday, November 1st, 2016 Categories : Kesehatan

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Pengobatan Diare
Para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif membunuh jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi diare. (Img:google)

Mau tahu Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Pengobatan Diare? Jambu Biji sering juga disebut  Jambu batu (Psidium guajava) atau, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C. (WIKIPWDIA)

Jambu biji yang biasa kita jumpai ada yang biji merah dan biji putih. Kebanyakan yang kita makan adalah buah jambu biji, daun jambu biji ini memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh kita.

Sejak dahulu, memang manfaat daun jambu biji ini sudah dikenal mujarab untuk meredakan gangguan yang ada di sistem pencernaan misalnya; Mengobati diare, Mengobati maag, Mengobati luka, Mengobati keputihan,   Mengobati ambeien, Mengatasi jerawat dan komedo, Mengobati demam berdarah, Menurunkan kadar kolesterol, Mengatasi kembung pada anak, Mengobati sariawan, dan  Mengobati Diabetes.

BACA JUGA : Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Pengobatan Diare

Banyak orang telah membuktikan bahwa daun jambu biji ini sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit diare. Anda dapat langsung memakannya sebagai lalapan dengan memilih daun yang masih muda, atau bisa juga meraciknya menjadi ramuan.

Caranya Cukup Mudah,

  • Siapkan 6 lembar daun jambu biji, Tidak semua daun jambu biji bisa mengobati diare. Daun jambu biji yang paling tepat sebagai obat diare adalah bagian pucuk daun yang masih muda.
  • Kemudian Anda tumbuk dan beri satu cangkir air matang.
  • Peras dan minum airnya.
  • Minumlah dengan rutin 2 kali dalam sehari hingga diare Anda sembuh.

Teh Daun Jambu dapat membantu untuk menghambat berbagai bakteri penyebab diare. Bagi penderita diare, meminum teh ini kemungkinan akan mengalami tinja yang lebih sedikit, nyeri perut berkurang, tinja tidak encer dan pemulihan yang lebih cepat, menurut Drugs.com. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Revista do Instituto de Medicina Tropical de São Paulo” pada tahun 2008 menemukan bahwa ekstrak jambu biji-daun menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, yang merupakan penyebab umum diare.

Para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif membunuh jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi diare. Beberapa studi klinis kecil mendukung manfaat ini dari daun jambu biji, termasuk salah satu yang diterbitkan pada tahun 2000 dalam “Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine” di mana subyek yang diberi ekstrak daun jambu biji menjadi pulih lebih cepat dari infeksi diare daripada mereka yang tidak diberi ekstrak, tetapi percobaan yang lebih besar masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Itulah Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Pengobatan Diare. Semoga bermanfaat buat sahabat Burangir.

Artikel Kesehatan - Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Pengobatan Diare, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response