Kondisi yang Harus Dihindarkan Ibu Hamil untuk Puasa
Kondisi yang Harus Dihindarkan Ibu Hamil untuk Puasa

Kondisi yang Harus Dihindarkan Ibu Hamil untuk Puasa

By - On 6 June 2018 - Categories : Kesehatan

Puasa saat hamil, memang sering ditanyakan hampir setiap wanita yang sedang mengandung. Bila tidak dibahas secara tuntas hal yang satu ini pastinya akan selalu menghantui para ibu hamil. Akan tetapi Anda juga tidak perlu terlalu khawatir sebab kali ini kami akan membahas tentang masalah yang sering ditanyakan ini.

Biasanya puasa adalah salah satu hal yang memiliki banyak sekali manfaatnya tak terkecuali bagi ibu hamil. Beberapa manfaat dari puasa yang bisa Anda dapatkan diantaranya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan resiko penyakit jantung, menghambat penuaan dini dan masih ada banyak lagi yang lainnya. Melihat adanya beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berpuasa ini pastinya Anda tidak perlu khawatir tentang kesehatan Anda dan juga janin yang ada dalam kandungan.

Walaupun puasa saat hamil diperbolehkan, tetapi ada beberapa kondisi yang memang tidak memperbolehkan ibu hamil untuk berpuasa, yakni pada saat trimester pertama, ketiga, dan ibu hamil yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda simak beberapa ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kondisi yang Harus Dihindarkan Ibu Hamil untuk Puasa

Sedang menderita sakit diabetes melitus

Bagi ibu hamil yang menderita penyakit tersebut memang tidak disarankan untuk menjalankan ibadah puasa, baik puasa sunnah atau pun wajib. Hal tersebut karena, ibu hamil yang sedang menderita penyakit diabetes melitus ini masih harus menjalani pola makan yang sehat, dan juga teratur supaya kadar gula dalam darah tetap seimbang. Tak hanya itu saja, ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes juga harus mengkonsumsi obat secara teratur, agar penyakitnya tersebut tidak kambuh lagi.

Dehidrasi

Sudah kita tahu bahwasannya puasa telah mewajibkan untuk kita menahan haus dan lapas, bila asupan nutrisi, vitamin, dan cairan tidak mampu mencukupi kebutuhan tubuh, maka bisa dipastikan ibu hamil akan mengalami dehidrasi. Oleh karenanya, bila Anda memang berniat untuk puasa, maka pastikan Anda untuk mencukupi berbagai macam nutrisi, vitamin, dan air supaya tidak dehidrasi.

Hipertensi

Kondisi yang tidak dianjurkan ibu hamil untuk puasa adalah hipertensi atau pun tekanan darah tinggi, ini adalah salah satu kondisi kesehatan yang memang tidak mengharuskan Anda untuk berpuasa. Selama Anda hamil, tekanan darah haruslah terkontrol dengan baik, supaya kesehatan Anda tetap terjaga.

Demikianlah tadi beberapa kondisi yang tidak dianjurkan ibu hamil untuk puasa, yang bisa kami infokan. Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan - Kondisi yang Harus Dihindarkan Ibu Hamil untuk Puasa, is Posted Under Tags: , , By burangir | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response