Makanan Sehat Bayi yang Terbaik Di Usia 9 Bulan

By On Thursday, February 16th, 2017 Categories : Kesehatan

Makanan Sehat Bayi yang Terbaik
Tidak semua makanan bisa menunjang pertumbuhan anak, ada beberapa hal makanan yang tidak memberikan sumbagan baik bagi gizinya.

Makanan Sehat Bayi – Makanan penunjang ASI (MPASI) seperti apa yang bisa kita berikan untuk bayi yang mulai memasuki 9 bulan? Pada saat itu Anda mulai bisa mengenalkan makanan bayi dengan tekstur yang lebih kental dan kasar seperti nasi tim. Gunanya agar bayi berlatih mengunyah ketika gigi susunya mulai tumbuh. Terdapat cukup banyak pilihan makanan pendamping bayi setelah berumur 9 bulan.

Baca Juga :
5 Makanan Sehat untuk Pertumbuhan Anak
Anak Hiperaktif, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Selain melatih si bayi untuk mengunyah, asupan nutrisi semakin bertambah, tidak sekedar berasal dari ASI saja. Di sisi lain, pemberian makanan sehat bayi memberikan kesempatan pada mereka untuk mengenali rasa dan tekstur. Berikut ini beberapa makanan sehat bayi yang sangat baik diolah dan memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang si bayi.

Pilihan Makanan Sehat Bayi

  • Seledri.

Sayuran ini umumnya digunakan sebagai penambah cita rasa makanan, misalnya saat membuat sup. Namun, tak salahnya jika Anda menjadikannya sebagai campuran makanan bubur atau nasi tim bayi. walau digunakan sebagai penambah cita rasa, seledri mengandung kalsium dan fosfor yang lumayan. Dalam 100 gram seledri terdapat 50 miligram kalsium, dan fosfor 40 miligram. Kandungan seledri sangat baik menjadi makanan sehat bayi.

  • Bayam.

Sayuran berwarna hijau ini mengandung vitamin A (dalam bentuk betakaroten) yang tinggi, yakni 1872 mikrogram/100 gram. Selain itu, bayam juga kaya vitamin B, vitamin C, asam folat, serta mineral kalsium, fosfor, mangan dan zat besi. Bayam termasuk makanan bayi terbaik. Hal ini dikarenakan Bayam juga sangat penting untuk pembentukan otak bayi. bayam merah juga sumber vitamin dan mineral  terutama kalsium. Dalam 100 gram bayam merah, terdapat 368 miligram kalsium. Selain itu, bayam merah juga kaya akan fosfor dan zat besi, serta vitamin A,B1 (tiamin) dan C.

  • Labu siam

Kaya akan fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram labu siam mengandung 25 miligram fosfor dan 14 miligram kalsium.

  • Brokoli

Kaya kalsium dan asam folat. Dalam 100 gram brokoli yang dimasak, terkandung 56 mikrogram asam folat dan 88 miligram kalsium. Hanya saja karena bentuknya yang agak keras, maka brokoli harus benar-benar lunak dan dilumatkan saat disajikan untuk bayi.

  • Tomat

Mengandung vitamin C yang cukup banyak, yakni 40 miligram dalam 100 gram tomat. Selain itu, tomat juga mengandung suatu sat yang disebut likopen. Zat yang memberi warna merah pada buah tomat ini bersifat antioksidan.

Kita sebagai orang tua harus memberikan makanan bayi yang berbentuk sayur-sayuran agar mereka mengenal dan senang dengan makanan dengan bahan dasar sayur. Makanan bayi berbahan dasar sayur memang sangat cocok untuk para bayi yang sedang mengalami masa perkembangan otak dan fisik bayi.

Salam Sehat

Artikel Kesehatan - Makanan Sehat Bayi yang Terbaik Di Usia 9 Bulan, is Posted Under Tags: , , , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response